9 Camilan di Malam Hari yang Tidak Bikin Gemuk

Ada kalanya menjelang tidur kita merasa lapar sehingga sulit untuk memejamkan mata. Tidak jarang kita juga bangun di malam hari karena perut yang bunyi keroncongan.

Hal ini sebenarnya bukan masalah besar karena perut bisa diisi dengan makanan untuk membuatnya kenyang. Namun makan di malam hari sebelum tidur bisa membuat tubuh semakin melebar.

Untungnya ada beberapa makanan ringan yang bisa disantap tanpa khawatir akan membuat berat badan naik. Jika bunda butuh rekomendasi, berikut adalah beberapa camilan di malam hari yang tidak bikin gemuk.

1. Yogurt

yogurt jadi camilan di malam hari yang tidak bikin gemuk

Sama seperti susu, yogurt adalah salah satu makanan sumber protein. Selain baik untuk tulang, kalsium juga diklaim mampu memperbaiki kualitas tidur serta menjadi sumber trytophan.

Tidak hanya itu, yogurt juga kaya protein yang mampu membuat bunda merasa lebih kenyang saat mengkonsumsinya. Malah mengkonsumsi casein yang terdapat pada yougurt juga bisa membuat bunda kenyang lebih lama hingga keesokan harinya.

Jika bunda ingin nyemil yogurt di malam hari, sangat dianjurkan untuk memilih varian plain tanpa rasa. Jika bunda ingin menambahkan rasa manis, buah beri jadi pendamping yang cocok untuk camilan sehat bunda di malam hari.

2. Kacang-Kacangan

Hampir semua jenis kacang-kacangan memiliki kandungan protein dan serat yang tinggi sehingga membuat bunda merasa lebih cepat kenyang tanpa menambah asupan kalori secara drastis.

Salah satu jenis kacang-kacangan yang bis jaci camilan malam bunda adalah edamame. Kacang khas Jepang ini dikenal memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Setengah cangkir edamame bahkan mampu memenuhi kebutuhan serat, protein, serta beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh setiap harinya.

Untuk mengkonsumsinya, bunda bisa merebus edamame. Namun pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak garam yang malah bisa memberi efek negatif pada tubuh bila dikonsumsi sebelum tidur.

3. Oatmeal

Bila bunda terlalu lapar di malam hari, rasanya camilan saja masih kurang cukup untuk mengenyangkan perut. Untuk itu bunda bisa coba mengkonsumsi oatmeal.

Berdasarkan beberapa studi, sereal yang terbuat dari gandum seperti oatmeal diklaim mampu membuat bunda merasa lebih kenyang dibanding sereal lainnya. Selain itu sereal gandum terdiri dari karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna tubuh sehingga bunda akan merasa kenyang lebih lama.

Untuk mengkonsumsinya, bunda bisa mencampurkan oatmeal dengan susu rendah lemak. Agar lebih manis, bunda bisa menambahkan potongan buah atau madu murni ke dalamnya.

4. Roti Gandum

Selain sereal, olahan gandum lain yang juga bisa jadi camilan bunda di malam hari adalah roti gandum. Selain lebih mengenyangkan, roti gandum juga jadi salah satu makanan kaya serat namun rendah karbohidrat sehingga cocok dikonsumsi tanpa merusak diet bunda.

Untuk mengkonsumsinya, bunda bisa memakannya langsung, menambahkan selai kacang, atau menjadikannya sandwich dengan isian sayur dan telur.

5. Jagung Manis

Camilan malam sehat selanjutnya adalah jagung manis. Makanan ini aman dikonsumsi di malam hari dan tidak membuat gemuk karena kadar lemaknya yang rendah. Tidak hanya membuat tubuh merasa kenyang, mengkonsumsi jagung manis juga bisa membuat tidur lebih nyenyak lho!

6. Popcorn

popcorn jadi camilan malam hari yang cocok untuk diet

Selain direbus, jagung juga bisa dijadikan popcorn untuk jadi cemilan bunda di malam hari. Sama seperti jagung, popcorn juga mengandung serat yang tinggi sehingga mampu membuat bunda kenyang lebih lama dan baik untuk saluran pencernaan.

Jika membeli popcorn jadi, pastikan bunda memilih popcorn yang memiliki label rendah lemak dan tanpa rasa. Jika membuatnya sendiri, sangat dianjurkan bagi bunda untuk membatasi penggunaan mentega dan garam saat membuatnya.

7. Alpukat

Buah jadi salah satu camilan sehat yang aman dikonsumsi kapan saja. Salah satunya adalah alpukat yang banyak mengandung lemak baik, yang tidak hanya baik untuk kesehatan tapi juga membuat perut lebih kenyang.

Tidak hanya itu, alpukat juga kaya akan beragam nutrisi penting mulai dari vitamin E hingga asam folat. Jadi selain meredakan rasa lapar, kandungan nutrisinya juga bisa membuat bunda lebih sehat.

8. Pisang

Buah lain yang bisa jadi camilan sehat bunda di malam hari adalah pisang. Salah satu manfaat pisang adalah membuat perut kenyang lebih cepat berkat kandungan karbohidrat dan potasium di dalamnya. Selain itu pisang juga mengandung banyak gula alami yang cocok untuk bunda yang ingin mengkonsumsi makanan manis di malam hari.

9. Telur Rebus

Makanan lain yang tidak kalah mengenyangkannya adalah telur rebus. Kadar proteinnya yang tinggi membuat telur dapat membantu mengenyangkan perut bunda. Tapi tidak cuma itu, telur juga bisa jadi sumber melatonin. Melatonin sendiri merupakan hormon yang berperan dalam menimbulkan kantung dan mengatur irama tidur alami (ritme sirkadian) bunda. Jadi tidak hanya mengenyangkan, telur rebus juga bisa membantu bunda tidur lebih baik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama