8 Cara Meningkatkan Daya Ingat pada Anak

Melatih daya ingat pada anak jadi hal penting yang bisa Bunda mulai sejak dini. Hal ini bisa menjadi bekal untuknya di kemudian hari, dan dapat membantunya dalam berbagai macam hal, terutama saat ia mulai belajar banyak hal baru.

Meski penelitian menyebutkan bahwa kemampuan memori bisa menurun dari orang tua mereka, pada dasarnya otak tetap harus dilatih agar memorinya kuat. Semakin terasah, semakin cepat pula si kecil dalam mengingat sesuatu dan menjaganya agar tersimpan lebih lama di otak mereka.

Nah, bagi Bunda yang juga ingin meningkatkan daya ingat pada anak, berikut adalah beberapa hal yang bisa Bunda coba di rumah.

Cara meningkatkandaya ingat anak

1. Menghafal Melalui Musik

Studi psikologi mengindikasikan hubungan yang erat antara musik dan proses pembelajaran yang lebih cepat, terutama dalam belajar bahasa baru. Hal ini sendiri mungkin bisa kita lihat ketika si kecil dapat dengan mudah mengingat lagu baru yang mereka dengan di tv atau Youtube, meskipun berbahasa asing.

Mengajarkan sesuatu dengan irama tertentu juga memungkinkan anak untuk mengingat hal lebih lama. Jadi tidak ada salahnya bila Bunda mencari referensi hafalan yang sudah dilagukan agar lebih mudah diingat oleh si kecil.

2. Visualisasi

Otak akan lebih mudah mengingat bila mereka memiliki rangsangan, seperti tampilan visual. Hal ini akan membuat otak lebih mudah belajar hal baru dan mengingatnya kembali karena mereka memiliki gambaran yang lebih jelas di otak mereka.

Jadi jika Bunda kesulitan untuk mengajarkan hal baru pada anak, coba beri mereka visual cue yang dapat membantu mereka untuk mengingat lebih jelas hal-hal baru yang diajarkan kepada mereka.

3. Menulis Ulang

Bila anak Bunda sudah bisa menulis, menulis ulang pelajaran baru yang mereka dapat bisa jadi salah satu cara ampuh agar ia bisa mengingatnya lebih baik. Menulis akan merangsang lebih banyak bagian otak sehingga memori baru akan lebih mudah terbentuk dibanding hanya mendengarkannya saja. Memori pun dapat terjaga lebih lama di dalam otak dan tidak mudah dilupakan oleh si kecil.

4. Warna

Di antara banyak prinsip yang ditemukan psikolog dalam meningkatkan memori anak adalah dengan penggunaan warna. Warna memberikan dorongan kuat ke otak yang juga mampu merangsang bagian lain. Hal ini akan sangat membantu anak dalam belajar dan mengingat dengan lebih baik.

Cara meningkatkan daya ingat anak melalui warna

Warna sendiri menarik perhatian utama pada otak, dibanding informasi sensorik lain yang kita kirim ke organ. Inilah sebabnya mengapa sebagian besar pengajar di sekolah menggunakan warna-warna cerah untuk meningkatkan pembelajaran anak.

5. Hubungkan dengan Memori Lainnya

Cara lain yang bisa Bunda gunakan untuk meningkatkan daya ingat anak adalah dengan menggunakan linking method. Dengan metode ini, Bunda bisa menghubungkan hal-hal baru dengan hal-hal lain yang sudah diingat oleh si anak.

Hal ini akan membuat anak lebih mudah dalam menyerap hal baru karena mereka merasa sudah mempelajarinya sebelumnya. Selain itu cara ini juga akan membantu anak untuk mengingat lebih lama karena setiap memori berkaitan satu dengan yang lainnya.

6. Mencicil

Membagi tugas besar menjadi tugas-tugas lain yang lebih kecil adalah cara paling mudah bila Bunda ingin mengajarkan hal baru pada anak. Dengan begitu si kecil bisa menghafal selangkah demi selangkah agar mereka tidak kewalahan saat harus mengingat dalam jumlah besar.

Sebagai contoh, angka tidak beraturan seperti 1415926535 mungkin akan sulit diingat, tapi dengan membaginya menjadi 1415, 926, dan 535 akan membuatnya tampak lebih mudah bukan?

7. Membiasakan Menghafal

Anak yang dari kecil terbiasa menghafal akan memiliki otak yang lebih tajam dan dapat mengingat dengan lebih cepat dibanding mereka yang jarang melakukannya. Jadi bila Bunda ingin anak dapat lebih cepat belajar di sekolah, Bunda bisa membiasakan mereka untuk menghafal sejak dini.

Hal ini bisa Bunda lakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengajarinya bernyanyi, membaca, atau menghafal al-qur'an sejak dini.

8. Memberi Makanan yang Bergizi untuk Otak

Tidak ketinggalan, makanan yang bergizi juga akan sangat membantu si kecil agar dapat memiliki daya ingat yang baik. Makanan yang kaya akan protein, folat dan omega-3 terbukti secara ilmiah baik untuk perkembangan otak. Karena itulah, beri si kecil makanan bergizi tinggi agar otaknya memiliki energi dan zat yang diperlukannya dalam proses belajar.


Meningkatkan daya ingat si kecil sejak dini dapat Bunda lakukan untuk mempersiapkannya sebelum proses belajar mengajar di sekolah. Anak yang memiliki daya ingat yang baik akan lebih mudah menyerap hal-hal baru dan membuatnya lebih berprestasi di sekolah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama