7 Manfaat Hiking untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Hiking jadi salah satu aktivitas yang banyak dilakukan di waktu liburan. Bagi pecinta alam, belum lengkap rasanya mengunjungi alam bebas penuh udara segar tanpa melakukan pendakian ke atas bukit, atau bahkan gunung tinggi.

Selain baik untuk mengenal alam, hiking juga ternyata memiliki banyak manfaat lho Bun! Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, mendaki juga bisa membantu Bunda melapaskan penat, mengatasi stress, dan mengembalikan kesehatan mental Bunda.

Nah, jika Bunda berencana untuk liburan dalam waktu dekat ini, mendaki bisa jadi pertimbangan mengingat ada banyak manfaat hiking yang bisa Bunda dapatkan.

manfaat hiking untuk kesehatan tubuh dan mental

Manfaat Mendaki untuk Kesehatan

1. Melatih Kekuatan Otot Tubuh Bagian Bawah dan Punggung

Hiking adalah bentuk latihan aerobik yang dapat membantu membangun otot dan tulang yang lebih kuat, terutama di kaki dan punggung Bunda. Berjalan, melangkah, dan mendaki menanjak saat hiking dapat membantu meningkatkan kekuatan dan massa otot. Dan ketika Bunda berjalan di permukaan yang tidak rata, Bunda akan melatih otot bagian perut dan sekitarnya.

Bentuk latihan ini juga efektif untuk membantu meningkatkan keseimbangan dan rentang gerak Bunda, karena tanjakan yang lebih keras dapat memaksa Bunda untuk berdiri secara berkala dengan satu kaki, menerjang ke depan, dan seterusnya.

2. Meningkatkan Stamina dan Kesehatan Jantung

Latihan fisik secara teratur terbukti mampu mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung koroner dan juga mengurangi risiko sejumlah kondisi kesehatan kronis lainnya.

Misalnya, berolahraga secara teratur, seperti hiking, menurunkan tekanan darah dan dapat membantu mencegah beberapa orang terkena kanker usus besar, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Sebagian besar efek positif ini disebabkan oleh kemampuan mendaki untuk meningkatkan detak jantung dan melatih paru-paru, meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi. Hiking juga dapat membantu mengurangi peradangan yang terkait dengan stres dan mengurangi penambahan berat badan, yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Bunda secara keseluruhan.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Seperti bentuk olahraga lainnya, manfaat hiking lainnya adalah untuk membantu Bunda mengontrol berat badan, seperti menurunkan kelebihan lemak tubuh atau mencegah penambahan berat badan yang tidak diinginkan.

Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Bunda dapat membakar sekitar 80 hingga 100 kalori untuk setiap mil Bunda berjalan. Bunda menggunakan lebih banyak energi jika Bunda memiliki massa tubuh yang lebih besar atau jika Bunda berjalan menanjak.

Jika Bunda mendaki selama sekitar satu jam dengan kecepatan sedang hingga cepat, Bunda dapat membakar beberapa ratus kalori, yang dapat bermanfaat untuk mengecilkan lingkar pinggang Bunda dan komposisi tubuh secara keseluruhan.

4. Membantu Mengurangi Stres

Salah satu manfaat hiking adalah untuk membantu mengatasi dan mengurangi stres

Seperti yang dijelaskan oleh Greater Good Magazine, hiking dapat memberikan manfaat melebihi apa yang Bunda terima dari olahraga biasa. Tidak hanya mengoksidasi jantung Bunda, mendaki juga dapat membantu menjaga pikiran Bunda lebih tajam, membuat tubuh lebih tenang, meningkatkan kreativitas, dan membuat Bunda lebih bahagia.

Penelitian menunjukkan bahwa ada efek sinergis dari aktivitas fisik dan waktu yang dihabiskan di alam, yang berarti keduanya bahkan lebih kuat jika dilakukan bersama-sama. Studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam memberi sebagian besar orang kelegaan mental dari gejala stres, depresi, dan kecemasan, terutama jika mereka juga berolahraga atau aktif saat berada di luar ruangan, seperti di ruang hijau.

Hiking akan membantu Bunda melepaskan hormon baik dalam tubuh kita, termasuk endorfin, yang diketahui dapat mengangkat suasana hati kita dan melawan rasa sakit. Latihan yang dilakukan di luar ruangan juga memiliki berbagai efek lain pada otak yang mengurangi ketegangan, depresi, hingga kecemasan.

5. Mendukung Kesehatan Otak dan Fungsi Kognitif

Hiking tidak hanya dapat meningkatkan mood Bunda, tetapi juga terkait dengan peningkatan kesehatan mental lainnya, seperti kreativitas yang lebih besar, daya ingat, dan pemecahan masalah.

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa berolahraga di luar ruangan dapat menyebabkan membuat Bunda lebih fokus, memiliki kesadaran diri yang lebih besar, dan peningkatan persepsi sensorik (pemandangan, penciuman, dan perasaan).

Para peneliti telah menemukan bahwa hiking menggunakan bagian otak Bunda yang dirancang untuk membantu Bunda menavigasi melalui korteks retrosplenial dan hippocampus, yang membantu membantu dalam memori.

Ada juga komponen sosial yang bermanfaat untuk hiking jika Bunda memilih untuk melibatkan orang lain, seperti hiking bersama pasangan atau bergabung dengan grup yang rutin mendaki bersama. Ini dapat menumbuhkan rasa koneksi yang lebih besar dan mengurangi kesepian, yang terkait dengan kesehatan mental yang lebih baik.

Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa berolahraga di luar ruangan dapat membantu hubungan Bunda dengan membuat Bunda lebih berempati, berpikiran terbuka, dan murah hati.

6. Meningkatkan Kualitas Tidur

Menjadi seorang pejalan kaki juga dapat meningkatkan kualitas tidur Bunda dengan membuat Bunda merasa lebih tenang dan lelah. Dengan begitu Bunda bisa bangun dengan pikiran yang lebih jernih dan energi yang lebih besar pada hari berikutnya.

7. Mengurangi Risiko Osteoarthritis dan Kehilangan Kepadatan Tulang

Selain membuat Bunda lebih kuat, manfaat hiking juga dapat dirasakan oleh tulang, persendian, dan jaringan ikat Bunda. Hiking cukup berdampak rendah sehingga tidak akan menambah banyak stres dan ketegangan pada persendian Bunda. Namun di sisi lain, mendaki adalah salah satu latihan beban yang dapat membantu memperkuat tulang Bunda.

Latihan menahan beban dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan osteoartritis, selama Bunda tidak melakukannya secara berlebihan. Makanya mendaki sangat direkomendasikan untuk pencegahan osteoporosis dan hilangnya kepadatan tulang, yang dapat meningkatkan kerentanan terhadap patah dan patah tulang.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama