7 Manfaat Ikan Lele untuk Kesehatan Tubuh Anak

Ikan lele jadi salah satu jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya enak, harganya yang terjangkau pun membuat ikan berkumis ini menjadi santapan lezat di menu makanan.

Namun tidak hanya itu saja, ikan lele juga ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain protein dan lemak, ikan lele juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, selenium, fosfot, natrium, serta vitamin A, D, B1, dan B12.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi tersebut, ikan lele bisa memberikan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh, seperti contoh berikut ini.

manfaat lele untuk kesehatan tubuh anak

1. Mencerdaskan otak

Salah satu kandungan yang umum terdapat pada ikan adalah asam lemak omega-3. Senyawa ini memiliki segudang manfaat, terutama untuk otak. Makanya tidak heran jika asam lemak omega-3 seringkali digunakan untuk membantu mencerdaskan otak anak dan membantunya memperkuat daya ingat.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Selain baik untuk kesehatan otak, asam lemak omega-3 juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Dari banyak penelitian ditemukan bahwa asam lemak omega-3 dapat mencegah degenerasi makula yang menyebabkan gangguan pada retina dan membuat penglihatan menjadi berkurang.

3. Mencegah anemia

Ikan lele mengandung zat besi serta vitamin B12 yang baik untuk mencegah dan mengatasi anemia serta meningkatkan produksi sel darah merah. Bahkan dalam setiap 100 gram lele terdapat kandungan vitamin B12 yang cukup untuk memenuhi asupan harian vitamin tersebut.

4. Meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh

Ikan lele mengandung banyak protein yang bisa menjadi sumber energi yang menunjang aktivitas kita seharian. Namun tidak hanya itu, protein juga baik untuk memperbaiki jaringan tubuh, termasuk sistem imun, enzim, dan berbagai hormon dalam tubuh.

5. Baik untuk kesehatan tulang dan gigi

Pada ikan lele terdapat kalsium yang penting untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu ikan lele juga bisa menjadi makanan sumber vitamin D yang sulit ditemui secara alami pada makanan. Vitamin D ini akan berguna untuk memperbaiki penyerapan kalsium dalam tubuh.

Dengan kedua zat tersebut, ikan lele akan sangat baik dikonsumi untuk mencegah masalah pada tulang seperti osteoporosis.

6. Menyehatkan jantung

Kandungan asam omega-3 pada ikan lele juga memberi manfaat lain, yaitu sebagai makanan yang baik untuk kesehatan jantung. Senyawa tesebut diteliti dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh sehingga baik untuk menjaga kinerja jantung agar tetap sehat dan mengurangi risiko stroke.

7. Melindungi sistem saraf

Kandungan vitamin B12 pada lele membuatnya baik untuk menjaga saraf dan sel darah merah agar dapat berfungsi dengan baik. Selain itu ikan lele juga memiliki kandungan merkuri yang rendah sehingga aman dari risiko gangguan saraf.


Tidak hanya enak, lele juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Khasiatnya yang melimpah membuatnya baik untuk diberikan pada anak untuk menunjang tumbuh kembang tubuh dan otaknya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama