6 Tips agar Rambut tidak Bau Apek dan Wangi Sepanjang Hari

Rambut yang baik tidak hanya memiliki tampilan yang sempurna saja, tapi juga memiliki bau yang tidak apek dan wangi. sayang hal semacam ini akan cukup sulit bila bunda lebih sering berada di luar ruangan atau sering menggunakan penutup kepala.

Rambut yang terlalu lama terkena debu dan kotoran serta sering berada dalam keadaan lembab dapat menimbulkan banyak masalah, salah satunya adalah rambut yang tampak lepek dan bau.

Nah, agar bunda bisa memiliki rambut yang wangi, berikut adalah beberapa tips yang bisa bunda lakukan.

Tips agar rambut tidak bau apek dan wangi sepanjang hari

1. Jangan Lupa Mencuci Rambut

Mencuci rambut mungkin akan merepotkan bagi banyak kaum perempuan, terutama mereka yang memiliki rambut panjang dan tebal.

Padahal mencuci rambut setiap hari bisa membantu menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada kulit kepala yang dapat menimbulkan bau tak sedap pada rambut.

2. Gunakan Sisir atau Sikat Rambut yang Bersih

Sikat rambut adalah alat pertama yang digunakan untuk menata rambut setelah mandi. Alat ini harus tetap bersih untuk memastikan tidak ada bau rambut kotor yang masuk ke rambut bunda yang baru mandi.

Tahukah bunda bahwa sikat dapat mengumpulkan semua minyak dari untaian sebelumnya dan memindahkannya ke untaian bersih yang baru? Untuk menghindarinya, lepaskan semua helai sebelumnya dari sikat dan bersihkan dengan air hangat. Setelah kering, barulah bunda gunakan untuk menyikat rambut.

3. Jaga Bantal dan Aksesoris Rambut agar Tetap Bersih

Mirip dengan sikat, sarung bantal bunda juga dapat dengan mudah menyerap semua minyak rambut, kotoran dan partikel polusi. Makanya, ganti sarung bantal secara konsisten, atau bila perlu cuci sarung bantal setiap minggu.

Hal yang sama juga berlaku untuk aksesori rambut seperti ikat rambut dan pin. Jika bunda menggunakan satu ikat rambut setiap hari, rambut bunda dapat menyerap semua minyak yang terkumpul di ikat rambut. Bukan tidak mungkin bau tidak sedap dari ikat rambut bunda akan segera menempel di rambut. Karena itulah, ganti aksesori bunda setiap hari dan jaga kebersihannya sesering mungkin.

4. Gunakan Parfum Rambut

Mungkin tidak banyak bunda yang tahu jika ada produk parfum rambut. Padahal saat ini produk tersebut cukup mudah ditemukan di pasaran.

Gunakan parfum rambut (hair mist) agar rambut wangi seketika

Parfum rambut atau hair mist berkualitas baik dapat menambah aroma yang menyenangkan dan membuat rambut bunda wangi sepanjang haru. Penggunaannya pun cukup mudah dan bunda hanya perlu menyemprotkannya beberapa kali pada rambut sebelum beraktivitas atau menggunakan hijab.

5. Gunakan Produk Perawatan Rambut Berkualitas

Tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli parfum rambut jika bunda bisa menggunakan produk perawatan rambut lain yang memiliki aroma sedap.

Jadi sebagai alternatif hair mist, bunda juga bisa menggunakan masker rambut, gel rambut, sampo, dan kondisioner untuk membantu bunda mendapatkan aroma rambut yang diinginkan. Lagipula kebanyakan produk tersebut memiliki harga yang terjangkau.

6. Hindari Bau Menyengat

Beberapa aroma makanan menyerap lebih cepat daripada parfum rambut. Misalnya, bau ikan atau minyak goreng bisa meninggalkan bau tertentu pada rambut bunda. Selain itu bau rokok juga cukup kuat dan dapat meninggalkan bau asap di rambut bunda.

Jika bunda sering bekerja di dapur atau tinggal bersama orang yang merokok, lindungi rambut dari bau menyengat ini. Bunda dapat memilih untuk menutupi kepala dengan syal atau topi agar bau menyengat yang kuat tidak akan meresap ke dalam rambut.


Itu dia beberapa tips yang bisa bunda lakukan agar rambut tidak bau apek dan wangi sepanjang hari. Selama dibersihkan dengan rutin, rambut tidak akan cepat bau. Dan untuk solusi cepat, bunda bisa menyediakan parfum rambut untuk membuat rambut wangi seketika.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama