8 Tips untuk Meredakan Kaki yang Sakit dan Lelah

Berdiri di atas kaki Bunda tanpa istirahat untuk waktu yang lama dapat menyebabkan berbagai masalah, karena kaki Bunda menopang seluruh berat badan dan gerakan Bunda. Bila dibiarkan, rasa sakit ini bahkan bisa berubah menjadi gangguan yang lebih serius.

Meski bisa diatasi dengan banyak mengistirahatkan kaki, beberapa wanita tidak bisa melakukannya dengan mudah karena tuntunan pekerjaan atau hal lain.

Untuk meredakan kaki yang sakit dan lelah setelah seharian digunakan, bunda bisa mencoba beberapa cara berikut di rumah.

Tips meredakan kaki yang sakit dan lelah

1. Regangkan kaki dan jari kaki

Hal ini dapat membantu meredakan sakit kaki dan mengoptimalkan kesehatan secara keseluruhan karena terkadang rasa sakit di kaki biasanya merupakan tanda peradangan. Luangkan beberapa menit sepanjang hari untuk meregangkan jari-jari kaki dan kaki Bunda dengan beberapa gerakan yang berbeda.

2. Kenakan kaus kaki atau sepatu yang lebih nyaman

Menggunakan kaus kaki atau alas kaki yang lebih nyaman akan benar-benar membantu bunda mengatasi lelah pada kaki atau pergelangan kaki Bunda.

Penggunaan kaus kaki atau sepatu dengan bantalan yang lebih empuk akan membantu meminimalkan pengumpulan cairan yang membuat kaki atau tungkai bawah Bunda membengkak dan terasa sakit.

3. Memijat kaki

Memijat kaki membantu rasa sakit dan meningkatkan sirkulasi darah. Gosok dan tekan bagian bawah kaki Bunda atau tarik jari-jari kaki Bunda dan tekuk untuk memijatnya.

4. Rendam kaki dalam garam Epsom

Cara mengatasi kaki sakit dan lelah dengan merendamnya degnan garam epsom

Berendam hangat dalam garam Epsom adalah cara yang teruji dan tepercaya untuk meredakan rasa lelah dan sakit pada kaki. Meskipun, tidak ada bukti bahwa itu lebih efektif daripada air hangat biasa, garam Epsom membuat air mandi terasa lebih lembut yang bisa sangat menenangkan,

5. Rendam dalam air panas

Jika bunda tidak memiliki garam epsom, merendam kaki dalam air panas juga bisa membantu meredakan rasa lelah pada kaki bunda.

Air panas akan membantu melebarkan pembuluh darah dan melemaskan kaki sehingga bunda bisa merasa lebih rileks. Hal ini menjadi cara umum untuk mengatasi rasa tidak nyaman pada kaki, kecuali jika rasa sakit tersebut disebabkan oleh cedera atau operasi.

6. Mengganti sepatu

Identifikasi sepatu mana yang mungkin menyebabkan nyeri kaki Bunda lalu ganti alas kaki tersebut. Hal ini bisa menimbulkan rasa tidak nyaman karena keausan yang berlebihan, atau sepatu yang terlalu ketat atau terlalu longgar.

7. Cek postur tubuh

Postur tubuh yang buruk dapat menyebabkan rasa sakit dan cedera pada tumit, lutut, punggung, dan kaki Bunda. Pastikan Bunda menopang berat badan Bunda secara merata, terutama pada bagian depan kaki.

8. Gunakan metode R-I-C-E

Cara terakhir untuk meredakan kaki lelah adalah dengan menggunakan metode R-I-C-E. Hal ini bisa bunda lakukan bila rasa sakit di kaki juga diiringi dengan pembengkakan.

Empat tahapan dalam metode ini adalah; Rest, Ice, Compression dan Elevation. Dengan metode ini, bunda harus mengistirahatkan kaki yang lelah dan terasa sakit, kompres dengan es sesegera mungkin, membalut perban di sekitar kaki atau pergelangan kaki yang sakit, lalu berbaring dan angkat kaki untuk mengurangi pembengkakan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama