9 Manfaat Semangka untuk Kesehatan Tubuh

manfaat buah semangka untuk kesehatan tubuh dan ibu hamil

Semangka jadi salah satu buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Buah berwarna hijau dan berdaging merah (atau kuning) ini menjadi santapan yang menyegarkan, terutama di musim panas. Tapi tidak hanya enak, semangka juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan lho bun!

Kandungan Nutrisi Semangka

Sebagian besar semangka terdiri dari air dan karbohidrat, serta memiliki kalori yang rendah. Mengutip dari Healthline, setiap 100 gram semangka mengandung beberapa kandungan nutrisi sebagai berikut.

  • Kalori: 30
  • Air: 90%
  • Protein: 0,6 gram
  • Karbohidrat: 7,6 gram
  • Gula: 6,2 gram
  • Serat 0,4 gram
  • Lemak: 0,2 gram

Tidak hanya itu, semangka juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti Vitamin A, B5, C, Potasium, dan tembaga.

Satu hal yang penting untuk diketahui, semangka memiliki nilai glikemik indeks yang cukup tinggi. Meski begitu kandungan karbonya yang rendah membuat buah ini tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis.

Manfaat Buah Semangka

1. Mencegah dehidrasi

Kandungan semangka yang 90 persen lebih terdiri dari air membuat buah segar ini cocok untuk mengusir rasa haus dan mencegah dehidrasi. Tidak hanya melepas dahaga, kandungan nutrisi di dalamnya juga bisa membantu bunda memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral harian.

2. Mengurangi gejala morning sickness

Ibu hamil yang mengalami morning sickness di pagi hari bisa mengurangi gejalanya dengan mengkonsumsi semangka, baik dimakan langsung atau dalam bentuk jus.

Selain mengobati morning sickness, semangka juga bisa membantu melancarkan urine dan cocok untuk bunda yang mengalami gejala susah buang air kecil selama masa kehamilan.

3. Mengatasi sembelit

Manfaat semangka lain yang bisa didapat oleh ibu hamil adalah untuk mengatasi sembelit yang seringkali muncul saat kehamilan. Mengkonsumsi semangka dapat membantu meningkatkan gerakan usus dan membuat saluran pencernaan bekerja dengan baik.

4. Meningkatkan sistem imun tubuh

Pada semangka terdapat kandungan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh serta melindungi tubuh dari peradangan dan infeksi. Salah satunya adalah likopen yang dapat melindungi tubuh dari beragam penyakit, termasuk kanker dan penyakit kardiovaskular.

Tidak hanya itu, semangka juga mengandung vitamin A, B5 dan C yang juga baik untuk kesehatan tubuh, kulit, serta mata.

5. Menurunkan tekanan darah

Semangka, terutama pada bagian daging yang dekat dengan kulitnya, mengandung banyak citrulline yang diperlukan sebagai bahan baku asam amino arginine.

Kedua senyawa tersebut berperan penting daam pembentukan nitric oxide yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan melarutkan dan membuat pembuluh darah rileks.

6. Baik untuk kesehatan mata

Semangka adalah salah satu sumber likopen alami yang kandungannya bahkan lebih tinggi dari tomat. Pada tubuh, salah satu peran likopen adalah untuk membentuk beta karoten yang nantinya diubah menjadi vitamin A. Vitamin A sendiri penting untuk fungsi penglihatan yang baik.

7. Mengurangi kram dan lelah pada otot

Sebuah penelitian menemukan bahwa jus semangka dapat dikonsumsi untuk meredakan rasa lelah pada otot setelah berolahraga. Kandungan citrulline pada semangka dipercaya dapat membuat jaringan otot lebih rileks dan mengurangi ketegangannya.

Tidak hanya itu, semangka juga memberi manfaat yang sama pada ibu hamil. Jika bunda mengalami kram otot selama kehamilan, kandungan mineral dan magnesium pada semangka juga bisa membantu bunda untuk mengurangi rasa sakitnya.

8. Mendetoksifikasi racun

Kandungan air yang tinggi serta banyaknya antioksidan pada buah semangka membuat buah ini baik untuk mendetoksifikasi tubuh dan membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

9. Mencegah pigmentasi kulit pada ibu hamil

Pada beberapa kasus, ibu hamil bisa mengalami pigmentasi kulit akibat kadar hormon yang tidak seimbang. Mengkonsumsi semangka dapat membantu bunda untuk mengatasi hal ini dan mennjaga agar kulit tetap terhidrasi dan sehat.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama