Kenali Bahaya Membunyikan Jari Tangan Saat Pegal

Saat tangan dan jari tangan terasa pegal, hal yang paling mengasyikan adalah membunyikannya sampai muncul suara 'kretek'.

Meski tidak ada hubungannya dengan kesehatan, membunyikan tangan seperti ini seolah membuat tangan kaku kembali lemas dan membuat tubuh terasa lebih rileks.

Sayangnya ada banyak klaim bahwa hal ini sebenarnya bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Jika bunda termasuk orang yang sering mengkretekkan jari tangan, kenali dulu yuk bahayanya!

bahaya membunyikan jari tangan

Kenapa Jari Tangan Bisa Dibunyikan?

Penasaran gak sih kenapa jari-jari tangan kita bisa menimbulkan bunyi?

Jadi pada setiap sendi terdapat kantung kecil yang berisi cairan sendi atau sinoval. jari-jari tangan juga memiliki kantung ini pada setiap sambungannya.

Fungsi dari cairan tersebut adalah sebagai pelumas sehingga sendi tidak bergesekan langsung dan menyebabkan cedera.

Nah, saat kita meremas jari-jari tangan atau menggerakannya secara ekstrim, volume pada rongga tersebut juga akan ikut berubah. Hal ini akan mempengaruhi tekanan pada cairan di kantung sendi tersebut sehingga muncullah bunyi yang bunda kenal selama ini.

Bahaya Membunyikan Jari Tangan

Satu fakta yang selama ini beredar, membunyikan jari-jari tangan dapat meningkatkan risiko radang sendi. Padahal belum ada penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Meski begitu membunyikan jari tangan bisa memperparah kondisi penderita radang sendi. Risiko untuk mengalami radang sendi pun dapat meningkat bila pada penyakit ini menurun di keluarga bunda.

Walaupun cukup aman, ada baiknya bila bunda tidak terlalu sering melakukannya. Menggemeretakan jari-jari tangan terlalu sering bisa saja meningkatkan risiko cedera pada otot dan ligamen pada sendi.

Kalau sudah terjadi seperti itu, jari-jari akan cedera dan butuh waktu lama untuk sembuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama