6 Aturan Merawat Hewan yang Bisa Bunda Ajarkan pada Anak

Ada banyak manfaat memiliki hewan peliharaan bagi anak, mulai dari menjadi teman bermain hingga membantu perkembangan otaknya. Namun orang tua seringkali melarang hal ini karena tidak mau repot untuk mengurusi segala keperluan si hewan peliharaan.

Sebagai solusi, bunda bisa mengajarkan si kecil untuk membantu bunda mengurusi hewan peliharaan di rumah. Jadi tidak hanya asik bermain saja, si kecil juga bisa belajar bertanggung jawab mulai dari hal-hal yang kecil.

Nah, setelah mengabulkan permintaan si kecil untuk memiliki hewan peliharaan, bunda bisa menerapkan beberapa aturan untuk merawat hewan tersebut seperti contoh berikut ini.

1. Membuat atau membeli kandang yang nyaman


Saat memiliki hewan peliharaan, sangat dianjurkan untuk tidak membawanya tidur di tempat yang sama dengan si kecil. Untuk itu anak bisa diajak untuk membuat kandang yang nyaman untuk hewan peliharaannya.

Bila tidak mau repot, kini ada banyak kandang hewan jadi yang bisa bunda gunakan. Pastikan saat membeli, bunda sudah menyesuaikan dengan ukuran, berat, dan tipe peliharaan bunda tersebut. Bunda juga bisa membeli kandang yang lebih besar untuk menjaga saat hewan peliharaan bertambah besar dan memberinya ruang gerak yang lebih leluasa.

Si kecil pun bisa bunda ajak agar ia mengenal tempat peliharaan khusus untuk hewan dan memilih kandang dengan corak favoritnya sendiri.

2. Menjaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang jadi hal yang penting saat memelihara hewan di rumah. Tidak hanya membuat hewan tersebut nyaman, kebersihan kandang juga penting agar tempat tersebut tidak dipenuhi kuman yang membuat hewan terjangkit penyakit.

Untuk membersihkannya, bunda bisa mengajak si kecil untuk mengelap kandang dan membersihkan perlengkapan serta mainan yang digunakan oleh hewan peliharaan.

Tidak ketinggalan, lakukan pembersihan secara menyeluruh setiap beberapa minggu atau sebulan sekali.

3. Memberi makanan secara teratur

Tidak melulu diajak main, si kecil juga bisa diajarkan untuk memberikan makan secara teratur pada hewan peliharaannya. Bunda bisa mengenalkannya pada makanan hewan dan mengajarinya cara memberi makan yang baik dan benar.

Namun hati-hati agar tidak salah memberikan makan pada hewan peliharaan. Jika makan terlalu banyak, hewan bisa juga lho mengalami obesitas yang dapat membatasi pergerakannya.

4. Ajak hewan peliharaan berjalan-jalan


Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga bisa merasa bosan bila terus berada di dalam rumah, terutama hewan-hewan besar seperti kucing atau anjing. Karena itulah, bunda bisa mencontohkan pada anak bagaimana caranya mengajak hewan peliharaan berjalan-jalan di area terbuka.

Tidak perlu pergi ke tempat yang luas seperti lapangan, bunda dan si kecil bisa melakukan hal ini di lingkungan sekitar rumah. Selain mengurangi stres, hal ini juga bisa melatih fisik hewan dan mempererat hubungan si kecil dan hewan peliharaannya.

Bila hewan peliharaan yang bunda miliki tergolong lincah, bunda bisa menggunakan perlengkapan khusus untuk membatasi geraknya seperi pet carrier atau tali tuntun.

5. Ajak berkomunikasi

Saat memiliki hewan peliharaan, jangan sampai bunda dan si kecil mengacuhkannya di rumah. Bagaimanapun mereka adalah makhluk hidup yang juga butuh kasih sayang dari sekitarnya.

Selain mengajaknya bermain, si kecil juga bisa diajarkan untuk selalu berkomunikasi dengan hewan peliharaannya. Dengan begitu ia bisa meningkatkan bonding dan nantinya hewan akan lebih mudah untuk dikendalikan.

6. Periksakan kesehatannya

Hewan peliharaan juga memiliki masalah kesehatannya sendiri. Saat melihat ada yang tidak beres pada hewan tersebut, bunda bisa mengajak si kecil untuk membawa peliharaan ke dokter hewan.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan,bunda juga bisa melakukan vaksinasi hewan secara rutin. Dengan begitu hewan peliharaan akan lebih kebal terhadap penyakit dan menghindari perawatan yang lebih mahal.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama