Metode Panda Parenting untuk Membuat Anak Lebih Mandiri

Mengasuh dan mendidik anak jadi kewajiban bagi setiap orang tua. Tidak hanya memberikan materi, orang tua juga dituntut untuk bisa mendidik anak agar ia memiliki mental dan kepribadian yang baik.

Bunda pun tidak perlu pusing karena saat ini ada banyak metode parenting yang bisa membantu bunda dalam mengasuh dan membesarkan anak-anak. Tentu tidak ada salahnya bukan mempelajari dan mengikuti metode parenting yang telah dilakukan dan terbukti berhasil membentuk anak menjadi pribadi yang baik? 

Nah, salah satu metode parenting yang bisa bunda tiru adalah parenting panda. Pola asuh ini memberikan kebebasan kepada anak dalam hal pengambilan keputusan. Cara ini sangat cocok bagi bunda yang ingin menggunakan cara parenting yang lembut namun sangat efektif.

Mengutip berita dari Times of India, metode ini dipercaya bisa membuat anak lebih mandiri dan independen. Jadi jika bunda ingin mendidik anak agar berani dan mandiri, cara ini patut untuk disimak lho bun!

metode panda parenting agar anak mandiri dan independen

1. Memberi anak kebebasan untuk membuat keputusan sendiri

Memberi anak kesempatan untuk mengambil keputusan dan berpikir sendiri dalam keadaan yang sesuai dengan usianya membuat bunda secara tidak langsung menanamkan rasa tanggung jawab pada mereka. Belajar untuk lebih bertanggung jawab tentu jadi hal baik jika dibiasakan sejak dini.

Panda Parenting adalah metode yang memungkinkan anak-anak belajar bahwa merek bertanggung jawab atas keputusan mereka sendiri, termasuk segala konsekuensinya. Namun perlu dicatat bahwa bukan berarti bunda membiarkan anak mengambil keputusan sendiri begitu saja.

Membesarkan anak dengan metode panda parenting membutuhkan orang tua untuk berada di sana ketika anaknya sangat membutuhkan kita. Orang tua harus memantau tindakan anaknya sambil memercayai proses yang dilalui anak dalam mengambil keputusan.

2. Menjaga keseimbangan

Memberi anak kebebasan untuk membuat keputusan sendiri tidak sama dengan membiarkan mereka melakukan apa pun yang mereka inginkan. Kunci sukses mengasuh panda adalah menjaga keseimbangan agar si kecil tetap dapat mengambil keputusan yang baik.

Bunda harus mendorong keterampilan anak-anak untuk membuat keputusan sendiri dan menerapkan aturan yang sesuai dengan usia mereka. Untuk memulainya, bunda dapat menjelaskan aturan dasar sebelum membiarkan anak membuat keputusan mereka sendiri.

3. Kebaikan dan dukungan orang tua sangat penting

Membuat kesalahan adalah sesuatu yang wajar dilakukan oleh setiap manusia. Tentu saja, anak-anak juga akan mengalaminya ketika mereka mulai belajar membuat keputusan sendiri.

Untuk itu, sebagai orang tua, bunda harus terus mendukung anak-anak kita meskipun mereka mengambil keputusan yagn salah atau mengalami kegagalan akibat keputusan yang mereka ambil. Dengan menunjukkan kepercayaan dan dukungan kita, maka ikatan antara orang tua dan anak akan terbentuk dengan baik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama