Daftar Kebun Binatang dan Akuarium Terbaik di Jakarta

Sebagai kota metropolitan, Kota Jakarta memiliki beragam tempat hiburan, termasuk taman margasatwa seperti kebun binatang atau akuarium yang penuh dengan hewan-hewan menarik.

Salah satu lokasi yang paling populer di Jakarta adalah Kebun Binatang Ragunan. Selain memiliki banyak koleksi hewan dan jadi tempat konservasi, Ragunan juga seringkali digunakan sebagai tempat relaksasi dan kegiatan olahraga.

Namun tahukah bunda bahwa sebenarnya ada cukup banyak tempat seperti kebun binatang dan akuarium yang bisa dikunjungi bersama keluarga tercinta? Bila bunda bertempat tinggal di Jakarta, berikut adalah beberapa tempat wisata yang bisa bunda kunjungi.

1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan di Jakarta

Kebun Binatang Ragunan jadi salah satu kebun binatang terbaik di Indonesia sekaligus tempat wisata terpopuler di Jakarta. Kebun binatang yang berlokasi di wilayah Jakarta Selatan ini memiliki beragam koleksi hewan eksotis mulai dari beragam jenis primata, jerapah, gajah, dan masih banyak lagi.

Lokasinya yang mudah dijangkau serta luasnya wilayah ragunan membuat kebun binatang ini sering dijadikan tempat relaksasi serta kegiatan olahraga. Apalagi di dalamnya terdapat beragam wahana yang bisa dinaiki si kecil, serta tempat penyewaan sepeda bagi bunda yang ingin berkeliling di tempat ini.

Tidak cuma itu, harga tiket masuknya pun tergolong murah. Makanya tempat ini hampir selalu ramai pengunjung setiap harinya.

2. Sea World Indonesia

Sea World Indonesia adalah salah satu wahana yang berada di dalam Taman Impian Jaya Ancol yang berlokasi di Jakarta Utara. Di sini bunda bisa mengajak si kecil untuk melihat beragam biota laut serta beberapa ikan air tawar eksotis seperti piranha dan arapaima gigas.

Lokasinya yang berada di dalam bangunan membuat akuarium raksasa ini mudah dikunjungi kapan saja. Suasananya yang sejuk pun membuat bunda bisa berlama-lama di tempat ini.

Tidak hanya melihat-lihat hewan air, bunda pun bisa menikmati atraksi yang disediakan. Selain itu tersedia pula toko cinderamata yang terletak di pintu keluar bila bunda ingin membeli oleh-oleh sebagai kenangan.

3. Faunaland Ancol

Mungkin belum banyak yang tahu bila ada kebun binatang di Jakarta selain Ragunan yang bisa bunda kunjungi. Salah satunya adalah Faunaland Ancol yang berlokasi di kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Meski lokasinya lebih kecil, bunda dan keluarga bisa melihat beragam satwa eksotis dan endemik seperti singa putih Afrika, kangguru pohon Papua, kucing emas Sumatera, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, lokasinya yang bersih dan asri pun membuat kebun binatang ini asik dikunjungi untuk melepas penat. Selain berjalan kaki, bund ajuga bisa menaiki Safari River Cruise dan berkeliling kebun binatang dengan perahu motor.

4. Ocean Dream Samudra Ancol

Masih dari kawasan Taman Impian Jaya Ancol, bunda juga bisa mengunjungi Ocean Dream Samudra yang dahulu bernama Gelanggang Samudra Ancol. Di sini bunda dan si kecil bisa melihat pertunjukan hewan seperti kakak tua, beruang madu, singa laut, atau berang-berang. Selain itu ada pula underwater show yang akan menampilkan atraksi lumba-lumba yang pintar.

Tidak cuma melihat-lihat hewan, di sini juga terdapat berbagai wahana yang pastinya seru seperti tempat bermain anak, bumper car, dan 4D theater. Bunda pun bisa mengajak si kecil untuk menyaksikan atraksi bajak laut di water stuntman show.

5. Jakarta Aquarium & Safari

jakarta akuarium di jakarta barat

Jakarta Aquarium terletak di dalam Neo Soho Mall di Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Tepatnya di Lantai LG101-LGM101. Tempat wisata ini sendiri berada di bawah naungan Taman Safari Indonesia dan bekerja sama dengan Aquaria KLCC di Malaysia.

Di tempat seluas 1 hektar ini, bunda bisa melihat akuarium indoor terbesar di Indonesia. Jakarta Akuarium & Safari menyediakan 3,500 spesies hewan akuatik dan non-akuatik. Selain itu di sini bunda juga bisa berinteraksi langsung serta memberi makan hewan sambil dipandu oleh penjaga hewan berpengalaman.

Tidak hanya itu, masih ada banyak keseruan lain seperti otter tunnel, aqua trekking, wahana teater 5D, teater bawah air, hingga membuat ikan sendiri di wahana Create Your Own Fish.


Di tengah padanya kota Jakarta, ternyata tidak sulit untuk menemukan tempat wisata di mana akan dapat melihat dan berinteraksi dengan hewan. Kebun wisata di Jakarta selain Ragunan pun cukup banyak dan bisa dijangkau dengan mudah menggunakan moda trasnportasi yang beragam.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama