Cara Menggunakan Kunyit Untuk Mengatasi Rambut Rontok Dan Ketombe

Kunyit, tanaman dengan akar berwarna kuning cerah ini dikenal luas karena sifat anti-inflamasi, anti-oksidatif, antibakteri, dan anti-neoplastik (anti-kanker). Makanya, khasiat kunyit banyak dimanfaatkan dalam perawatan kulit, perawatan rambut, dan produk kosmetik.

Dalam hal perawatan rambut, kunyit diklaim dapat mengatasi berbagai masalah rambut seperti ketombe dan rambut rontok. Seberapa benar ini?

Karena sifat anti inflamasi yang ada dalam Kunyit, tanaman tersebut telah menjadi bahan serbaguna yang dapat memberikan berbagai manfaat untuk rambut. Bunda dapat menemukannya dalam segala hal mulai dari sampo dan kondisioner hingga masker rambut dan minyak perawatan karena beberapa manfaat kunyit sebagai berikut.

Manfaat kunyit untuk rambut

Manfaat Kunyit untuk Rambut

1. Mengontrol minyak

Kunyit sangat bagus untuk mengatasi rambut dan kulit kepala berminyak. Hal ini dimungkinkan karena sifat anti-inflamasi dan anti-mikrobanya yang menghentikan pertumbuhan mikroorganisme yang rentan terhadap kulit kepala berminyak.

2. Mencegah kerontokan rambut

Karena sebagian besar kasus kerontokan rambut terjadi karena peradangan, sifat anti-inflamasi dalam kunyit mengurangi dampak pola kerontokan rambut atau kerontokan rambut inflamasi langsung pada kulit kepala dan folikel rambut.

3. Melindungi rambut dari stres

Radikal bebas dapat mendatangkan malapetaka pada rambut, kulit kepala, dan kulit Bunda, tetapi antioksidan seperti kunyit membantu melawannya dan mencegah munculnya stres oksidatif yang merusak jaringan tubuh.

4. Melawan ketombe

Ketika digunakan pada rambut, manfaat anti-inflamasi dan antibakteri kunyit dapat membantu mengatasi ketombe. Merawat rambut dengan kunyit dapat menjaga kesehatan kulit kepala, yang merupakan komponen kunci dalam kesehatan rambut dan pertumbuhan rambut baru.

5. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Kunyit memberikan dorongan keseluruhan untuk kesehatan kulit kepala Bunda. Sifat penyembuhan dan anti-inflamasi kunyit secara alami membantu mengatasi iritasi pada kulit kepala.

Cara Bunda bisa menggunakan kunyit di rambut Bunda

Dikonsumsi langsung

Dapatkan manfaat kunyit untuk rambut dengan mengkonsumsinya langsung

Bunda bisa mendapatkan manfaat kunyit untuk rambut dengan mengkonsumsinya secara langsung. Ingatlah bahwa jika Bunda mengonsumsi kunyit dengan cara ini, jangan gabungkan dengan obat yang dapat memperlambat pembekuan darah, seperti aspirin dan ibuprofen.

Kombinasikan dengan minyak esensial

Cara lain untuk mendapatkan manfaat kunyit untuk rambut adalah dengan menggunakan kunyit dengan minyak esensial seperti lavender untuk membuat perawatan kulit kepala yang menenangkan.

Gunakan sebagai sampo

Cara cepat dan mudah untuk memasukkan kunyit ke dalam rutinitas Bunda adalah dengan menemukan produk perawatan rambut yang mengandung kunyit.

Terapkan sebagai masker

Masker kunyit DIY yang melembapkan dapat dengan mudah dibuat dengan mencampurkan minyak zaitun dan kunyit dengan perbandingan yang sama. Bunda juga bisa menambahkan sedikit madu untuk membuat masker lebih melembapkan.

Setleah jadi, oleskan secara merata dan diamkan selama 15 hingga 20 menit, biarkan bahan meresap ke dalam rambut. Terakhir, bilas dan bersihkan rambut Bunda dengan sampo dan kondisioner.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama