7 Manfaat Mandi Pagi untuk Kesehatan Tubuh

Mandi di pagi hari sudah jadi kebiasaan yang ditanamkan sejak kecil. Dengan mandi terlebih dahulu sebelum beraktivitas, tubuh akan terasa segar dan kita pun akan terbebas dari bau badan yang menyengat.

Meksi begitu pandemi membuat banyak orang lebih sering berada di rumah. Akibatnya banyak pekerja WFH dan anak sekolah yang masih belajar daring untuk malas-malasan mandi dan lebih memilih untuk menyegarkan badan di siang hari.

Mungkin banyak yang belum tahu, padahal mandi di pagi hari punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh lho!

manfaat mandi pagi untuk kesehatan tubuh

1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat mandi di pagi hari yang pertama adalah untuk melancarkan sirkulasi darah karena mandi dengan shower dapat membuat darah mengalir ke permukaan kulit.

Sirkulasi darah yang baik akan membuat nutrisi dalam tubuh tersebar secara merata. Selain itu sirkulasi darah yang lancar juga bisa membantu menghindarkan bunda dari beragam masalah seperti tekanan darah tinggi atau penyempitan pembuluh darah.

2. Mengurangi Stress

Mandi di pagi hari ternyata juga bisa membantu mengurangi rasa stres dan depresi lho bun! terutama bila dilakukan menggunakan air dingin.

Mandi di pagi hari dapat membantu tubuh untuk mendapatkan lebih banyak oksigen sehingga tubuh dan otak terasa lebih rileks.

3. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat mandi pagi lainnya adalah merangsang tubuh untuk memproduksi sel darah putih baru yang berguna untuk melawan penyakit. Karena jam biologis pada tubuh manusia, hal ini terjadi secara signifikan pada jam mandi pagi saja.

4. Menyehatkan kulit

Secara umum, mandi sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Namun mandi di pagi hari bisa memberi bunda manfaat yang lebih banyak. Sebagai contoh, mandi di pagi hari dapat membantu menyeimbangkan minyak alami pada kulit dan membantu mengatasi masalah kulit kotor penyebab jerawat.

5. Membuang Racun dari Tubuh

Saat tidur, seringkali tubuh akan berkeringat dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Mandi di pagi hari dapat memastikan racun tersebut tidak menempel pada tubuh terlalu lama.

6. Menenangkan Otot

Mandi pagi dapat membantu bunda untuk membuat otot lebih rileks serta mengurangi rasa lelah dan pegal. Dengan begitu bunda dapat mengurangi ketegangan serta lebih nyaman saat harus beraktivitas di pagi hari.

7. Memberi Energi

Bangun di pagi hari seringkali membuat seseorang malas untuk beraktivitas. Bila bunda mengalami hal tersebut, mandi pagi bisa memberikan bunda dorongan energi yang tepat untuk memulai hari.


Mandi di pagi hari sebenarnya bukan kebiasaan yang aneh mengingat kita sudah terlatih untuk melakukannya sejak kecil. Ternyata tidak hanya bisa dilakukan agar kita bisa bersiap sebelum melakukan aktivitas lainnya, mandi di pagi hari juga punya banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh dan kebersihan kulit.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama