7 Manfaat Acai Berry untuk Kesehatan dan Kecantikan

Acai berry merupakan buah berwarna hitam keungunan dan sekilas mirip dengan anggur. Bunda mungkin pernah mendengar buah ini sebagai salah satu bahan alami untuk menurunkan berat badan dengan cepat.

Padahal manfaat buah acai berry tidak hanya itu saja. Meski berukuran kecil, acai berry dianggap sebagai superfoods mengingat kandungan nutrisinya yang sangat tinggi. Dan sama seperti buah beri pada umumnya, acai berry juga memiliki kandungan antioksidan ang tinggi dibanding buah lainpada umumnya.

manfaat acai berry untuk kesehatan dan kecantikan

Kandungan Nutrisi Acai Berry

Acai berry adalah buah yang berasal dari kawasan Amerika Tengah dan Selatan. Meski bisa dikonsumsi secara langsung, buah ini juga sering dicampurkan dengan makanan lain atau bahkan dibuat menjadi minyak alami.

Mengutip dari berbagai sumber, buah acai berry memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

  • Energi: 70 kkal
  • Karbohidrat: 5,2 g
  • Protein: 1,75 g
  • Lemak: 5,3 g
  • Serat: 5,3 g
  • Kalsium: 35 mg
  • Zat Besi: 0,6 g

Tidak hanya itu, acai berry juga mengandung banyak vitmain serta mineral seperti kalium, magnesium, tembaga, dan fosfor.

Manfaat Acai Berry

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Buah acai beri memiliki kandungan antosianin yang tinggi yang juga memberikan warna alami pada buah tersebut. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga bersifat antioksidan yang bisa digunakan untuk melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh. Makanya tidak heran bila buah acai berry seringkali digunakan sebagai salah satu bahan baku kosmetik, produk perawatan kulit, dan produk kecantikan lainnya.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah beri terkenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Namun dibanding buah beri lainnya, acai berry memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi.

Tidak hanya baik untuk kesehatan jaringan kulit, antioksidan juga bisa melawan radikal bebas yang berasal dari makanan atau kebiasan buruk seperti merokok. Dengan begitu tubuh bisa terbebas dari risiko pembentukan plak pada pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit stroke atau jantung.

3. Menjaga Tekanan Darah

Menyambung poin sebelumnya, antioksidan pada buah acai berry mampu menjaga kebersihan pembuluh darah serta melindungi bagian dalam dari pembuluh darah tersebut. Hal ini bisa menjaga agar pembuluh darah tetap bekerja dengan baik agar darah dapat mengalir dengan lancar. Hal ini bisa membuat tekanan darah tetap stabil.

Tidak hanya itu, acai berry juga mengandung lemak tak jenuh bernama asam oleat. Dari beberapa studi, konsumsi asam oleat dapat membantu mencegah dan menjaga agar tekanan darah tetap normal.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Acai berry mengandung sterol alami, yang berguna untuk mencegah penyerapan kolesteol dalam tubuh agar kadarnya tetap terjaga dan tidak membahayakan tubuh.

Tidak hanya itu, acai berry juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) serta meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

5. Menjaga Kesehatan Otak

Paparan radikal bebas dapat merusak sel-sel dalam tubuh, salah satunya adalah sel otak. Dengan begitu bunda yang sering terkena radikal bebas bisa mengalami penurunan fungsi otak seperti kemampuan berpikir atau memori.

Dari beberapa penelitian, konsumsi antioksidan dari bahan alami sepertri acai berry dapat membantu mencegah hal tersebut. Tidak hanya itu, buah tersebut juga bisa membantu regenerasi sel otak dan meningkatkan memori otak.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Kandungan antioksidan pada acai berry juga membuatnya memiliki sifat anti kanker, terutama untuk kanker usus besar dan kanker kandung kemih.

Dari sebuah penelitian, antioksidan pada buah ini diklaim dapat menghambat pertumbuhan serta mematikan sel kanker dalam tubuh. Selain itu buah tersebut juga bersifat anti inflamasi dan mempu mengurangi peradangan dalam tubuh.

7. Menurunkan Berat Badan

Salah satu manfaat acai berry yang paling populer di masyarakat adalah membantu menurunkan berat badan, baik saat dimakan langsung atau dikonsumsi dalam bentuk suplemen.

Mesk begitu masih ada pro dan kontra mengenai masalah ini karena belum ada penelitian resmi mengenai hal tersebut. Jadi baik cara kerja, efektivitas, serta tingkat keamanannya belum teruji dan terdokumentasi dengan baik.

Meski begitu sudah ada beberapa orang yang mampu menurunkan berat badan dengan cepat menggunakan acai berry. Namun tidak jarang juga ada orang yang justru sakit dan bermasalah setelah mengkonsumsi buah tersebut tanpa takaran yang jelas.

Jika bunda ingin menurunkan berat badan, baiknya dilakukan secara alami dengan mengkombinasikan makanan sehat dan olahraga. Meski hasilnya akan terlihat lebih lama, hal ini lebih menyehatkan dan tidak akan menyebabkan masalah baru pada kesehatan bunda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama