6 Manfaat Berkunjung ke Museum untuk Anak

Saat ngomongin jalan-jalan bersama anak, biasanya orang tua akan lebih mengingat mall atau destinasi wisata ramah anak lainnya. Padahal selain tempt-tempat tersebut, bunda juga bisa lho mengajak akan ke berbagai museum yang tersebar di banyak kota di Indonesia.

Berbeda dengan tempat wisata pada umumnya, museum memang kebanyakan tidak memiliki wahana seru yang bisa dinaiki anak. Meski begitu, mengunjungi museum memiliki banyak manfaat yang tidak bisa bunda dapat di tempat rekreasi lainnya.

Nah, jika bunda ingin menjelajahi tempat baru untuk si kecil, coba deh ajak mereka ke museum. Selain menambah pengetahuannya, anak juga bisa mendapatkan manfaat lain sebagai berikut.

manfaat mengunjungi museum untuk anak

1. Menambah Pengetahuan

Manfaat terbesar yang bisa diambil saat mengajak anak ke museum adalah untuk menambah wawasannya. Di museum, si kecil dapat melihat berbagai koleksi benda lengkap dengan keterangan singkat mengenai sejarah, cara pemakaian, dan berbagai info menarik lainnya. Koleksi benda yang dipajang pun bukanlah barang yang mudah ditemui. Jadi si kecil bisa menambah wawasan baru dan pengetahuan yang berbeda pada setiap museum.

2. Referensi Visual

Kebanyakan pelajaran yang didapat anak di sekolah hanya berupa teori saja, terutama saat mereka masih duduk di bangku sekolah dasar. Meski kadang ada praktik atau alat peraga, hal tersebut masih sangat terbatas. Padahal hal ini cukup penting agar anak dapat membayangkan dan menangkap pelajaran dengan jauh lebih baik.

Untuk mendapatkan referensi visual yang dibutuhkan, bunda bisa mengajak anak ke museum. Berbagai museum menyimpan benda-benda asli yang mungkin hanya bisa dilihat di buku pelajaran anak. Melihatnya secara langsung tentu akan membuat anak lebih bersemangat dan menjadi petunjuk visual yang baik agar anak dapat mengingat pelajaran lebih lama.

Tidak hanya melihat-lihat saja, beberapa museum juga memungkinkan anak untuk melakukan praktik seperti musem sains di mana anak bisa mencoba beberapa eksperimen menarik yang bisa menjadi salah satu cara menarik untuk mengenalkan sains pada anak sejak dini.

3. Merangsang Rasa Ingin Tahu dan Imajinasi Anak

Museum penuh dengan benda-benda langka yang pastinya baru untuk si kecil. Selain itu info singkat yang diberikan juga bisa menjadi pengetahuan baru bagi mereka.

Pada sebuah museum, si kecil bisa mnyimak peristiwa bersejarah di masa lampau. Di museum lainnya, si kecil bisa belajar mengenai alam semesta dan melihatnya secara langsung. Semua hal ini bisa merangsang imajinasi serta rasa ingin tahu si kecil untuk mencari dan menggali informasi baru yang mereka dapat secara mendalam.

4. Membantu Menemukan Minat Anak

Setiap museum memiliki tema masing-masing dan menyesuaikan koleksi mereka berdasarkan tema tersebut. Makanya di Museum Dirgantara, si anak bisa melihat semua hal yang berhubungan dengan tentara. Sementara di Museum Geologi atau Sky World kita bisa melihat berbagai hal yang berhubungan dengan sejarah kehidupan masa lampau dan sains.

Tema yang berbeda-beda pada setiap museum bisa membantu bunda untuk menemukan minat anak. Beberapa anak mungkin akan lebih menyukai museum yang satu dibanding museum lainnya. Dengan begitu bunda bisa fokus untuk menggali lebih dalam bakat si kecil berdasarkan minat mereka.

5. Belajar Sejarah Masa Lalu

Museum menyediakan anak beragam benda serta ilustrasi peristiwa yang terjadi di masa lalu. Hal ini bisa menjadi cara bagi anak untuk melihat kehidupan di masa lalu serta beberapa peristiwa penting yang mengubah sejarah dunia.

Tidak hanya itu, anak juga bisa menyaksikan perkembangan teknologi dari masa ke masa dan melihat bagaimana cara orang di zaman tersebut melakukan sesuatu yang biasa dilakukan saat ini.

6. Mempererat Hubungan dengan Anak

Selain melihat koleski museum dan menambah pengetahuan anak, mengunjungi museum juga bisa jadi cara bunda untuk mempererat hubungan dengan si kecil.

Saat berkunjung ke museum, bunda bisa melihat-lihat sambil berdiskusi mengenai benda-benda yang ada di museum. Selain itu beberapa museum juga menyediakan aktivitas yang bisa dilakukan orang tua dan anak. Dengan begitu tidak hanya anak saja yang akan senang ke museum, tetapi para orang tua juga.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama