5 Minuman yang Membuat Perut Kembung

Perut kembung jadi salah satu masalah yang bisa terjadi karena munculnya gas berlebih pada perut. Perut yang kembung akan terasa cukup menyakitkan dan bahkan membuat bunda sulit bergerak sebelum gas tersebut keluar dari perut.

Salah satu penyebab perut kembung adalah makanan seperti kacang atau brokoli. Selain itu, ada juga minuman yang dapat menyebabkan perut kembung seperti beberapa contoh berikut ini.

1. Soda


Semua jenis soda mengandung gelembung kecil hasil karbonasi yang dapat membuat perut terasa kembung. Diet soda bisa menambah masalah pada perut karena umumnya mereka dibuat menggunakan pemanis buatan yang tidak ramah untuk saluran pencernaan.

Pemanis buatan ini akan menarik air ke dalam saluran pencernaan sehingga membuat perut bunda penuh dengan gas dan terasa kembung. Selain itu pemanis buatan tersebut juga memiliki efek pencahar pada tubuh manusia.

2. Susu

Susu sebenarnya mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Tapi bagi sebagian orang, susu dapat menyebabkan masalah pada pencernaan.

Susu dapat menghasilkan gas dan membuat perut kembung pada orang yang memiliki intoleransi laktosa. Hal ini disebabkan karena mereka tidak bisa mencerna laktosa yang merupakan gula yang banyak ditemukan pada produk susu dan makanan olahan susu lainnya.

Tidak hanya pada mereka yang memiliki masalah tersebut, intoleransi laktosa juga bisa muncul seiring pertambahan usia yang dapat membuat seseorang kehilangan kemampuan untuk mencerna laktosa pada susu.

3. Kopi

Kopi jadi salah satu minuman yang asik dikonsumsi di waktu senggang. Sayang bagi sebagian orang yang sensitif terhadap kafein, hal ini justru bisa menimbulkan masalah pencernaa seperti munculnya gas di perut atau bahkan membuat mereka ingin buang air besar.

Berdasarkan laporan dari Institute for Scientific Information on Coffee, tingkat sensitivitas kafein masing-masing orang umumnya akan tergantung pada genetik. Jadi masalah perut kembung akan sulit diatasi bila perut bunda lemah terhadap kopi.

4. Protein Shakes

Protein shakes umumnya dibuat menggunakan whey yang merupakan produk sampingan dari susu. Jadi bila bunda bermasalah dengan susu, ada kemungkinan besar protein shakes yang bunda konsumsi menyebabkan masalah yang sama pada perut bunda.

Tidak hanya itu, pemanis pengganti gula yang digunakan dalam protein shakes juga bisa menimbulkan gas dalam perut dan membuatnya terasa kembung. Tidak jarang pemanis tersebut juga bisa menyebabkan masalah yang lebih besar seperti diare.

5. Minum dari Sedotan

Mungkin terdengar aneh, tapi begitulah faktanya. Ketika bunda menghisap minuman menggunakan sedotan, bunda akan menghirup udara yang dapat terperangkap di dalam usus. Hal ini tentu akan membuat perut bunda terasa kembung.

Tidak hanya itu, menyedot minuman dengan cepat akan membuat bunda meneguk lebih banyak udara dan membuat perut lebih cepat kembung.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama