7 Cara Mengatasi Bau Mulut Berlebih di Pagi Hari

Bau mulut memang menjadi hal yang normal saat kita bangun di pagi hari. Meski begitu ada beberapa orang yang memiliki bau yang lebih menyengat, bahkan meski sudah menyikat gigi di malam hari sebelum tidur.

Jika hal ini terjadi pada bunda atau anggota keluarga lain di rumah, kenali dulu yuk penyebabnya agar bunda lebih mudah mengatasi bau mulut berlebih di pagi harinya.

Penyebab Bau Mulut di Pagi Hari

cara mengatasi bau mulut berlebih di pagi hari

Kebersihan mulut yang buruk

Penyebab utama bau mulut di pagi hari saat kita bangun tidur adalah masalah kebersihan gigi. Jika bunda tidak menyikat gigi dengan benar atau menggunakan benang gigi dengan hati-hati, bunda bisa memiliki kebersihan mulut yang buruk. Dengan begitu bakteri akan senang berkembang biak di mulut kita dan menyebabkan kerusakan.

Mulut yang tidak bersih memberi mereka tempat yang baik untuk tumbuh pada partikel makanan yang tersangkut di antara gigi atau permukaan lidah. Bakteri yang ada memecah partikel makanan yang sudah menempel. Dan proses ini menghasilkan bau mulut yang cukup menyengat saat bunda bangun tidur.

Mulut kering

Selain faktor kebersihan, mulut yang kering juga bisa jadi penyebab utama bau mulut.

Peningkatan produksi air liur dapat membantu membunuh bakteri dan meningkatkan kebersihan mulut. Namun, ketika bunda lupa menyikat gigi sebelum tidur, produksi air liur berkurang dan bunda pun bangun dengan napas yang bau.

Selain itu, mulut kering juga bisa disebabkan oleh obat-obatan dan kebiasaan makan yang buruk. Jika bunda mengonsumsi makanan berminyak dan junk food sebelum tidur dan tidak membersihkan gigi, kemungkinan besar bunda akan memiliki masalah mulut kering di pagi harinya.

Makanan beraroma kuat

Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau mulut tak sedap. Baunya bahkan akan terus menempel dan tidak hilang meski kita sudah menyikat gigi. Karena itulah, baiknya bunda membatasi makanan dengan bau menyengat seperti bawang-bawangan, ikan laut, dan makanan berprotein tinggi, sebelum tidur.

Penyakit periodontitis

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi pada gusi. Orang yang memiliki kebersihan mulut yang buruk sering mendapati gusi mereka terkena dampak yang cukup parah. Infeksi gusi yang terus menerus dapat menyebabkan halitosis, alias bau mulut.

Jika bunda menderita penyakit ini, sangat dianjurkan untuk memeriksakannya karena infeksi seperti ini akan sulit disembuhkan dengan pengobatan rumahan.

Konsumsi Tembakau Berlebih

Merokok dan konsumsi tembakau yang berlebihan sering menyebabkan bau mulut. Tembakau dapat dengan mudah menyebabkan mulut kering dan menginfeksi gusi. Selain itu, bau asap dapat bercampur dengan air liur dan menyebabkan bau tidak sedap.

Cara Menghilangkan Bau Mulut

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan mulut. Bunda bisa membuat kegiatan menyikat gigi sebagai rutinitas yang wajib dilakukan sebelum tidur.

Dengan menyikat gigi, maka sisa-sisa makanan akan terangkat dan tidak menjadi sumber makanan bagi bakteri penyebab bau mulut. Dan setelah menyikat gigi, pastikan juga bunda tidak lagi mengkonsumsi makanan atau minuman manis yah!

2. Bersihkan Sikat Gigi

Setelah selesai menyikat gigi, jangan lupa untuk membersihkannya dan meletakannya di tempat khusus agar bakteri tidak bersarang di kepala sikat gigi.

3. Minum banyak air

Sebelum tidur, tidak ada salahnya mengkonsumsi sedikit air untuk membantu mencegah mulut kering dan meningkatkan produksi air liur.

Sebagai alternatif, bunda juga bisa berkumur menggunakan segelas air hangat yang sudah dicampurkan sedikit garam. Adanya garam dapat membantu menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di berbagai bagian mulut bunda.

4. Hindari Makan Sebelum Tidur

Jangan makan apa pun setelah jam menunjukkan pukul tujuh malam. Rasa beberapa makanan tidak mudah hilang. Jadi, untuk memastikan bunda bangun dengan mulut segar, kurangi kebiasaan makan bunda di malam hari.

5. Berhenti merokok

Meskipun mungkin sulit bagi sebagian orang, penting untuk menghindari kebiasaan merokok sebanyak mungkin. Tembakau tidak hanya buruk bagi gigi tetapi juga berbahaya bagi kesehatan.

6. Coba Permen Karet Bebas Gula

Untuk bau mulut yang muncul di waktu yang tidak diinginkan, bunda bisa mencoba permen karet bebas gula untuk menyingkirkan masalah ini dengan cepat. Dengan mengunyah permen karet tersebut sebanyak satu atau dua kali sehari, bunda dapat mengatur produksi air liur serta menyegarkan nafas bunda.

7. Pergi ke Dokter

Untuk infeksi gusi yang lebih parah, dapatkan perawatan dari tenaga profesional. Dokter gigi nantinya bisa mendiagnosa penyebab bau mulut dan menyarankan langkah yang lebih tepat untuk mengatasinya.


Bau nafas tak sedap pastinya bisa membuat siapa saja merasa tidak percaya diri. Tidak jarang saat bangun tidur, masalah bau mulut juga mengganggu pasangan kita. Untungnya ada banyak cara untuk mengatasi bau mulut berlebih di pagi hari. Selama kita bisa menjaga kebersihan mulut dan menjaganya agar tidak kering, bau mulut pun bisa diatasi dengan mudah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama