7 Cara Menidurkan Bayi dengan Cepat dan Tidak Mudah Terbangun

Menidurkan bayi jadi pekerjaan yang susah-susah gampang. Ada kalanya bayi bisa tertidur dengan mudah dan cepat, namun tidak jarang si kecil akan sulit terlelap meski sudah ditidurkan cukup lama.

Salah satu cara paling efektif dalam menidurkan bayi adalah dengan menggendongnya. Namun hal ini kadang menjadi bumerang bagi bunda karena lama-kelamaan si kecil akan sulit tertidur bila tidak berada dalam gendongan bunda.

Nah, agar si kecil bis tertidur lebih cepat tanpa perlu digendong, berikut adalah beberapa tips dan trik yang bisa bunda coba.

Tips menidurkan bayi dengan cepat dan tidak mudah terbangun

Tips Agar Anak Cepat Tidur

1. Meredupkan Lampu

Cara menidurkan anak pertama yang bisa bunda coba adalah dengan meredupkan lampu kamarnya. Saat gelap, tubuh akan mengeluarkan hormon melatonin yang membantu tubuh lebih rileks dan terlelap. Tidak hanya itu, menggelapkan lampu kamar saat si kecil tidur akan membantu tubuhnya untuk mengenali waktu tidur sehingga ia lebih mudah terlelap saat ditidurkan bunda.

2. Tidur sambil Menyusui

Cara yang cukup efektif untuk membuat bayi tertidur dengan mudah adalah dengan menidurkannya sambil memberinya ASI. Namun hati-hati saat melakukannya agar si kecil tidak tersedak saat mulai tertidur, atau tertindih bunda saat ia menyusui.

3. Gunakan Ranjang Ayun

Menggendong dan mengayun si kecil menjadi salah satu cara untuk membuat si kecil rileks. Untuk mendapatkan efek yang sama, bunda bisa menggunakan ranjang khusus bayi yang bisa berayun agar si kecil bisa mudah tertidur tanpa perlu digendong terlalu lama. Si kecil pun bisa langsung tertidur di tempat yang sama dan menghindari risiko terbangun saat bunda memindahkannya dari tangan ke kasur.

4. Memakaikan Bedong

Bayi baru lahir umumnya masih memiliki refleks terkejut yang sangat peka dan membuat mereka dengan mudah tersentak saat merasa kaget, bahkan saat sedang tidur. Karena itulah bayi bisa dengan mudah terbangun saat bunda memindahkan ia dari gendongan tangan ke atas kasur. Untuk mengatasinya, bunda bisa memakaikan bedong untuk mencegahnya tersentak dan terbangun saat mulai tertidur.

5. Hindari Suara Gaduh dan Beri Suara yang Menenangkan

Selain meminimalisir gerakan tiba-tiba, bunda juga bisa membuat bayi lebih cepat terlelap dengan menghindari suara gaduh. Bila perlu, bunda bisa menyanyikan nada yang lembut atau menggumamkan lagu nina bobo agar bayi merasa nyaman dan tenang, sehingga mudah tertidur dengan sendirinya.

6. Jangan Melakukan Kontak Mata

Kontak mata dengan bunda menjadi salah satu stimulus yang akan membuat bayi tetap terjaga. Ketika si kecil mulai mengantuk, ada baiknya bunda tidak melakukan kontak mata agar tidak sengaja membangunkannya.

7. Mengganti Popok Dengan Santai

Menggganti popok selama bayi terlelap umumnya akan membuatnya ikut terbangun. Jadi sebelum tidur, jangan lupa untuk memakaikannya popok baru agar bunda tidak perlu repot menggantinya saat ia tidur. Jika si kecil buang air besar, bunda bisa menggunakan lap air hangat agar ia tidak kaget saat bersentuhan dengan air dingin atau tisu basah.


Mengayun-ayun dan menggendongnya biasanya jadi cara paling efektif untuk membuatnya tertidur, namun lama-kelamaan bunda bisa kerepotan karena bayi hanya mau ditidurkan dengan cara tersebut. Untungnya masih ada beberapa tips menidurkan bayi yang bisa bunda coba di rumah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama