Manfaat Sepatu Lari, Bukan Sekedar Gaya!

Sepatu lari jadi salah satu perlengkapan jogging yang patut menjadi perhatian bila bunda akan sering melakukannya. Dengan banyaknya model sepatu lari, baik untuk pria dan wanita, sepatu lari bukan hanya sekedar membuat bunda tampil modis saja lho!

Dibalik penampilannya yang keren, sepatu lari ternyata memiliki banyak manfaat. Dengan sepatu lari yang baik, bunda akan lebih nyaman saat jogging dan bahkan bisa terhindar dari cedera.

Maka dari itu, penting untuk memiliki sepatu lari yang tepat agar bunda bisa mendapatkan manfaat sepatu jogging sebagai berikut.

manfaat sepatu lari

1. Membuat Kaku Lebih Nyaman

Saat berlari, bagian bawah kaki akan menerima beban yang lebih besar dibanding saat bunda berdiri seperti biasa. Makanya, jogging dalam waktu lama bisa membuat bantalan kaki terasa lebih cepat pegal dan lelah.

Dengan menggunakan sepatu lari, bunda bisa mengurangi tekanan pada tumit, pergelangan kaki, hingga jari-jari kaki selama berlari. Hal ini membuat aktivitas lebih nyaman dan aman. Bantalan yang tepat juga dapat membantu meringankan atau mencegah nyeri lutut, pinggul, dan punggung kaki.

2. Mencegah Cedera

Dalam banyak kasus, sepatu lari dapat membantu mencegah jenis cedera tertentu. Faktanya, American College of Sports Medicine menyatakan bahwa sepatu lari yang baik dapat mencegah cedera berlebihan, seperti tendonitis, fraktur stres, dan nyeri sendi.

Meskipun lari tanpa alas kaki juga telah meningkat popularitasnya selama beberapa tahun terakhir, risiko luka dan goresan pada kaki akan sangat tinggi, apalagi bagi yang belum terbiasa. American Council on Exercise melaporkan bahwa perlindungan yang ditawarkan oleh sepatu lari dapat mengurangi cedera pada kaki.

3. Meningkatkan Performa Atletik

Mereka yang menggunakan jenis sepatu lari yang tepat mungkin mengalami peningkatan atletik yang lebih besar daripada mereka yang tidak. Para ahli di American Council on Exercise percaya bahwa ini kemungkinan disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk kenyamanan yang lebih besar dan peningkatan kapasitas lari.

Dengan berbagai keuntungan tersebut, sepatu lari menjadi salah satu senjata andalan bagi para pelari yang kompetitif. Bahkan mereka yang tidak bertanding pun masih bisa mendapatkan peningkatan performa atletik dengan memakai sepatu lari.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama