6 Minuman untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar

Sulit buang air besar bisa disebabkan oleh beberapa hal. Selain pola makan, minuman yang bunda konsumsi juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Masalah ini sendiri sebenarnya bisa diatasi dengan mudah selama bunda rutin mengkonsumsi cairan dan serat dalam jumlah yang cukup. Namun bila bunda mengalami sulit buang air besar, bunda bisa mencoba beberapa minuman berikut ini untuk melancarkan pencernaan.

1. Kopi

Meski membuat tubuh lebih berenergi di pagi hari, salah satu efek samping kopi adalah membuat perut terasa mulas dan membuat bunda ingin buang air besar.

Kopi berkafein dapat meningkatkan jumlah asam yang diproduksi perut serta meningkatkan pergerakan usus besar. Berdasarkan ulasan di World Journal of Gastroenterology, hal ini membuat kopi memiliki efek pencahar.

Tetapi kopi tanpa kafein (decaf) mungkin memiliki efek yang sama, seperti yang dijelaskan dalam penelitian kecil yang diterbitkan di jurnal Gut.

2. Chia Seeds

Cara lain untuk membantu bunda melancarkan pencernaan adalah chia seeds. Chia Seeds makanan kaya serat yang baik untuk melancarkan pencernaan dan meredakan sembelit.

Untuk mengkonsumsinya, bunda bisa mencampurkannya ke dalam segelas air hingga meresap dan meminumnya langsung setelah bangun tidur.

Mengkonsumsi air di pagi hari dapat membantu tubuh agar tetap terhidrasi. Dan kombinasi air dan chia seed dapat membantu melancarkan sistem pencernaan agar bunda lebih mudah buang air besar.

3. Jus Plum

minum jus plum untuk melancarkan pencernaan

Plum (prunes) telah lama digunakan untuk menjaga tubuh agar tetap bekerja normal dan efektifd. Hal yang sama juga berlaku untuk jus prune.

Tidak hanya itu, Plum juga dikenal dapat membantu melancarkan pencernaan dan memudahkan bunda saat buang air besar. Pada plum terdapat sorbitol, sejenis gula yang tidak dicerna tubuh dan dapat menarik air ke dalam usus untuk membantu bunda mengatasi sembelit.

Untuk mendapatkan manfaatnya, bunda hanya perlu mengkonsumsi setengah cangkir jus plum saja setiap harinya.

4. Smoothies

Jika dilakukan dengan benar, smoothies bisa menjadi minuman yang hampir bisa digunakan untuk segala situasi. Tidak seperti jus, smothies mempertahankan serat dari buah dan sayuran tambahan. Serat makanan ini sangat baik untuk tubuh kita, terutama kesehatan pencernaan kita.

Selain itu, ada komponen khusus yang ditemukan dalam bahan smoothie umum yang dapat membantu pencernaan bunda agar tetap teratur seperti serat dan enzim pencernaan.

5. Kefir

Kefir adalah minuman asal daerah Kaukasus yang terbuat dari susu dengan proses fermentasi. Minuman ini merupakan sumber probiotik yang kaya dan penelitian awal menunjukkan bahwa kefir dapat membantu usus bunda agar tetap berjalan lancar.

minuman kefir untuk membantu masalah susah buang air besar

Berdasarkan studi yang diterbitkan di Turkish Journal of Gastroenterology, minum minuman kefir setiap hari selama empat minggu, akan membuat frekuensi dan konsistensi kotoran meningkat. Selain itu penggunaan pencahar akan menurun dibandingkan pada sekelompok orang yang hidup dengan sembelit kronis.

6. Magnesium

Magnesium jadi salah satu bahan yang dapat ditemukan dengan mudah di dalam obat diare atau pencahar. Magnesium dapat menarik air ke dalam saluran pencernaan dan membantu pergerakan usus. Makanya makanan dan minuman yang mengandung banyak magnesium bisa digunakan untuk mengatasi susah buang air besar.

Meski magnesium bisa dibeli di apotik terdekat, bunda bisa mengkonsumi magnesium dari beberapa makanan kaya magnesium seperti coklat hitam, alpukat, atau pisang. Agar lebih mudah diserap tubuh, bunda bisa membuat minuman coklat panas atau jus buah tersebut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama