6 Manfaat Kulit Jeruk untuk Keperluan Sehari-Hari di Rumah

Kulit jeruk jadi bagian yang mungkin akan langsung bunda buang setelah selesai mengupas jeruk. Hal yang wajar mengingat kulit jeruk tidak bisa dikonsumsi layaknya kulit buah lain seperti apel atau pir.

Padahal kulit jeruk memiliki banyak manfaat lain untuk berbagai keperluan di rumah. Jadi jika Bunda sering mengkonsumsi jeruk, ada baiknya bunda tidak membuang kulitnya agar bisa dimanfaatkan untuk beragam keperluan seperti berikut.

Manfaat kulit jeruk untuk keperluan sehari-hari

Manfaat Kulit Jeruk untuk Keperluan Sehari-Hari

1. Mencegah gula merah mengeras

Pastikan gula merah Bunda tetap lembut dengan menempatkan sepotong kulit jeruk di dalam kotak gula. Kulit jeruk perlahan akan melepaskan minyak yang membuat gula tetap lembab. Namun pastikan untuk mengganti kulitnya sebulan sekali.

2. Menghilangkan noda pada peralatan masak

Cara mudah untuk membersihkan noda sup tomat yang membandel dalam peralatan masak Bunda adalah dengan menggosokan kulit keruk pada noda tersebut.

Bunda bahkan bisa membersihkan microwave dengan cara memasukkan beberapa kulit jeruk ke dalam mangkuk dan tutup dengan air, lalu nyalakan selama 5 menit.

Uap dari air akan melonggarkan penumpukan, sedangkan asam sitrat kulit jeruk dapat membantu membunuh bakteri. Bahkan makanan yang paling lengket sekalipun akan lebih mudah dibersihkan dengan kain lembab.

3. Menyegarkan lemari secara alami

Saat Bunda merogoh lemari untuk mencari seprai dan Bunda mencium bau apek, – letakkan saja kulit jeruk di lantai lemari tersebut. Kulit buahnya akan menyerap dan menetralisir bau, sedangkan minyak buahnya mengeluarkan aroma segar.

4. Mengangkat sisa sabun

Gelas yang kotor akan lebih berkilau berkat trik ini. Rendam peralatan makan dan minum di wastafel berisi air hangat dan segenggam kulit jeruk selama 5 menit, lalu cuci seperti biasa. Asam sitrat kulit akan mengalir melalui buih sabun dan mengangkat endapan mineral yang menyebabkan gelas dan piring bunda terlihat kusam.

5. Menghilangkan bau sampah

Manfaat kulit jeruk lainnya adalah untuk menghilangkan bau tidak sedap seperti bau tempat sampah dan tempat pembuangan air. Untuk melakukannya, buang kulit jeruk ke saluran pembuangan, biarkan selama sekitar 30 menit.

Asam buah akan menetralisir bau, sedangkan kulit kasarnya menghilangkan sisa makanan yang menumpuk di bilahnya. Ulangi seminggu sekali atau sesuai kebutuhan.

6. Perawatan kesehatan dan kecantikan

Alternatif lain yang bisa bunda lakukan dengan sisa kulit jeruk adalah dengan menggunakannya untuk menjaga kesehatan dan memakainya untuk melakukan perawatan kecantikan. Sama seperti dagingnya, kulit jeruk juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Untuk menggunakannya, bunda bisa melakukan berbagai macam cara, mulai dari mengeringkannya, mencampurnya dalam jus dan smoothies, hingga mengkonsumsinya langsung.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama