10 Manfaat Bayam untuk Kesehatan Tubuh

Bayam jadi salah satu jenis sayuran yang umum dihidangkan. Selain murah, bayam pun mudah diolah dan bisa dibuat menjadi santapan yang lezat. Tapi tidak cuma itu, bayam pun ternyata memiliki kandungan gizi yang luar biasa dan bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan bunda dan keluarga.

Kandungan Nutrisi Bayam

Manfaat bayam untuk kesehatan tubuh

Melansir situs healthline.com, setiap 100 gram bayam mentah memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut.

  • Calories: 23
  • Water: 91%
  • Protein: 2.9 grams
  • Carbs: 3.6 grams
  • Sugar: 0.4 grams
  • Fiber: 2.2 grams
  • Fat: 0.4 grams

Tidak cuma itu, bayam pun banyak mengandung serat, zat besi, kalsium, asam folat, serta magnesium yang diperlukan oleh tubuh. Selain itu bayam juga mendanung banyak vitamin A, C, dan K1, serta B6, B9, dan E.

Manfaat Bayam

1. Memelihara kesehatan mata

Vitamin A adalah salah satu nutrisi penting untuk mata. Selain menjaga kornea agar tetap jernih, vitamin A juga mengandung komponen rhodopsin yang dapat membantu mata untuk bekerja secara maksimal dalam kondisi penerangan yang redup.

Kekurangan vitamin A dapat membuat mata kering. Pada kasus yang lebih parah, kekurangan vitamin A bisa menyebabkan penyakit xerophthalmia yang bisa berujung pada kebutaan.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, bayam menjadi salah satu sayuran yang bisa bunda konsumsi secara rutin. Selain kaya vitamin A, bayam juga mengandung zeaxanthin dan lutein yang dapat melindungi mata dari berbagai gangguan mata seperti katarak, rabun senja dan degenerasi makula

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Vitamin jadi salah satu komponen penting yang dapat membantu bunda untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Untungnya vitamin dapat ditemukan dengan mudah, termasuk dari sayuran yang bunda konsumsi.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian, bunda bisa mengkonsumsi bayam yang mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin A dan C, asam folat, serta magnesium yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

3. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi menjadi salah satu penyebab utama masalah jantung. Agar tekanan darah tetap dalam batas normal, bayam jadi salah satu makanan yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Pada bayam terdapat nitrat yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Selain itu bayam juga kaya akan folat dan kalium yang dapat melemaskan pembuluh darah.

Dengan begitu tekanan darah akan kembali normal dan bunda pun bisa terhindar dari penyakit jantung.

4. Mencegah kanker

Manfaat bayam lain yang mungkin tidak disangka adalah untuk mencegah kanker.

Pada bayam terdapat beta karoten dan vitamin C yang berfungsi sebagai pelindung terhadap perkembangan sel kanker. Kedua zat antioksidan tersebut juga berperan untuk mencegah stres oksidatif yang menjadi salah satu pemicu kanker.

Tidak hanya itu, bayam juga punya kandungan klorofil yang berperan penting sebagai penahan efek karsinogenik dari amina heterosilik.

Dari sebuah penelitian juga ditemukan bahwa bayam mengandung zat yang disebut sulfoquinovosyl diacylglycerol (SQDG) dan monogalactosyl diacylglycerol (MGDG). Kedua zat terbukti mampu mencegah dan menghambat munculnya kanker prostat, kanker payudara, dan tumor serviks

5. Baik untuk penderita diabetes

Manfaat bayam lainnya yang tidak kalah hebatnya adalah baik untuk mengendalikan penyakit diabetes.

Pada bayam terdapat kandungan antioksidan asam alfa-lipoat yang terbukti secara ilmiah mampu menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin. Dari penelitian pun terbukti bahwa zat ini mampu menekan dampak stres oksidatif, serta menurunkan risiko neuropati perifer dan otonom pada pasien diabetes.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan nutrisi bayam baik untuk menjaga kesehatan kulit

Menjaga kesehatan kulit bisa dilakukan dengan mudah dengan mengkonsumsi bayam hijau. Bayam memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi yang mampu menjaga dan melindungi kesehatan kulit dari paparan radikal bebas, serta membantu kulit dari gejala penuaan dini.

Tidak cuma itu, kandungan asam folat pada bayam juga baik untuk kesehatan kulit. Vitamin A pada bayam juga dapat membantu mengontrol produksi minyak pada kulit.

7. Mencegah asma

Kandungan beta karoten pada bayam membuatnya baik untuk membantu bunda mencegah asma.

Mengutip situs medicalnewstoday.com, sebuah studi dilakukan pada 433 anak penderita asma berusia 6-18 tahun, serta 537 anak tanpa gejala asma. Dari penelitaian tersebut ditemukan bahwa konsumsi beberapa nutrisi tertentu seperti beta karoten ternyata dapat menurunkan risiko asma pada peserta.

8. Mengurangi risiko anemia

Zat besi diperlukan tubuh untuk mengurangi risiko anemia. Adanya zat besi membuat tubuh memproduksi hemoglobin yang cukup untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Bayam adalah salah satu makanan sumber zat besi yang tinggi pastinya akan cocok untuk penderita anemia. Namun kandungan oksalat yang tinggi membuat bunda harus sedikit mengakali konsumsi bayam dengan makanan kaya vitamin C agar penyerapan zat besi bisa berjalan optimal.

9. Menyehatkan tulang

Manfaat bayam lainnya adalah untuk membantu memperkuat tulang. Hal ini didapat berkat kandungan kalsium, megnesium dan vitamin K yang tinggi pada bayam.

Kalsium adalah zat yang berguna untuk menjaga kepadatan tulang tinggi. Selain itu kalsium juga penting untuk mengurangi risiko osteoporosis atau tulang rapuh.

Vitamin K sendiri berperan penting dalam pembentukan protein tulang. Selain itu vitamin ini juga dapat membantu penyerapan kalsium pada tulang.

Terakhir, magnesium juga baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kekurangan zat ini dapat meyebabkan osteoporosis, baik secara langsung maupun tidak langsung.

10. Baik untuk Ibu Hamil

Terakhir, bayam akan sangat baik dikonsumsi dan membawa banyak manfaat untuk ibu hamil.

Kandungan asam folatnya baik untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi dalam kandungan. Selain itu asam folat juga baik untuk mencegah cacat lahir dan risiko preeklamsia.


Meski murah meriah, bayam memiliki banyak kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi bayam, bunda dan keluarga pun bisa mendapatkan banyak manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama