8 Tips Parenting Zaskia Mecca dalam Mengasuh Banyak Anak

Tentu tidak mudah membesarkan banyak anak sekaligus, namun Zaskia Adya Mecca memiliki caranya sendiri dalam mengasuh dan mendidik kelima anaknya. Ia juga memiliki trik khusus dalam menyikapi perilaku setiap anak.

Mengutip dari laman id.theasianparent.com, hal tersebut ia sampaikan melalui salah satu video yang ditayangkan di kanal YouTube The Bramantyos yang kala itu kedatangan tamu Sarah Sechan. Lalu apa saja metode parenting ala Zaskia Adya Mecca yang bisa jadi inspirasi untuk bunda? Simak beritanya berikut ini yuk!

tips parenting ala zaskia mecca dalam mengurus banyak anak

1. Jangan Terlibat dalam Drama Pertengkaran Anak

Anak-anak Zaskia bisa dikatakan memiliki jarak usia yang terpaut dekat sehingga sering terjadi drama dan pertengkaran di antara mereka. Zaskia sendiri lebih memilih untuk tidak terlibat dalam perkelahian anaknya, baik karena memperebutkan mainan atau alasan lainnya.

Dia tidak ingin emosi jika anak-anak terus bertengkar seperti itu. Itu sebabnya, dia akan mengampuni putranya jika ada perkelahian, bahkan dia akan membiarkannya pergi bahkan jika seseorang menangis. Dari sini, anak secara tidak langsung belajar menyelesaikan masalahnya sendiri dengan saudaranya.

2. Mengenalkan Anak pada Ikon Lokal Indonesia

Hanung Bramantyo, suami Zaskia, rupanya sengaja memperkenalkan kecintaannya pada pahlawan dan ikon lokal Indonesia kepada semua anak-anaknya karena tak ingin buah hatinya lebih paham tentang superhero asing. Hal ini membuat mereka tanpa sadar masih dijajah oleh pihak luar dalam hal pemikiran dan budaya. Selain itu mereka jadi lebih menghargai budaya lokal dan lebih mengenal karya bangsa mereka sendiri.

3. Bebaskan Hati Anda untuk Berkreatifitas

Zaskia yang akrab disapa Bia oleh anak-anaknya, membebaskan anak-anaknya untuk berkreatifitas dan mencorat-coret sesukanya, meski kadang tubuhnya jadi penuh coretan si kecil. Terkadang anak itu mencoret-coret tubuhnya dan terkadang di rumah. Zaskia tidak mempermasalahkan hal ini karena ini juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kreativitas yang dimiliki anak.

4. Menyediakan Waktu Berkualitas dengan Keluarga

Meskipun Zaskia dan Hanung memiliki kesibukan sendiri, mereka selalu berusaha untuk menghabiskan waktu luang mereka agar bisa menyediakan waktu berkualitas bersama anak-anak mereka. Jika dia sedang berlibur, katakanlah Sabtu dan Minggu, dia bisa menghabiskan sepanjang hari bersama anak-anaknya. Zaskia sendiri secara terang-terangan mulai meninggalkan syuting dan pekerjaan lain karena memiliki banyak anak.

5. Perlakukan Anak Seperti Orang Dewasa

Uniknya, Zaskia selalu memperlakukan anak-anaknya seperti orang dewasa. Karena itu, Bunda Zaskia biasanya mengajak anak-anaknya berbicara dari segala usia. Ketika anaknya sedang emosi, dia memilih untuk membiarkannya mengekspresikan emosinya terlebih dahulu. Ketika anak sudah tenang, dia kemudian akan bertanya apa yang dia inginkan atau apa masalahnya.

6. Berlaku Adil

Bagi Zaskia Mecca sendiri, ternyata tantangan terbesarnya adalah bagaimana ia bisa adil dalam membagi kasih sayang dan perhatiannya kepada semua anaknya. Ia juga merasa kasihan pada putra sulungnya yang harus banyak mengalah pada adik-adiknya. Karena itulah ketika ada waktu luang, Bia akan langsung mengingat Syibil, anak sulungnya, dan lebih banyak menghabiskan waktu bersamanya.

7. Selalu Didik Dirimu Untuk Menjadi Orang Tua yang Lebih Baik

Meski sudah memiliki lima anak, Zaskia sendiri mengaku terus belajar menjadi orang tua yang baik. Terkadang ia menghadiri seminar parenting, membaca buku atau browsing internet dan melihat pola asuh anak yang sudah diterapkan oleh orang tuanya sendiri.

8. Ajari Anak Melakukan Tugasnya dengan Menyenangkan

Zakia lebih memilih untuk menghadapi sekolah online engan lebih santai dan bebas stres. Ia mengajarkan anak-anaknya untuk mengerjakan tugas dengan cara yang fun dan tidak menjadikannya beban. Sebagai orang tua, Bia juga mengingatkan mereka untuk mempelajari apa minat dan bakat anak-anak mereka dan tidak memaksa mereka untuk pandai dalam segala hal atau mata pelajaran. Jadi orang tua bisa lebih mengembangkan passion anaknya dan mengasah bidang tersebut secara maksimal.


Itu dia beberapa pola asuh yang diterapkan Zaskia Adya Mecca dan suaminyua kepada anak-anak mereka. Semoga bisa bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi semua ibu di luar sana.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama