6 Alasan Kenapa Bunda harus Latihan Beban

Salah cara untuk menjadi lebih bugar adalah dengan melakukan latihan beban. Namun masih banyak wanita yang ragu untuk melakukannya meski hal ini bisa memberi banyak manfaat.

Latihan beban sendiri merupakan aktivitas yang mencakup penguatan otot, baik itu dengan beban tangan, mesin beban, resistence band, atau berat badan Bunda sendiri. Pada wanita, latihan beban tidak akan membuat Bunda berotot seperti Hulk kok! Justru Bunda bisa mendapatkan beberapa manfaat sebagai berikut.

Manfaat latihan beban untuk wanita

Manfaat Latihan Beban untuk Wanita

1. Mengencangkan Otot

Mendapatkan badan yang kekar adalah salah satu alasan kenapa banyak wanita masih enggan melakukan latihan otot. Padahal untuk mendapatkan tubuh seperti binaragawati tidaklah semudah itu.

Selain butuh asupan pola makan yang tinggi protein, binaragawati juga punya jadwal latihan yang super ketat dan dan kadang bisa berlangsung berjam-jam. Jadi jika Bunda tidak melakukan hal yang sama, jangan khawatir latihan beban akan mengubah bentuk tubuh Bunda secara ekstrim.

Wanita sendiri sebenarnya memilki hormon yang secara alami akan membatasi jumlah otot yang bisa didapat. Dengan begitu latihan beban hanya akan membuat otot Bunda terlihat kencang dan lebih indah.

2. Mempertahankan Massa Otot

Setelah berusia 30 tahun, Bunda secara alami mulai kehilangan massa otot sekitar 1% setiap tahunnya. Bila Bunda kurang aktif bergerak, Bunda bahkan bisa kehilangan 3-8% massa otot setiap tahunnya.

Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan penurunan kekuatan dan stabilitas, risiko osteoporosis yang lebih tinggi, dan penambahan berat badan. Latihan beban tidak hanya dapat mencegah hal ini, tapi juga menambah massa otot Bunda bila perlu.

3. Membentuk dan Mempertahankan Kepadatan Tulang Bunda

Bunda mungkin tahu bahwa semua tulang di tubuh Bunda membutuhkan kalsium dan vitamin D untuk membuatnya kuat, tetapi tahukah Bunda tentang pentingnya latihan menahan beban untuk tulang Bunda?

Saat masih mudha, latihan beban akan sangat penting untuk membentuk tulang yang kuat. Sementara pada usia dewasa, latihan beban dapat membantu Bunda mempertahankan kepadatan tulang. Jadi selain asupan nutrisi yang cukup, latihan beban juga dapat merangsang pertumbuhan sel tulang dan membuatnya lebih padat dan kuat.

4. Baik untuk Keseimbangan Tubuh

Olahraga secara teratur, seperti aktivitas penguatan otot melalui latihan beban, adalah cara yang terbukti baik untuk meningkatkan keseimbangan tubuh Bunda. Hal ini mungkin tidak akan terlalu berasa sekarang. Namun hal ini akan sangat membantu saat Bunda berusia lebih lanjut agar postur Bunda tetap baik dan tidak mudah lunglai saat berjalan.

5. Mempercepat Metabolisme Tubuh

Dari beberapa penelitian, meningkatkan massa otot juga mempu meningkatkan metabolisme Bunda, bahkan saat beristirahat. Ini berarti Bunda membakar lebih banyak energi sepanjang hari, bahkan saat Bunda tidak aktif secara fisik, yang dapat membantu mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

6. Mengurangi Risiko Diabetes

Peningkatan massa otot tanpa lemak dan metabolisme melalui aktivitas penguatan otot dapat memiliki manfaat penting bagi penderita diabetes tipe 2 atau orang yang berisiko terkena diabetes tipe 2.

Dari sebuah studi dijelaskan bahwa metabolisme yang lebih tinggi, karena peningkatan massa otot, membantu tubuh Bunda menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali, sementara rasio lemak terhadap otot yang lebih rendah mengurangi jumlah insulin yang Bunda butuhkan dalam tubuh Bunda.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama