4 Manfaat Stretching dan Memiliki Tubuh yang Fleksibel

Bunda mungkin tergoda untuk melewatkan latihan peregangan (stretching) ketika Bunda hendak berolahraga. Padahal banyak penelitian menunjukkan bahwa sebenarnya ada banyak manfaat dari latihan fleksibilitas dan peregangan, seperti mencegah cedera, mengurangi rasa sakit, dan membantu postur, keseimbangan, mobilitas, dan kinerja.

Fleksibilitas membantu menjaga otot-otot agar tetap elastis, daripada membiarkannya memendek dan menegang. Hal ini tidak hanya penting dalam kegiatan olahraga, tetapi juga dalam aktivitas sehari-hari, terutama di kalangan orang tua.

Karena itulah, sangat ideal untuk memasukkan beberapa jenis olahraga peregangan yang berbeda ke dalam rutinitas Bunda. Dengan begitu bunda bisa merasakan banyak manfaat selain untuk 'memanaskan' tubuh saja.

Manfaat stretching dan memiliki tubuh yang fleksibel

Manfaat Stretching

1. Dapat Membantu Mencegah Cedera

Bagaimana stretching dan menjadi fleksibel mencegah cedera? Fleksibilitas mengurangi ketidakseimbangan dan kompensasi otot yang dapat menyebabkan ketegangan, tarikan, dan robekan.

Hal ini juga dapat melemaskan otot dan membantu mencegah ketegangan yang menimbulkan terlalu banyak tekanan pada sendi-sendi di sekitar otot tersebut.

Pada dasarnya, Bunda perlu melakukan peregangan untuk memperpanjang otot sehingga risiko cedera berkurang, karena otot dan sendi yang tidak fleksibel memberikan kompensasi yang berlebihan untuk otot lain yang terlalu tegang.

2. Meningkatkan Pergerakan

Menurut Harvard Health Publishing, otot yang diregangkan dengan baik lebih mudah untuk bekerja secara maksimal dan dapat meningkatkan kinerja atletik. Jadi ketika berolahraga, Bunda dapat melakukan gerakan yang lebih kompleks. Dan Bunda pun akan lebih mudah dalam melakukan kegiatan sehari-hari seperti menjangkau tempat tinggi, membungkuk, atau jongkok.

Rentang gerak yang lebih luas di bagian tubuh tertentu, seperti pinggul dan lutut, memungkinkan Bunda mendapatkan manfaat maksimal dari latihan. Dengan begitu Bunda dapat berlatih lebih lama. dan pada intensitas yang lebih tinggi.

Fleksibilitas juga penting untuk mengurangi ketegangan dan ketidaknyamanan saat berolahraga, yang membuat Bunda lebih mudah untuk pulih lebih cepat setelah melakukan aktivitas berat sekalipun.

3. Memudahkan Aktivitas Sehari-hari

Orang yang secara teratur melakukan latihan stretching akan mengalami lebih sedikit rasa sakit dan dapat lebih mudah melakukan tugas sehari-hari seperti membungkuk untuk mengikat sepatu, berjalan ke atas, mengambil barang dari lantai, atau bangkit dari kursi atau sofa.

Inilah sebabnya mengapa fleksibilitas menjadi lebih penting seiring bertambahnya usia, karena hal tersebut dapat membantu mengurangi risiko keseimbangan yang buruk, jatuh, dan kecelakaan.

4. Membantu Memperbaiki Postur

Duduk untuk waktu yang lama dan tidak melakukan peregangan setelah berolahraga dapat mempengaruhi postur dan mobilitas Bunda. Misalnya, terlalu banyak duduk sering menyebabkan ketegangan pada otot di punggung bawah, pinggul, dan betis.

Latihan stretching dapat membantu memperbaiki postur dan mengurangi membungkuk dan rasa sakit pada orang yang duduk dalam waktu lama atau yang kebanyakan tidak bergerak. Misalnya, peregangan punggung atas dan bahu dapat mengurangi nyeri leher dan sakit kepala, sedangkan peregangan kaki dan pinggul dapat mengurangi nyeri linu panggul dan nyeri lutut.

Peregangan juga bermanfaat bagi penderita radang sendi dan masalah tulang belakang, asalkan dilakukan dengan benar.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama