9 Manfaat Air Beras untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Wanita

Mungkin tidak banyak yang menyangka bahwa solusi sederhana seperti air beras ternyata punya banyak manfaat baik untuk kecantikan Bunda. Setelah diteliti, ternyata air beras kaya akan vitamin, mineral, dan asam amino yang penting untuk menjaga kulit yang sehat dan indah.

Tidak cuma itu, air beras juga mengandung asam ferulic antioksidan yang bergizi, serta allantoin, senyawa organik yang membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit. Air beras pun mengandung inositol, karbohidrat yang membantu memperkuat rambut Bunda dan mengurangi gesekan permukaan.

Makanya tidak heran jika air beras digunakan sejak lama sebagai produk kecantikan di beberapa negara Asia. Produk kecantikan pun kini banyak yang menggunakan ekstrak beras sebagai komponen pembuatannya.

Lalu kira-kira apa saja sih manfaat air beras untuk kecantikan kulit dan rambut Bunda?

Manfaat air beras untuk kecantikan kulit dan rambut wanita

Manfaat Air Beras

1. Meredakan jerawat dan dermatitis

Efek menenangkan dari air beras menjadikannya pengobatan yang bagus untuk jerawat. Air beras dapat membantu mengurangi kemerahan akibat iritasi dan akan membantu mencegah jerawat muncul kembali.

2. Facial toner alami

Air beras menjadi alternatif toner dari bahan alami yang bagus!

Cukup tuangkan sedikit air beras ke kapas lalu oleskan ke kulit yang sudah dicuci bersih. Hal ini dapat membantu mengencangkan kulit dan meminimalkan pori-pori, menjaga kulit Bunda tetap halus dan cerah.

3. Mengobati eksim

Kandungan tepung dari air beras bisa sangat berguna untuk meredakan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh eksim. Cukup celupkan kain lap bersih ke dalam air beras, lalu tepuk kain lembab tersebut di atas area kulit yang terkena eksim. Lanjutkan selama beberapa menit, lalu biarkan kulit Bunda mengering.

4. Merawat kulit yang rusak dan menua

Manfaat air beras lainnya adalah untuk membantu menyingkirkan gejala penuaan seperti bintik-bintik gelap di wajah. Selain itu air beras juga bisa dipakai untuk meminimalkan kerusakan akibat radikal bebas dari lingkungan seperti sinar matahari dan polusi.

Untuk menggunakannya, campurkan 1 sendok teh air beras dengan beberapa tetes minyak kelapa dan pijat ke wajah dan leher Bunda. Selain minyak kelapa, minyak jojoba dan minyak esensial alami lainnya juga merupakan pilihan bagus untuk melakukan perawatan wajah.

5. Membuat rambut berkilau

Membilas rambut Bunda dengan air beras dapat menambah kilau pada rambut Bunda dan membantu membuatnya tetap kuat dan sehat!

Setelah keramas dan menggunakan kondisioner rambut, tuangkan banyak air beras ke rambut Bunda. Pijat lembut ke kulit kepala dan rambut Bunda, lalu bilas sampai bersih dengan air. Lakukan pembilasan dengan air beras sekali atau dua kali seminggu sebagai bilasan terakhir untuk mendapatkan rambut yang kuat dan sehat.

6. Mengobati luka bakar

Air beras dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kasus kulit yang terbakar sinar matahari. Untuk membuatnya lebih menenangkan, dinginkan air beras terlebih dahulu sebelum dioleskan pada kulit yang terbakar sinar matahari menggunakan kapas.

7. Membersihkan wajah

Gunakan air beras untuk membersihkan wajah agar kulit tampak lebih lembut dan bercahaya. Cukup tuangkan sedikit air beras ke kapas dan pijat ke wajah Bunda, lalu biarkan kulit Bunda mengering. Gunakan setiap hari sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit Bunda, atau beberapa kali seminggu untuk memberi vitamin dan mineral pada kulit Bunda.

8. Hair Conditioner

Air beras juga bisa digunakan untuk sebagai alternatif hair conditioner Bunda lho!

Setelah keramas, oleskan air beras ke rambut Bunda bersama dengan beberapa tetes minyak esensial lavender atau minyak esensial rosemary. Diamkan air beras di rambut Bunda selama 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

9. Mengatasi iritasi kulit

Eksim bukan satu-satunya kondisi kulit yang bisa mendapatkan manfaat dari air beras. Penelitian telah menunjukkan bahwa pasien dengan dermatitis atopik yang mandi dengan air beras dua kali sehari mengalami peningkatan 20% dalam penyembuhan kulit.

Jadi jika Bunda memiliki kulit yang mudah gatal atau teriritasi, cobalah mandi air beras. Cukup tambahkan 1-2 cangkir air beras ke dalam bak mandi Bunda, lalu berendamlah menggunakan campuran air tersebut.

Cara Menyiapkan Air Beras

Untuk menggunakan air beras sebagai produk kecantikan, bunda bisa mendapatkannya dengan beberapa cara berikut.

  1. Merendam Beras - Cuci beras dengan bersih lalu rendam dalam air bersih selama 30 menit. Saring air beras sebelum digunakan.
  2. Memasak Beras - Masak beras seperti biasa dengan jumlah air dua kali lebih banyak. Setelah mendidih, saring air beras lalu dinginkan sebelum digunakan.

Bagaimana, mudah bukan mendapatkan cara alami untuk merawat kulit dan rambut bunda? Dengan beragam manfaat di atas, tentu akan sayang bukan jika Bunda langsung memasak beras tanpa memanfaatkan airnya terlebih dahulu.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama