10 Cara Mencegah dan Mengobati Sakit Punggung dan Pinggang

Faktanya, sembilan dari sepuluh orang mengalami sakit punggung setidaknya satu kali dalam hidup mereka. Itulah mengapa dikatakan bahwa sakit pinggang dan punggung adalah keluhan atau masalah yang sangat umum di seluruh dunia.

Nyeri Punggung sendiri umumnya berasal dari tulang, sendi, otot dan saraf dll. Tidak selalu dari bagian punggung, rasa sakit ini juga bisa muncul secara spontan dari daerah serviks, toraks atau lumbar.

Karena masalah ini, orang-orang yang mengalami nyeri pungung biasanya tidak mampu melakukan pekerjaan mereka dengan lancar dan efisien. Beberapa kasus bahka bisa membuat seseorang tidak mampu bergerak sama sekali. Meskipun bukan masalah yang terlalu serius, tetapi mungkin sangat menyakitkan terutama jika menjalar ke lengan atau kaki.

Nah, agar bisa terhindar dari sakit punggung, Bunda bisa melakukan beberapa tindakan pencegahan berikut ini.

Cara mencegah dan mengobati sakit pinggang/punggung

Cara Mencegah Sakit Punggung

Ada beberapa poin penting yang dapat membantu dalam mencegah sakit punggung. Poin-poin ini antara lain,

1. Latihan rutin

Latihan teratur sangat membantu dalam meningkatkan kekuatan dan menjaga berat badan agar tetap terkendali. Setiap individu harus melakukan latihan aerobik yang biasanya dianggap latihan terbaik karena latihan ini tidak membuat tegang atau memberi beban berlebih pada punggung.

Dalam latihan ini, latihan yang berhubungan dengan otot punggung dan otot perut harus disertakan. Sepanjang latihan tersebut, latihan kelenturan seperti membungkuk ke depan, membungkuk ke belakang, membungkuk ke samping dan sit up juga harus dilakukan secara teratur.

2. Raih berat badan yang ideal

Orang yang kelebihan berat badan dan obesitas memiliki risiko lebih besar terkena nyeri punggung. Itulah sebabnya Bunda harus berusaha untuk menjaga atau mempertahankan berat badan yang tepat dan harus mencegah Obesitas. Beberapa penelitian bahkan menyimpulkan bahwa kelebihan berat badan memiliki dampak besar terhadap tulang belakang dan dapat membuat Bunda mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti sakit punggung.

Untuk mempertahankan berat badan yang tepat, latihan aerobik dan kontrol diet dapat memainkan peran yang sangat efektif. Latihan aerobik harus dilakukan setidaknya selama 30-60 menit setiap hari. Latihan aerobik bisa dalam berbagai bentuk seperti lari lambat, jogging, atau bersepeda.

Agar lebih efektif, Bunda juga bisa melakukan diet rendah kalori untuk menjaga berat badan atau menjaga berat badan tetap terkendali.

3. Duduk dengan postur yang benar

Untuk mencegah sakit punggung, cara yang paling mudah adalah memperbaiki postur Bunda saat sedang duduk.

Perbaiki postur duduk agar terhindar dari sakit punggung dan pinggang

Untuk mendapatkan postur duduk yang benar, Bunda harus memastikan bahwa kaki harus rata di lantai. Kursi atau tempat duduk harus memiliki penyangga punggung yang baik. Saat duduk di kursi, pinggul harus sejauh mungkin ditarik ke belakang kursi.

Kepala, tulang belakang, bahu dan pinggul harus dalam garis lurus dan tegak. Posisi kaki tidak boleh menggantung. Jangan menyilangkan kaki dalam posisi duduk.

Dalam posisi duduk seperti itu, punggung tidak akan mendapatkan tekanan yang berlebihan, sehingga Bunda pun memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena sakit punggung.

4. Perbaiki postur saat berdiri

Tidak hanya memperbaiki postur saat duduk, postur Bunda saat berdiri juga punya pengaruh besar dalam mencegah sakit punggung.

Jadi bila Bunda memiliki postur yang membungkuk, ada baiknya memperbaikinya dari sekarang untuk menghindari masalah kesehatan di kemudian hari.

Dalam posisi berdiri, selalu jaga punggung agar tetap lurus, dan seimbangkan berat badan secara merata pada kedua kaki. Lutut Bunda harus lurus, dagu harus di dalam. Perut harus ke belakang dan menekan ke dalam.

5. Hindari mengangkat beban berat

Cegah sakit punggung dengan mengangkat barang dengan postur yang baik

Jika Bunda ingin mencegah sakit punggung, umumnya Bunda harus menghindari mengangkat beban atau benda berat.

Namun bila Bunda merasa perlu untuk mengangkat beban atau benda seperti itu, Angkat dengan cara yang benar dan jaga agar punggung tetap lurus, kepala tegak, Jongkok dengan benar, lalu angkat beban. Bunda harus menjaga objek dekat dengan Bunda. Jangan meluruskan kaki Bunda sebelum mengangkat beban atau benda.

6. Gunakan sabuk penopang

Sabuk penopang umumnya digunakan pada orang yang melakukan latihan beban. Hal ini dipakai agar beban tidak menyasar ke area perut dan pinggang yang dapat membuatnya cedera.

Bunda pun bisa menggunakannya saat akan melakukan aktivitas berat. BIla Bunda sudah memiliki sakit punggung dan pinggang, sabuk penopang ini bisa sedikit meringankan beban Bunda.

7. Kurangi merokok

Jika Bunda ingin mencegah sakit punggung, rokok adalah salah satu hal yang harus Bunda hindari.

Berdasarkan studi penelitian terbaru, disimpulkan bahwa persentase perokok yang lebih tinggi memiliki keenderungan nyeri punggung yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang bukan perokok, meski berada pada usia, tinggi dan berat yang sama.

8. Berbaring di atas tempat tidur

Jika Bunda sudah merasakan sakit di area punggung, cara paling mudah untuk mengurangi rasa sakitnya adalah berbaring di atas tempat tidur. Agar lebih efektif, Bunda bisa menggunakan kasur yang menjaga tulang belakang Bunda tetap lurus.

9. Hindari aktivitas berat

Sakit punggung dapat dicegah sampai batas tertentu jika Bunda menahan untuk tidak melakukan aktivitas berat. jika Bunda tetap terlibat dalam aktivitas berat, kemungkinan besar Bunda akan mengalami kelelahan. Bekerja di bawah kelelahan dapat meningkatkan risiko cedera punggung.

Untuk mengakalinya, Bunda bisa beristirahat setiap beberapa waktu sambil melakukan aktivitas tersebut. Dengan begitu punggung Bunda tidak perlu menopang beban secara terus-menerus.

10. Minum lebih banyak air putih

Mengkonsumsi lebih banyak air putih bisa jadi solusi mudah lainnya untuk Bunda yang ingin mencegah sakit punggung. Air menjadi salah satu komponen penting yang menjadi bahan baku cairan antara sambungan tulang belakang yang menjadi bantalan saat Bunda bergerak.

Selain itu air juga terbukti mampu mengurangi asam laktat yang dihasilkan otot. Produksi asam laktat yang berlebih dapat menyebabkan peradangan serta syaraf tegang yang membuat Bunda lebih rentan terhadap cedera otot.

Lagipula air putih memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Jadi akan lebih baik mengkonsumsi air mineral dibandingkan minuman lain bukan?

Cara Mengatasi Sakit Punggung

Saat nyeri punggung melanda, cara paling mudah adalah beristirahat dan berbaring sejenak. Tergantung rasa sakit yang diderita, Bunda sangat dianjurkan untuk beristirahat lebih lama bila punggung masih terasa nyeri.

Cara lain yang bisa Bunda lakukan adalah mengkompress punggung dengan air hangat yang bisa membuat otot-otot punggung rileks. Cara lainnya adalah memberikan pijatan lembut untuk mengendurkan otot-otot yang tegang saat punggung terasa sakit.

Pada banyak kasus, nyeri punggung yang datang berulang-ulang menjadi salah satu tanda adanya cedera pada punggung. Bunda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan bagaimana cara mengobatinya.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama