10+ Makanan Sumber Energi untuk Menunjang Aktivitas Harian

Setiap manusia pasti butuh makan dan minum sepanjang hari. Tidak hanya untuk kesehatan tubuh dan mendukung kinerjanya, makanan dan minuman memiliki fungsi utama sebagai sumber energi untuk menunjang aktivitas harian kita.

Makanan sumber energi dapat memberikan kita cadangan energi yang cukup untuk banyak melakukan aktivitas harian. Bentuk makanan yang kaya energi tidak selalu harus mengandung banyak karbohidrat, tapi juga bisa dalam bentuk protein, serat, bahkan sedikit lemak.

Nah, agar bunda bisa menjalani hari dengan penuh energi, berikut adalah beberapa makanan dan minuman kaya energi yang bisa bunda konsumsi setiap saat.

1. Air Putih

Hal ini mungkin terdengar sederhana, tapi air memang penting dan bisa menjadi sumber energi bagi tubuh bunda.

Pada sebuah studi, orang yang mengkonsumsi 1 liter air setiap hari akan mengalami rasa lelah dan kantuk yang jauh lebih sedikit, serta memiliki tingkat ketajaman otak yang baik. fakta menarik lainnya, manusia bahkan bisa bertahan hidup dalam waktu lama hanya dengan mengkonsumsi air putih saja lho bun!

2. Oatmeal

Oatmeal jadi makanan sumber energi untuk mendukung aktivitas harian

Oatmeal sudah lama dipasarkan sebagai makanan kaya energi yang menyehatkan dan baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Tidak hanya memenuhi kalori harian, oatmeal juga mengandung serat dan protein. Satu cangkir oatmeal matang akan memberikan bunda 160 kalori, 6 gram protein, dan 4 gram serat. Agar lebih menyehatkan, bunda bisa mencampur oatmeal dengan buah atau kacang-kacangan.

3. Telur

Telur adalah makanan sumber protein yang juga kaya akan vitamin B. Hal ini membuat telur mampu menyediakan tubuh kita dengan banyak energi dan bisa jadi camilan yang mengenyangkan saat bunda lapar.

Bila ingin mengkonsumsinya, pastikan bunda melahap seluruh bagian telur, terutama bagian kuningnya yang banyak mengandung vitamin dan mineral.

4. Pisang

Pisang sudah dikenal lama dapat membantu mengenyangkan perut dan seringkali dikonsumsi untuk menahan rasa lapar. Pada pisang terdapat karbohidrat kompleks, potasium, dan vitamin B6 yang dapat membantu bunda mengisi energi.

Jika bunda rajin berolahraga, mengkonsumsi pisang 30-60 menit sebelumnya bisa membantu meningkatkan kinerja tubuh saat bunda membakar kalori.

5. Quinoa

Quinoa jadi salah satu superfoods yang kini banyak dikonsumsi oleh mereka yang ingin memiliki pola makan yang lebih baik. Tidak hanya itu, quinoa juga mengandung banyak nutrisi seperti serat, vitamin, protein, dan karbohidrat kompleks yang memberi kita energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

6. Daging

Zat besi adalah salah satu nutrisi yang penting untuk energi tubuh karena salah satu fungsinya sebagai komponen hemobglobin. Hemoglobin sendiri adalah bagian dari sel darah merah yang berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Zat besi sendiri bisa ditemukan pada berbagai makanan dan minuman, salah satunya adalah daging. Mengkonsumsi 3 ons daging bahkan sudah mampu memenuhi 26 persen kebutuhan zat besi harian orang dewasa.

7. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kale, bayam, atau brokoli bisa jadi energy-booster yang bunda butuhkan untuk menunjang aktivitas harian.

Tidak h anya memberi energi, sayuran hijau juga mengandung nitrat yang dapat diubah menjadi nitric oxide yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan fungsi otot. Selain itu sayuran hijau juga mengandung zat besi yang juga baik untuk meningkatkan energi bunda.

8. Greek Yogurt

Greek yogurt adalah makanan yang memberikan kombinasi sempurna antara karbohidrat dan protein yang bisa memberikan energi pada tubuh. Satu cangkir greek yogurt rendah lemak memiliki 9 gram karbohidrat dan 23 gram protein serta 160-an kalori.

Meski begitu ada baiknya jika bunda menghindari yogurt yang sudah ditambahkan pemanis tambahan agar bisa mendapatkan manfaat sehat dari yogurt tersebut. Untuk menambah cita rasanya, gunakan buah segar atau buah kering.

9. Teh dan Kopi

Minum secangkir kopi dan teh bisa memberi energi pada tubuh

Teh dan kopi jadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi orang di pagi hari untuk membantu 'menyegarkan' tubuh dan memberi mereka energi.

Hal ini sesuai dengan studi yang diterbitkan oleh International Journal of Enviromental Research and Public Health, di mana peserta yang meminum 1-2 cangkir kopi setiap harinya 17% melakukan lebih banyak aktivitas dibanding mereka yang meminum kurang dari1 cangkir kopi. Sementara mereka yang mengkonsumsi lebih dari 1 gelas teh setiap hari 13-26 persennya akan lebih banyak melakukan aktivitas harian.

10. Matcha

Matcha sendiri sebenarnya tidak berbeda dengan teh dan bisa juga jadi sumber energi bunda di pagi hari. Bedanya, teh hijau ini mengandung lebih banyak antioksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas, serta senyawa L-theanine yang dapat membantu bunda lebih rileks.

11. Tahu dan tempe

Tahu dan tempe adalah makanan olahan kedelai yang mengandung banyak protein dan zat besi. Tidak hanya bisa menjadi sumber energi untuk tubuh, zat besi pada kedua makanan tersebut juga baik untuk mencegah gejala kelelahan akibat anemia.

12. Walnut

Kacang walnut mengandung protein nabati dalam jumlah tinggi, serta serat dan lemak baik omega-3 yang tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tapi juga menambah energi.

Walnut sendiri memiliki banyak manfaat untuk menunjang kinerja otak. Menurut studi yang diterbitkan oleh The Journal of Nutrition, Health & Aging, mengkonsumsi kacang walnut dapat membantu meningkatkan performa kognitif otak yang berhubungan dengan memori, konsentrasi, dan kecepatan otak dalam memproses informasi.

13. Pistachio

Kacang-kacangan lain yang juga bisa bunda makan untuk memberikan energi pada tubuh adalah pistachio. Selain kaya akan protein, kacang pistachio juga mengandung 9 asam amino esensial yang penting untuk kesehatan tubuh.

Pada satu porsi penyajian kacang pistachio terdapat 159 kalori dan 6 gram protein yang membuatnya menjadi salah satu makanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan protein harian orang dewasa.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama