7 Manfaat Teh Lemon untuk Kesehatan Tubuh

Meminum secangkir teh menjadi salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan orang. Tidak hanya memberi rasa segar dan energi, teh juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh.

Teh sendiri bisa dikonsumsi dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan menambahkan potongan atau perasan lemon segar ke dalamnya. Dengan begitu bunda tidak hanya bisa mendapatkan manfaat dari teh, namun juga lemon itu sendiri.

Nah, supaya minuman teh bunda lebih berkhasiat, ada baiknya nih mulai menambahkan potongan lemon pada secangkir teh bunda untuk mendapatkan beberapa manfaat berikut ini.

manfaat teh lemon untuk kesehatan tubuh

1. Kaya akan Antioksidan

Teh lemon dapat membantu bunda untuk mendapatkan lebih banyak antioksidan, termasuk vitamin C dan fitokimia seperti asam caffeic dan chlorogenic.

Antioksidan adalah zat yang ditemukan dalam makanan yang membantu mencegah perubahan DNA dan kerusakan sel yang disebabkan oleh bahan kimia yang disebut radikal bebas.

Meningkatkan asupan makanan dan minuman yang kaya antioksidan, seperti teh lemon, dapat membantu menunda penuaan dan timbulnya penyakit tertentu seperti penyakit Alzheimer dan kanker.

2. Membantu Tidur Lebih Baik

Minuman lain yang biasa dikonsumsi, yaitu teh dan kopi, merupakan sumber kafein alami dalam makanan. Kafein adalah stimulan yang mempengaruhi otak dan sistem saraf dan dapat membuat sulit tidur.

Teh lemon secara alami bebas kafein, dan serai (lemongrass) yang ditemukan dalam teh herbal dapat membantu meningkatkan kualitas tidur bunda. Namun, meski serai digunakan dalam pengobatan tradisional sebagai obat penenang, efeknya hanya diuji pada tikus; studi manusia perlu dilakukan sebelum klaim dapat dibuat.

3. Membantu Mencegah Kanker

Serai dalam teh lemon juga dapat menawarkan perlindungan terhadap kanker. Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering melaporkan bahwa komponen dalam serai memiliki aktivitas antikanker dan dapat membantu mengaktifkan proses yang membunuh sel kanker. Namun, penelitian didasarkan pada penelitian pada hewan, dan buktinya masih awal. Penelitian pada manusia perlu dilakukan untuk menguji apakah efeknya sama pada manusia.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tambahan lemon pada teh dapat membantu bunda mendapatkan asupan vitamin C. Selain menjadi antioksidan yang kuat, vitamin C juga bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindunginya dari berbagai macam penyakit.

5. Menjaga Tekanan Darah dan Menyehatkan Jantung

Teh lemon mengandung flavanoid yang diteliti dapat membantu menurunkan tekanan pada pembuluhg darah. Bila dikombinasikan dengan olahraga yang teratur, maka bunda bisa menjaga tekanan darah agar tetap dalam batas normal.

Tidak hanya itu, kombinasi vitamin C dan antioksidan pada teh lemon juga dapat mencegah terjadinya stres oksidatif yang mampu mengurangi kerusakan pada pembuluh darah jantung.

6. Menurunkan Risiko Diabetes

Selama tidak dikonsumsi dengan gula berlebih, teh lemon juga baik lho untuk membantu menurunkan risiko diabetes. Manfaat ini didapat dari kandungan hesperidin yang banyak ditemukan pada lemon. Selain itu asam sitrat pada lemon juga bisa memabntu memerlambat penyerapan gula agar kadar gula dalam darah tidak naik secara tiba-tiba.

7. Mengatasi Flu dan Demam

Terakhir, bunda bisa menggunakan teh lemon untuk membantu mengatasi flu dan demam. Selain membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat sakit, teh lemon juga bisa membantu mengencerkan lendir pada tenggorokan yang membuatnya gatal. Agar lebih terasa manfaatnya, bunda juga bisa menambahkan sedikit jahe untuk menambah efek menghangatkan tubuh saat diminum.


Teh lemon mungkin tidak cocok untuk semua orang. Karena itu bunda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menambahkannya ke rutinitas harian bunda.

Memorial Sloan Kettering Cancer Center melaporkan bahwa karena serai dapat bekerja sebagai antioksidan, ia dapat mengganggu pengobatan kemoterapi. Selain itu, mereka juga merekomendasikan agar ibu hamil tidak mengonsumsi serai atau teh yang mengandungnya untuk mengurangi risiko. Selain itu ada juga kekhawatiran bahwa teh lemon dapat membuat bunda mengantuk atau pusing.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama