7 Pantangan Ibu Hamil Muda di Trimester Pertama Kehamilan

Salah satu masa yang paling ditunggu oleh pasangan yang baru menikah adalah kehamilan. Tahap ini merupakan salah satu tahapan baru yang harus dilalui bersama agar janin dalam kandungan selalu sehat hingga lahir. Tapi ahu gak sih bun? Ada beberapa pantangan ibu hamil muda selama trimester pertama kehamilan yang harus bunda hindari! Hal ini akan berguna agar si kecil tetap sehat dan terhindar dari segala resiko bahaya selama kehamilan

pantangan ibu hamil muda di trimester kehamilan

Larangan Saat Hamil di Trimester Pertama

Ada banyak hal yang biasanya boleh dilakukan, namun dianjurkan untuk dihindari selama masa awal kehamilan. Salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat seperti begadang, minum minumaan berkafein tinggi, merokok atau minum alkohol. Tentunya tindakan ini harus dihindari agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga hingga proses persalinan.

Tapi ternyata bukan itu saja, berikut beberapa larangan saat hamil trimester pertama yang wajib bunda ketahui.

1. Mengkonsumsi makanan mentah

Makanan mentah atau setengah matang, termasuk daging, telur, atau makanan laut, berisiko terkontaminasi bakteri dan menyebabkan berbagai penyakit seperti listeriosis, toksoplasmosis, dan salmonellosis. Bakteri ini dapat membahayakan kesehatan ibu dan janin, seperti cacat lahir bahkan keguguran.

Jadi, selama trimester pertama kehamilan ini, bunda sangat dianjurkan untuk makan makanan yang dimasak dengan sempurna. Bagi yang suka sushi atau sashimi yang disajikan secara mentah, lebih baik dihindari dulu!

2. Makan dalam porsi besar

Selain tidak makan makanan mentah, bunda juga dianjurkan untuk menjaga porsi makan selama hamil muda. Makan dalam porsi yang besar dapat memicu mual dan muntah yang bisa berdampak negatif terhadap tubuh bunda. Selain itu bunda juga mungkin perlu menghindari makanan yang berbau tajam yang bisa memicu efek yang sama.

Jadi selama hamil muda, pastikan bunda tetap menjaga porsi makan. Bunda bisa menyajikan makanan dalam porsi kecil yang dimakan lebih sering.

3. Memakan buah-buahan tertentu

Meski buah umumnya sangat baik dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, ada beberapa buah-buahan yang baiknya dihindari oleh ibu hamil muda. Beberapa buah yang patut dihindari antara lain nanas dan durian.

Pada nanas terdapat zat yang bersifat abortivum yang dapat menyebabkan kontraksi pada kandungan bila dikonsumsi secara berlebih. Pada trimester awal kehamilan di mana kandungan masih sangat lemah, zat tersebut bisa berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan keguguran.

Untuk durian sendiri, selain memiliki bau yang bisa memicu mual juga mengandung alkohol yang lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Hal ini bisa membuat tubuh terasa panas dan sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara berlebihan oleh ibu hamil.

4. Mengkonsumsi obat sembarangan

Ketika bunda sedang hamil, bunda tidak bisa minum obat sembarangan. Beberapa obat yang mungkin biasa bunda konsumsi bisa saja mengganggu perkembangan janin yang ada dalam kandungan. Nah, jika bunda mengalami gejala sakit, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat khusus untuk ibu hamil.

5. Latihan/Olahraga berat

Olahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, namun selama kehamilan trimester pertama ini ada baiknya bunda hanya melakukan olahraga ringan dengan intensitas yang cukup. Jika bunda terlalu ekstrim dalam berolahraga, hal tersebut bisa berakibat fatal bagi ibu dan janin, seperti pendarahan bahkan menyebabkan keguguran

Untuk mendapatkan olahraga yang tepat selama kehamilan trimester pertama, bunda bisa menyesuaikan dengan kondisi fisik bunda atau berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter.

6. Membersihkan kotoran hewan

Tidak ada larangan memelihara hewan saat hamil, tetapi jagalah kebersihannya. Nah, soal membersihkan kotoran, bunda bisa meminta oranga lain untuk melakukannya. Pada kotoran hewan sendiri terdapat parasit yang dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin, seperti Toxoplasma gondii yang banyak ditemukan pada kotoran kucing

Untuk mengurangi rasa khawatir, bunda bisa melakukan tes darah untuk menghindari apakah bunda terkena parasit ini selama trimester pertama kehamilan. Semakin cepat diketahui, tentunya pengobatan juga akan lebih tepat dan cepat oleh dokter.

7. Berendam dalam air panas

Mengutip dari situs Halo Sehat, mandi air hangat atau berendam di sauna bisa membuat bunda berisiko kepanasan, dehidrasi, dan pingsan bahkan bisa memengaruhi perkembangan janin. Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa risiko keguguran berlipat ganda pada wanita yang melakukan sauna atau mandi air panas saat hamil.


Nah, itulah larangan yang harus bunda hindari untuk menjaga kesehatan janin di trimester pertama kehamilan ini. Jangan terlalu lelah dan pastikan untuk selalu makan makanan yang sehat. Selain itu lakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan atau bidan mengenai kesehatan si kecil dalam kandungan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama