11 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

Rambutan jadi salah satu jenis buah yang mudah dijumpai di negara tropis seperti Indonesia. Bentuknya yang unik dengan rambut membuat buah ini memiliki ciri khas yang jarang ditemui pada buah lainnya.

Rasanya yang manis membuat buah rambutan jadi salah satu buah favorit, tidak hanya untuk dimakan langsung, tapi juga dicampurkan dalam berbagai jenis makanan dan minuman.

Tapi tidak cuma enak, ternyata rambutan juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh dan ibu hamil lho bun!

Manfaat rambutan untuk ibu hamil dan kesehatan

Kandungan Nutrisi Rambutan

Mengutip data dari situs verywellfit.com, rambutan adalah buah yang baik untuk sumber vitamin C, mangan, dan tembaga. Selain itu rambutan (kalengan) juga mengandung berbagai nutrisi sebagai berikut.

  • Kalori: 123
  • Lemak: 0,3 gram
  • Sodium: 16,5 mg
  • Karbohidrat: 31 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Protein: 1 gram
  • Mangan: 0,5 mg
  • Tembaga: 0,1 mg

Tidak hanya itu, rambutan juga mengandung beragam vitamin dan mineral seperti vitamin A & C, kalsium, magnesium, potasium, folat, dan masih banyak lagi.

Manfaat Rambutan

1. Meredakan mual dan pusing pada ibu hamil

Trimester pertama jadi masa-masa yang sulit untuk ibu hamil, salah satunya karena seringnya tubuh mengalami mual dan pusing. Untuk membantu meredakannya, bunda bisa mengkonsumsi buah rambutan.

Rasa manis pada buah rambutan dapat memantu meredakan rasa mual, Jadi mengkonsumsi buah ini dapat membantu bunda untuk membuat perut terasa nyaman di masa awal kehamilan.

2. Mengontrol Tekanan Darah dan Kolesterol

Manfaat buah rambutan lainnya adalah untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengontrol tekanan darah dalam tubuh.

Ibu hamil umumnya mengalami aliran darah yang kurang sempurna sehingga sering mengalami pembengkakan tangan dan kaki (edema) selama proses kehamilan. Jika bunda ingin mengatasi masalah tersebut secara alami, buah rambutan bisa jadi salah satu solusi terbaik.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat pada buah rambutan membuatnya baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, buah ini juga dikenal sebagai salah satu sumber tembaga terbaik yang bisa membantu tubuh bunda memproduksi sel darah putih. Sel darah putih sendiri merupakan komponen penting yang berfungsi untuk melawan mikroorganisme penyebab penyakit.

Bagi ibu hamil, khasiat buah rambutan yang satu ini jelas akan membantu karena ibu hamil umumnya memiliki imunitas yang cukup rendah sehingga rentan terhadap infeksi dan penyakit.

Meski begitu bunda juga perlu mewaspadai beberapa hal, seperti kadar gula buah rambutan yang cukup tinggi dan bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes saat kehamilan (diabetes gestational). Selain itu buah rambutan yang terlalu matang juga memiliki kandungan alkohol yang bisa berbahaya untuk janin dalam kandungan.

4. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat buah rambutan juga mungkin tidak banyak diketahui orang adalah untuk membantu bunda yang sedang dalam program diet dan ingin menurunkan berat badan.

Pada setiap 100 gram buah rambutan terdapat 123 gram kalori dan 1,4 gram serat. Jadi selain memenuhi kebutuhan kalori harian bunda, kandungan seratnya juga mampu memberikan efek kenyang yang lebih lama dan efektif untuk membantu menurunkan berat badan.

5. Membersihkan dan menjaga fungsi ginjal

Ginjal jadi salah satu organ penting dalam tubuh yang salah satu fungsinya adalah untuk menyaring racun. Jika organ ini bermasalah, maka kondisi kesehatan tubuh akan sangat terganggu dan tidak akan mampu bekerja secara optimal.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, bunda bisa mengkonsumsi buah rambutan secara rutin. Kandungan fosfor pada buah rambutan dapat membantu menyaring racun dari dalam tubuh sehingga meringankan beban kerja ginjal.

6. Menurunkan risiko diabetes

Menurut jurnal yang diterbitkan oleh US National Library of Medicine, ekstrak kulit rambutan ternyata bersifat antioksidan dan antiglikasi. Tidak hanya itu, senyawa phenolic yang terdapat pada ekstrak tersebut juga bersifat anti-diabetik yang dapat digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2. Sayangnya percobaan baru dilakukan pada tikus saja, sehingga butuh studi lebih lanjut untuk melihat efek yang sama apda manusia.

7. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan vitamin C yang tinggi pada rambutan juga membuatnya baik untuk menjaga kesehatan jantung. Vitamin C dapat membantu mencegah kerusakan pada dinding pembuluh darah yang dapat berakibat fatal dan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

8. Membantu menjaga kesehatan tulang

Meski jumlahnya sedikit, rambutan ternyata juga mengandung kalsium yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya pengeroposan tulang.

Tidak hanya itu, pada rambutan juga terdapat kalium yang bisa membantu menjaga kepadatan tulang. Adanya kalium akan membuat ekskresi kalsium melalui urin berkurang sehingga jumlahnya dalam tubuh akan tetap terjaga.

9. Menyehatkan saluran pencernaan

Bunda yang mengalami masalah dengan saluran pencernaan dapat mengkonsumsi buah rambutan. Pada buah rambutan terdapat serat yang setengah di antaranya merupakan serat tidak larut. Serat tersebut dapat membantu kinerja usus dan membantu bunda mengatasi sembelit.

Tidak hanya itu, serat larut yang terkandung dalam buah rambutan juga bisa membantu bakteri baik dalam usus yang dapat menyehatkan saluran pencernaan. Meski begitu bunda perlu mengawasi jumlah buah yang dikonsumsi agar bisa mendapatkan manfaat terbaik.

10. Membantu mengatasi infeksi

Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, kandungan vitamin C di dalam buah rambutan juga dapat mendorong produksi sel darah putih yang penting untuk meredakan infeksi. Tidak hanya buahnya, kulit rambutan pun memiliki khasiat yang sama dan sama-sama bisa digunakan untuk melawan infeksi.

11. Mengatasi hipertensi

Darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi yang patut diwaspadai karena bisa jadi penyebab munculnya berbagai penyakit berbahaya. Salah satu solusi alami untuk mengatasi kondisi tersebut adalah dengan mengkonsumsi vitamin C.

Dari beberapa penelitian ditemukan bahwa vitamin C ternyata juga dapat membantu mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah, terutama pada mereka yang mengalami obesitas dan kelebihan berat badan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama