7 Manfaat Buah Stroberi untuk Kesehatan Tubuh

Bunda mungkin sudah tidak asing dengan buah berwarna merah yang satu ini. Selain punya rasa manis yang khas, ternyata stroberi memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh lho!

Mulai dari sumber serat dan vitamin C hingga mencegah kanker, berikut adalah kandungan nutrisi dalam stroberi yang dapat memberi bunda banyak manfaat kesehatan.

manfaat buah stroberi untuk kesehatan tubuh

Kandungan Nutrisi Stroberi

Meski sebagaian besar stroberi terdiri dari air, setiap 100 gram buah inijuga mengandung banyak nutrisi lain seperti:

  • Kalori: 32
  • Air: 91 gram
  • Karbohidrat: 8 gram
  • Protein: 0,67 gram
  • Lemak: 0,3 gram
  • Gula: 5 gram
  • Serat: 2 gram

Selain itu buah ini juga kaya akan vitamin B6, C, dan K. Kandungan vitamin C pada buah stroberi bahkan lebih tinggi kadarnya dibanding buah jeruk.

Tidak hanya itu, stroberi juga mengandung banyak mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, mangan, tembaga dan kalium, serta beragam antioksidan seperti pelargonidin, ellagic acid, ellagitannins, dan procyanidins.

Manfaat Stroberi

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain berfungsi sebagai antioksidan, vitamin C adalah salah satu zat yang berperan penting dalam menjaga sistem imun tubuh. Dengan begitu tubuh tidak mudah teserang penyakit.

Meski tubuh kita bisa memproduksi vitamin C sendiri, jumlahnya masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Sebagai solusi, bunda bisa mengkonsumsi buah stroberi yang kaya akan vitamin C.

Secangkir stroberi mengandung lebih dari 50 mg vitamin C yang sudah mampu memenuhi setengah kebutuhan vitamin C harian bunda. Bunda pun bisa mengkonsumsinya secara langsung atau mencampurkannya dalam menu makanan favorit bunda.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Selain mampu menjaga kesehatan tubuh, vitamin C adalah salah satu antioksidan kuat yang bisa memberi banyak manfaat bagi tubuh. Sifat antioksidan pada stroberi bahkan bisa menjaga kesehatan mata dan mencegahnya dari penyakit berbahaya seperti katarak.

Kandugan antioksidan tersebut dapat membantu melindungi mata dari paparan radikal bebas yang berasal dari sinar matahari yang kelamaan dapat merusak jaringan protein pada mata. Selain itu vitamin C tersebut juga bisa membantu memperkuat beberapa bagian mata seperti kornea dan retina.

Namun untuk mendapatkan hasil yang baik, bunda sangat disarankan untuk mendapatkan vitamin C tersebut secara alami, bukan melalui suplemen. Makanya stroberi bisa jadi salah satu makanan yang bisa bunda konsumsi untuk mendapatkan banyak vitamin C secara alami.

3. Membantu Mengontrol Gula Darah

Bagi sebagian orang, mengkonsumsi makanan yang kaya akan gula dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat drastis. Dalam jangka panjang, hal ini dapat meningkatkan risiko obesitas, diabetes tipe 2, hingga masalah pada jantung.

Mengkonsumsi buah stroberi diklaim dapat membantu memperlambat proses pencernaan glukosa yang mampu menekan produksi insulin dalam tubuh sehingga kadar gula dalam darah tidak meningkat secara drastis.

Jadi bila bunda gemar mengkonsumsi makanan manis, ada baiknya menggantinya dengan buah-buahan alami seperti stroberi. Stroberi pun termasuk buah yang aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung jadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Untuk mengurangi risikonya, stroberi bisa jadi salah satu makanan yang baik untuk jantung dan bisa dikonsumsi setiap hari.

Antioksidan seperti ellagic acid serta flavanoids pada stroberi dapat membantu menyehatkan jantung dengan cara mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh (LDL). Selain itu stroberi juga memberikan manfaat anti peradangan yang sama baiknya untuk kesehatan jantung.

Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Toronto Clinical Nutrition and Risk Factor Modification Center, mengkonsumsi stroberi secara rutin dapat membantu mengurangi kerusakan oksidatif yang dapat mengakibatkan penyakit diabetes dan masalah jantung.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Pada satu cup stroberi terdapat 134 mg potasium. Hal ini membuat stroberi menjadi salah satu makanan sumber potasium yang bisa bunda dapatkan.

Potasium sendiri memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama dalam membantu menjaga tekanan darah. Tidak hanya itu, potasium juga bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan menjadi pelindung dari efek negatif sodium yang banyak ditemukan pada makanan.

6. Mencegah kanker

Stroberi mengandung banyak antioksidan mulai dari vitamin A, C, dan E, serta ellagitannins dan ellagic acid yang baik untuk menjaga tubuh dari radikal bebas. Dari banyak penelitian, sifat antiksidan serta anti inflamasi pada stroberi diklaim dapat membantu mencegah beberapa jenis kanker. Meski begitu masih butuh penelitian lebih lanjut untuk melihat efeknya pada manusia.

7. Sumber Serat

Serat adalah komponen penting yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan membuat bunda kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, serat juga bisa membantu memperlambat penyerapan glukosa sehingga baik untuk melawan penyakit diabetes tipe 2. Dengan kandunganserat hingga 2 gram per penyajian, stroberi bisa jadi camilan yang tidak hanya enak, tapi juga membantu memenuhi kebutuhan serat harian bunda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama