6 Manfaat Omega-3 Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk menjalani hidup yang sehat dan bahagia, penting untuk mengonsumsi makanan bergizi dan berkualitas yang menyajikan kebaikan semua zat gizi makro dan mikro yang penting.

Selain memenuhi kebutuhan karbohidrat, protei, lemak, dan vitamin harian, satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah memenuhi kebutuhan asam lemak omega-3.

manfaat omega-3 untuk kesehatan tubuh

Apa itu asam lemak Omega-3?

Omega-3 adalah nutrisi inti yang membantu bunda dalam mendukung kesehatan dan kebugaran yang baik. Omega-3 bisa diperoleh secaea alami melalui makanan, atau melalui suplemen.

Menambahkan asupan makanan kaya Omega-3 ke dalam menu makanan bunda secara teratur bermanfaat bagi hampir semua fungsi vital dan menjaga tubuh tetap berjalan dengan baik. Dari jantung hingga sistem reproduksi, nutrisi ini membawa manfaat bagi hampir semua organ vital.

Sekarang, asam lemak Omega-3 bisa bermacam-macam. Beberapa di antaranya, EPA dan DHA yang ditemukan dalam jenis makanan tertentu dianggap yang paling bermanfaat. DHA sendiri merupakan komponen penting yang juga banyak ditemukan secara alami pada retina, otak, serta sel sperma.

Apa manfaat asam lemak Omega-3 untuk kesehatan?

Pedoman nutrisi merekomendasikan bahwa setiap individu dianjurkan untuk dapat memenuhi sekitar 250-300 mg (EPA + DHA gabungan) sumber asam lemak Omega-3 setiap hari, yang juga dapat diekstraksi melalui suplemen. Orang yang menderita kondisi kesehatan tertentu mungkin disarankan untuk memilih dosis yang lebih tinggi sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan memenuhi kebutuhan omega-3, bunda dan keluarga bisa memperoleh beberapa manfaat sebagai berikut.

1. Membantu melawan Rheumatoid arthritis (RA)

Asupan asam lemak Omega-3 yang sehat sangat membantu dalam mendukung sistem kekebalan melakukan tugasnya, mencegah dan mengelola kondisi autoimun seperti Rheumatoid Arthritis agar tidak menyerang bunda.

Omega-3 tidak hanya diketahui dapat meningkatkan efektivitas obat anti-inflamasi, tetapi suplemen tertentu seperti minyak ikan juga membantu mengurangi nyeri sendi dan pembengkakan.

2. Menurunkan kadar trigliserida dalam tubuh

Penelitian telah menunjukkan bahwa makanan kaya Omega-3 tertentu, seperti minyak ikan sangat membantu dalam menurunkan tingkat trigliserida, alias, lemak darah dalam tubuh, yang buruk untuk jantung.

Makanya, mengkonsumsi makanan dan suplemen kaya Omega-3 dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan membuat jantung bunda awet muda.

3. Menjaga kesehatan otak

Omega-3 sangat baik untuk menjaga otak tetap aktif dan prima. Selain memperkaya kesehatan otak dan fungsi pendukungnya, asupan Omega-3 juga dikatakan menurunkan tingkat depresi dan mengurangi risiko berbagai bentuk penyakit mental. Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal yang sama.

4. Meningkatkan stamina

Minyak ikan dan beberapa makanan kaya Omega-3 lainnya dapat menjadi suplemen yang luar biasa jika bunda rajin berolahraga dengan baik. Omega-3 karena dapat membantu membangun massa otot, daya tahan, menyediakan energi yang dibutuhkan dan membuat jam latihan bunda jauh lebih memuaskan.

5. Nutrisi penting selama kehamilan

Jika bunda mengharapkan dan ingin bayi keluar dengan sehat dan kuat, sangat penting untuk menambahkan setiap bentuk makanan kaya Omega-3 ke dalam makanan.

Sederhananya, Omega-3 sangat baik untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan bayi di tahun-tahun awal (sejak kehamilan) dan bermanfaat bagi perkembangan visual dan neurologis.

6. Membantu mengatasi peradangan

Tingkat peradangan yang tinggi terkait dengan risiko penyakit kronis dan gangguan gaya hidup. Studi saat ini telah membuktikan bahwa dosis Omega-3 dalam makanan sebenarnya dapat menurunkan tingkat peradangan yang terkait dengan beberapa penyakit seperti asma dan penyakit pernapasan lainnya.

Apa sumber terbaik asam lemak Omega-3?

Meski bunda bisa mendapatkan asam lemak omega-3 dalam bentuk suplemen, ada banyak makanan alami seperti makanan laut dan unggas yang baik dikonsumsi setiap hari.

Makanan laut seperti ikan berlemak, salmon, telur, jenis kacang-kacangan dan biji-bijian tertentu, minyak kacang, sayuran juga kaya akan Omega-3. Namun, karena banyak makanan ini juga dapat meningkatkan jumlah kalori yang masuk, pastikan bunda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama