Mau Rebonding Rambut? Baca Ini Dulu!

Rambut adalah salah satu anggota tubuh yang dapat mempengaruhi penampilan secara drastis. Makanya tidak heran jika banyak wanita menghabiskan banyak waktu dan uang untuk menata rambut indah mereka.

Bila bunda pernah melihat majalah atau menonton film, wanita seringkali ditampilkan dengan rambut mereka yang tebal dan lurus. Sayangnya kedua hal tersebut tidak selalu mudah untuk dicapai secara alami.

Tidak semua orang dilahirkan dengan gen rambut tebal. Untungnya ada cara untuk mendapatkan rambut tebal dan lurus sepanjang hari, seperti melakukan hair bonding.

apa itu rebonding rambut dan bagaimana cara merawat hasil rebonding

Apa Itu Rebonding Rambut?

Bagi bunda yang belum tahu, rebonding rambut adalah perawatan kimia yang menghasilkan rambut lurus halus tanpa perlu menggunakan pelurus setiap hari. Prosedur ini mengubah struktur rambut bunda dan mengikat kembali setiap helai dengan yang lain untuk menghasilkan rambut yang tampak lebih ramping.

Berbeda dengan keratin, perawatan kimia ini menggunakan relaksan untuk mengubah ikatan asli menjadi baru, dan bahkan mampu mengubah rambut keriting bunda menjadi helai halus.

Dibanding metode perawatan rambut lainnya, rebonding rambut dapat membuat semua jenis rambut tampak halus dan berkilau. Hal ini sangat jarang terjadi pada perawatan seperti keratin.

Apalagi hasil dari teknik ini tahan lama, bahkan sampai satu tahun. Jadi bunda tidak perlu mengeluarkan uang untuk perawatan rambut setelah setiap enam bulan.

Karena setelah rebonding, rambut yang dihasilkan menjadi lurus, bunda bebas memelihara atau membawanya ke mana saja. Rambut halus hasil rebonding tergolong mudah untuk dipamerkan dan diatur.

Bagaimana Cara Kerja Rebonding?

Penasaran gak sih bagaimana cara kerja rebonding?

Sebelum bunda berencana untuk melakukan prosedur rebonding rambut, pastikan bunda tidak memiliki tugas lain untuk dilakukan karena perawatan ini lumayan lama.

  • Penata rambut akan mencuci dan memberikan conditioner pada rambut
  • Setelah benar-benar kering, rambut akan diolesi lapisan relaksan pada setiap helainya
  • Aplikasi ini membantu untuk memutuskan ikatan rambut. Tetap sabar karena bahan kimia ini harus bertahan di rambut bunda setidaknya selama 30 menit.
  • Setelah selesai, stylist akan kembali mencuci rambut bunda.
  • Lapisan lotion keratin kemudian dioleskan ke rambut untuk menghilangkan rambut kusut yang tidak diinginkan.
  • Setelah ini, penetralisir diterapkan untuk memperkuat ikatan rambut baru di rambut bunda.
  • Hal ini akan didiamkan terlebih dahulu selama 45 menit sebelum rambut bunda dicuci dan dikeringkan lagi.
  • Langkah terakhir adalah aplikasi serum rambut dan penggunaan alat untuk meluruskan rambut bunda.
cara kerja rebonding rambut

Hasil rebonding bisa bertahan selama 12 bulan tetapi perlu dijaga. Seperti semua perawatan kimia lainnya, bunda harus menggunakan sampo dan kondisioner berkualitas baik untuk mempertahankan tekstur rambut yang lurus.

Selain itu, jika rambut bunda tumbuh dan memanjang, sedikit potongan atau sentuhan kecil akan membantu mempertahankan tampilan rambut bunda.

Apakah Rebonding Memiliki Efek Samping?

Rebonding rambut tidak memiliki efek samping, namun karena melibatkan penggunaan bahan kimia, bunda mungkin akan mengalami kulit kering dan bersisik untuk beberapa waktu. Selain itu bunda juga mungkin akan mengalami kerontokan rambut dalam beberapa bulan pertama, meski setelah itu akan berkurang.

Untuk mencegahnya, waspada dan uji bahan kimia pada kulit bunda terlebih dahulu. Hal ini bisa bunda lakukan bila bunda memiliki kulit yang sensitif

Selain itu, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan stylist bunda sebelum menginvestasikan waktu dan uang dalam perawatan ini. Setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap perawatan rambut.

Cara Merawat Rambut Hasil Rebonding

Setelah melakukan rebonding rambut di salon, pastikan bunda melakukan perawatan rambut secara rutin setidaknya tiga hari setelah perawatan.

Jangan mencuci rambut dan jaga rambut agar tetap lurus meskipun bunda berbaring di tempat tidur. Bahan kimia yang digunakan akan butuh waktu untuk mengendap, jadi biarkan mereka meresap ke dalam rambut dengan benar.

Selain itu, hindari meminyaki atau memakai masker rambut. Selain itu jangan gunakan jepit rambut atau roll rambut setidaknya selama tiga hari.


Nah, sekarang setelah bunda tahu cara kerja rebonding rambut, jangan ragu untuk mencobanya. Jika bunda tidak yakin, tidak ada salahnya berkonsultasi dulu agar bunda bisa mendapatkan hasil terbaik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama