10 Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan dan Kecantikan

Anggur jadi salah satu buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Bentuknya yang khas serta rasanya yang enak membuat buah ini banyak dikonsumsi sebagai camilan atau campuran dalam berbagai makanan.

Namun tidak cuma menyegarkan, buah anggur ternyata mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Tidak cuma itu, buah anggur cocok banget untuk bunda yang ingin tampil cantik secara alami.

manfaat buah anggur untuk kesehatan dan kecantikan

Kandungan Nutrisi Anggur

Buah anggur terdiri dari berbagai macam jenis yang masing-masing memiliki bentuk, warna, serta rasa yang sedikit berbeda. Meski begitu komposisi masing-masing varietas tidak terlalu jauh berbeda dan sama-sama bisa memberi manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Melansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, setiap 100 gram buah anggur memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut.

  • Air: 92,3 mg
  • Energi: 30 kalori
  • Protein: 0.5 gr
  • Lemak: 0.2 gr
  • Karbohidrat: 6.8 gr
  • Serat: 1.2 mg
  • Kalsium: 39 mg
  • Fosfor: 12 mg
  • Zat besi: 1.1 mg
  • Vitamin C: 3 mg

Manfaat Anggur

1. Sumber Antioksidan

Buah anggur bisa jadi salah satu makanan sumber antioksidan yang bisa membantu menangkal radikal bebas. Radikal bebas yang berasal dari polusi dan sinar ultraviolet dapat menyebabkan stres oksidasi dan memicu beragam penyakit.

Pada buah anggur terdapat senyawa polifenol yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dapat membantu melindungi tubuh dari beragam penyakit berbahaya seperti kanker hingga menurunnya fungsi ginjal.

2. Mencegah Kanker

Pada beberapa penelitian, buah anggur memiliki kandungan baik yang dapat membantu mencegah kanker. Salah satunya adalah resveratrol yang dapat membantu memperlambart pertumbuhan sel kanker dan tumor dan mencegahnya tumbuh, terutama pada bagian lambung, hari, payudara, serta kelenjar getah bening.

Tidak hanya itu, antioksidan resveratrol tersebut juga bisa membantu tubuh menghalau radiasi berbahaya yang berasal dari sinar matahari, seperti sinar ultraviolet A dan B (UVA & UVB).

3. Menunda Tanda Penuaan Dini

Buah anggur memiliki beberapa kandungan antioksidan seperti reveratrol, quercetin dan rutin yang dapat membantu menangkal radikal bebas yang dapat mengganggu kinerja tubuh.

Salah satu dampak yang ditimbulkan oleh radikal bebas adalah kerusakan sel protein, serta DNA. Gejala ini bisa terlihat pada kulit yang menunjukan tanda penuaan dini seperti keriput atau munculnya bintik-bintik hitam.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak antioksidan seperti anggur, bunda bisa menunda tanda-tanda penuaan dini tersebut.

4. Meredakan Gejala Alergi dan Peradangan

Inflamasi atau peradangan merupakan respon alami saat tubuh merasakan bahaya seperti bakteri, virus, infeksi, atau bahkan stres. Untuk mengatasinya, bunda bisa mengkonsumsi buah anggur.

Buah anggur memiliki sifat antiradang dan antihistamin yang membuatnya baik untuk melawan inflamasi atau peradangan dalam tubuh serta membantu meringankan gejala alergi.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Salah satu studi dari Frontiers in Pharmacology menemukan bahwa lansia yang diberikan 250 mg anggur selama 12 minggu ternyata mampu meningkatkan kemampuan kognitif, bahasa, serta daya ingat mereka.

Hal ini dapat terjadi berkat kandungan resveratrol pada buah anggur. Senyawa antioksidan ini diklaim dapat membantu memperlancar peredaran dalam pada otak sehingga kebutuhan oksigen serta nutrisi lainnya untuk otak dapat selalu terpenuhi dengan baik.

6. Mengatasi Jerawat

Buah anggur jadi salah satu bahan rumahan yang bisa bunda gunakan untuk membantu mengatasi masalah jerawat secara alami.

dari sebuah penelitian ditemukan bahwa resveratrol yang terdapat pada kulit buah anggur memiliki sifat antibakteri yang baik untuk melawan bakteri penyebab jerawat P. Acnes.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Anggur, terutama yang berwarna merah, mengandung banyak resveratrol dan saponin yang diklaim dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida yang tinggi.

Dari sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal Food & Function, 69 peserta yang mengkonsumsi anggur sebanyak 500 gram setiap minggu mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL).

Baik resveratrol dan saponin dapat membantu menyerap kelebihan kolesterol dalam tubuh sehingga tidak banyak yang bisa masuk ke dalam aliran darah. hal ini tentunya membuat kadar kolesterol dalam tubuh tetap seimbang dan bisa membantu bunda untuk menghindari beragam penyakit mulai dari obesitas hingga penyakit jantung.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Bunda mungkin mengenal wortel sebagai salah satu bahan alami yang baik untuk kesehatan mata, padahal anggur juga memiliki khasiat yang tidak kalah bagusnya lho!

Pada buah anggur terdapat karotenoid yang baik untuk menjaga kesehatan mata, yaitu lutein dan zeaxanthin.

Mengutip dari berbagai sumber, kedua antioksidan tersebut dapat membantu mengurangi risiko penyakit mata mulai dari katarak hingga degenerasi makula. Selain itu kedua zat tersebut juga bisa membantu menjaga kesehatan mata dengan menyaring geombang cahaya biru dari gadget dan menghindarkan bunda dari bahaya sinar biru tersebut.

9. Mengontrol Gula Darah

Buah anggur memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga cocok untuk dijadikan camilan sehat bagi pengidap diabetes. Makanan dengan indeks glikemik yang rendah tidak akan menyebabkan gula darah melonjak drastis sehingga cocok untuk mereka yang mengalami masalah gula darah.

Tidak hanya itu, resveratrol pada anggur juga memiliki khasiat yang baik untuk membantu mengontrol gula darah. Selain mengaktifkan gen yang dapat mencegah tubuh dari obesitas, resveratrol juga mampu mencegah terjadinya resistansi insulin yang memicu diabetes.

10. Menjaga Berat Badan

Buah anggur juga bisa jadi salah satu camilan sehat bagi bunda yang ingin menjaga berat badan ideal. Berdasarkan Data Komposisi Pangan Indonesia, seetiap 100 gram buah anggur hanya mengandung kurang dari 30 kalori lho bun! Jadi selama dikonsumsi dalam batas wajar, bunda bisa mendapatkan banyak nutrisi yang diperlukan tubuh tanpa khawatir menambah berat badan secara drastis.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama