7 Manfaat Yoga untuk Kehamilan

Berolahraga saat hamil memiliki banyak manfaat, tidak hanya secara fisik tapi juga mental. Nah, salah satu olahraga yang paling digemari dan sangat direkomendasikan untuk ibu hamil adalah yoga.

Olahraga yang terkenal dengan teknik relaksasinya ini dapat ditemui dengan mudah di rumah sakit, studio kebugaran hingga komunitas yoga yang berlatih di taman kota. Sebenarnya apa saja manfaat yoga untuk ibu hamil? Mari kita periksa 7 manfaat yoga selama kehamilan.

Manfaat yoga untuk kehamilan

1. Tetap Bugar dan Aktif

Selama kehamilan, Bunda akan mengalami banyak perubahan mulai dari perubahan fisik hingga perubahan hormonal. Dampak dari perubahan umumnya berupa rasa lelah, kram pada kaki, emosi yang tidak stabil dan beberapa lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan selama Bunda bergerak.

Untuk menyiasatinya, bunda bisa lebih banyak bergerak dan berolahraga, salah atunya dengan mengikuti kelas prenatal yoga. Gerakan-gerakan pada yoga dapat membantu ibu hamil untuk beradaptasi dengan perubahan tubuh dan menjaga tubuh tetap bugar untuk hari-hari kehamilan yang menyenangkan.

2. Melatih Area Panggul

Dalam kelas prenatal yoga, bumil akan diajarkan beberapa gerakan khusus yang dapat membantu memperkuat area panggul. Bagian ini memegang peranan penting selama persalinan. Pose-pose tertentu akan berguna untuk membuat otot-otot di area panggul menjadi lebih fleksibel. Gerakan yoga yang paling umum untuk melatih area panggul adalah jongkok dan pose kucing dan sapi.

3. Melatih Pernapasan

Teknik pernapasan tidak hanya berguna saat melahirkan tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari ibu hamil. Di kelas yoga prenatal, Bunda akan belajar teknik pernapasan yang benar yang dapat meningkatkan kualitas napas dengan memaksimalkan asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh.

Saat bernapas dengan baik dengan teknik yoga, Bunda dapat lebih mudah mengontrol diri baik secara fisik maupun emosional. Kontrol nafas yang baik akan membuat ibu hamil lebih tenang, bahkan bisa memanipulasi rasa sakit saat kontraksi menjelang persalinan.

Tak jarang ibu hamil merasa cepat lelah dan nafasnya akan terasa sangat pendek. Masalah ini juga dapat diatasi dengan menggunakan teknik pernapasan yang benar. Selain perubahan kadar hormon, ibu hamil juga cenderung mengalami emosi naik turun, hal ini bisa disiasati dengan mengatur nafas untuk meredam emosi.

4. Membuat tubuh lebih rileks dan mudah beristirahat

Metode meditasi dan relaksasi biasanya diajarkan di kelas yoga untuk ibu hamil. Cara ini berguna untuk menenangkan pikiran dan membuat tubuh terasa lebih rileks. Dengan tubuh yang lebih rileks, Bunda akan lebih mudah beristirahat saat masa kehamilan, terutama pada malam hari. Coba ulangi beberapa gerakan yoga, terutama di bagian relaksasi sesaat sebelum tidur untuk menghindari gejala insomnia yang sering terjadi pada ibu hamil.

5. Mengatasi stres

Kekhawatiran terhadap perkembangan janin, meragukan keselamatan aktivitas yang akan dilakukan dan kecemasan saat mempersiapkan persalinan sangat sering dialami oleh ibu hamil, bahkan banyak yang merasakannya dari awal hingga saat persalinan. Yoga tidak hanya masalah fisik tetapi juga dapat menyentuh pikiran dan menghilangkan stres dan kecemasan.

Pada kelas yoga, Bunda akan diajarkan untuk fokus pada tubuh dan pikiran. Dengan begitu energi yang baik dapat mengalir ke seluruh tubuh. Selain itu, kelas yoga prenatal biasanya juga ditanamkan dengan sugesti positif tentang kehamilan.

6. Sebagai tempat bersosialisasi

Kelas yoga prenatal adalah tempat berkumpulnya ibu hamil. Disini Bunda bisa berbagi cerita dan bertukar informasi tentang kehamilan, bahkan bukan tidak mungkin menjadi tempat untuk mengadu dan mengaktualisasikan diri. Nongkrong dengan sesama ibu hamil dan saling mendengarkan pengalaman dipercaya dapat memberikan sugesti positif dan akan membuat kehamilan lebih menyenangkan. Persahabatan juga dapat dilanjutkan di luar kelas yoga.

7. Memperkuat ikatan antara ibu, ayah dan janin

Banyak kelas yoga prenatal melibatkan calon ayah dalam aktivitas mereka. Jadi Ayah tidak hanya datang menemani dan menunggu ibu hamil saja, tetapi juga ikut terlibat dalam kelas yoga tersebut.

Dengan peran serta para ayah diharapkan dapat mempererat tali silaturrahmi dan dapat saling mendukung dan bekerjasama dalam setiap proses mulai dari kehamilan, persalinan hingga saat bayi lahir. Tak hanya itu, kelas yoga prenatal juga seringkali menyediakan metode khusus agar bunda bisa belajar cara berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama