8 Nutrisi Penting untuk Anak dan Cara Memenuhi Kebutuhannya

Masa kanak-kanak menjadi salah satu masa yang sangat penting bagi si kecil. Pada usia ini, mereka sedang mengalami fase pertumbuhan dan perkembangan yang sangat pesat.

Karena itulah, bunda perlu melakukan pemenuhan kebutuhan nutrisi yang tepat agar anak dapat tumbuh dengan baik dan sempurna. Jadi tidak hanya mengenyangkan, anak juga bisa mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya untuk mengembangkan tubuh dan otaknya.

Nah, kira-kira nutrisi apa saja sih yang diperlukan oleh anak 1 tahun-an? lalu bagaimana cara memenuhi kebutuhannya? simak terus artikel ini yah bun!

nutrisi penting untuk anak dan cara pemenuhan kebutuhan nutrisi si kecil

Nutrisi yang Diperlukan Anak

1. Karbohidrat

Anak kecil umumnya sedang sangat aktif bergerak. Untuk itu mereka membutuhkan sumber energi yang bisa membantu mereka dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Salah satu sumber energi yang mudah ditemukan adalah karbohidrat. Selain mengisi 'baterai' si kecil, karbohidrat juga bisa membantu lemak dan protein untuk digunakan pada hal lain seperti membangun jaringan sel baru di tubuh.

Karbohidrat sendiri dapat ditemukan dalam berbagai bentuk seperti gula, serat, dan masih banyak lagi. Meski begitu ada baiknya jika bunda menghindari sumber karbohidrat yang terlalu banyak mengandung gula untuk mencegah risiko diabetes atau obesitas pada anak sejak dini.

Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber karbohidrat si kecil antara lain nasi, roti, sereal, biskuit, kentang, pasta, atau mie.

2. Protein

Selain sebagai sumber energi, fungsi utama protein adalah untuk membantu membentuk jaringan sel baru, bahan baku pembuatan enzim dan hormon, serta membantu sistem kekebalan tubuh.

Balita umumnya membutuhkan sekitar 10 gram protein setiap harinya, sementara anak usia 6-12 tahun butuh 19-34 gram protein per harinya. Bunda bisa menemukan protein pada beberapa makanan seperti tempe, ayam, ikan, telur, daging, dan susu serta produk olahannya.

3. Lemak

Bicara lemak pasti kita teringat pada minyak goreng dan berbagai efek sampingnya kan bun? Padahal ada beberapa lemak baik yang bisa memberi manfaat pada kesehatan tubuh lho!

Pertama, lemak bisa menjadi salah satu sumber tenaga yang bisa disimpan dalam tubuh. Selain itu lemak juga berfungsi untuk melarutkan beberapa vitamin seperti vitamin A, D, E, dan K. Selain itu lemak juga baik untuk menjaga suhu tubuh dan digunakan dalam pembentukan membran dan struktur sel tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung lemak dan bisa diberikan pada si kecil antara lain minyak goreng, susu, ikat, daging, dan kacang-kacangan.

4. Vitamin

Vitamin menjadi nutrisi penting untuk tubuh dan menyediakan beragam manfaat bagi si kecil. Sebagai contoh, vitamin A penting untuk membantu pembentukan sel darah meraj, antibodi, serta baik untuk kesehatan mata. Bunda bisa mendapatkan vitamin ini pada wortel, kol, minyak ikan, hati ayam, atau keju.

berikan buah untuk memenuhi kebutuhan vitamin anak

Sementara vitamin C memiliki peran yang tidak kalah penting untuk anak seperti meningkatkan daya tahan tubuh. menangkal radikal bebas, serta berperan dalam merawat dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Bunda bisa menemukan vitamin c pada jeruk, stroberi, tomat, melon, pepaya, hingga brokoli.

5. Serat

Serat juga jadi salah satu nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak. Selain membantu menyehatkan sistem pencernaannya, serat juga bisa membantu mengenyangkan si kecil, mengontrol berat badannya, hingga meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Beberapa makanan yang bisa menjadi sumber serat untuk si kecil antara lain oatmeal, roti gandum, pisang, wortel, pir, atau kacang almond.

6. Kalsium

Bunda mungkin sudah tahu jika kalsium merupakana nutrisi penting untuk membantu perkembangan tulang dan gigi si kecil. Tapi tidak hanya itu, kalsium juga bisa membantu meningkatkan kecerdasan anak, memperkuat sistem imun tubuh, serta menyehatkan sistem kardiovaskular si kecil.

Kalsium sendiri cukup mudah dijumpai pada banyak makanan seperti susu dan produk olahannya (keju dan yogurt), kuning telur, brokoli, bayam, atau tahu dan tempe.

7. Zat Besi

Berikutnya ada zat besi yang menjadi bagian penting dari hemoglobin yang terdapat pada sel darah merah. Kekurangan zat besi akan membuat anak memiliki selera makan yang kurang, kenaikan berat badan di bawah rata-rata, hingga membuatnya kurang aktif dibanding anak lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan zat besinya, bunda bisa memasukan beberapa makanan pada menu makannya mulai dari daging, hati, kerang, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam, buncis, atau brokoli.

8. Folat

Folat mungkin lebih bunda kenal sebagai asupan nutrisi penting untuk ibu hamil, padahal folat juga punya peranan penting dalam tumbuh kembang si kecil. Selain penting untuk otak si kecil, folat juga membantu pembentukan sel darah merah dan menjaga kesehatan jantung.

berikan bayam untuk memenuhi kebutuhan folat si kecil

Beberapa makanan kaya folat yang bisa bunda berikan antara lain bayam, asparagus, kacang hijau, kacang merah, atau alpukat.

Cara Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Anak

Agar semua kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi, bunda bisa menerapkan beberapa tips sebagai berikut.

  • Jangan melewatkan sarapan. Dengan begitu si kecil akan memiliki banyak energi untuk menunjang aktivitasnya. Bunda juga bisa melatih si kecil agar memiliki pola makan yang teratur sejak dini.
  • Sajikan menu makanan sehat. Dengan begitu si kecil akan terbiasa mengkonsumsi makanan kaya nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya.
  • Berikan makan dalam porsi kecil agar si kecil lebih lahap dan mau menghabiskan makanannya. Jangan khawatir si kecil tidak akan kenyang karena bunda bisa memberikannya beberapa kali atau diseling dengan camilan.
  • Berikan camilan sehat. jadi nutrisi yang belum didapatnya saat makan bisa diperolehnya saat mengkonsumsi camilan sehat seperti buah-buahan.

Jika bunda sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak melalui makanan, penggunaan suplemen tambahan atau susu yang sudah dilengkapi nutrisi tambahan bisa jadi alternatif. Meski begitu ada baiknya jika si kecil mendapatkannya secara alami agar pola makan tersebut terjaga sampai ia tumbuh dewasa.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama