9 Manfaat Melon dan Kandungan Nutrisi di Dalamnya

Melon adalah salah satu buah yang mudah dijumpai di Indonesia. Di balik rasanya yang manis, melon memiliki berbagai kandungan nutrisi yang baik dan sangat menyehatkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Kandungan air yang melimpah dalam buah melon pun membuatnya baik untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Selain itu kandungan vitamin C pada buah melon juga bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang baik untuk kesehatan kulit bunda.

Baik dijus maupun dimakan langsung, melon jadi buah yang lezat untuk disantap sehari-hari. Selain enak, Bunda dan keluarga pun bisa mendapatkan beragam manfaat baik dari buah tersebut.

Kandungan Nutrisi Buah Melon

Manfaat buah melon untuk kesehatan

Mengutip dari situs Food Data Central. Melon memiliki kalori yang rendah namun kaya akan kandungan baik lain seperti potasium dan vitamin C. Pada satu cup melon terdapat nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 54
  • Lemak: 0.3 gram
  • Sodium: 25 miligram
  • Karbohidrat: 13 gram
  • Fiber: 1.4 gram
  • Protein: 1.3 gram
  • Vitamin C: 58.7 mg
  • Potasium: 427 mg

Sama seperti buah-buahan lainnya, melon mengandung serat yang dapat membantu pencernaan Bunda. Selain vitamin C, melon juga mengandung vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata dan kulit.

Selain itu, Melon mengandung antioksidan, seperti vitamin C dan beta-karoten, yang membantu tubuh dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. Beberapa jenis melon juga menyediakan folat, yang penting untuk perkembangan sel dan reproduksi.

Manfaat Buah Melon

1. Hidrasi

Dehidrasi adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang diperoleh, mengganggu keseimbangan elektrolit yang penting untuk fungsi tubuh yang optimal. 

Melon, dengan kandungan airnya yang mencapai 90% dari total beratnya, dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi dehidrasi. Buah ini tidak hanya memberikan hidrasi secara instan, tetapi juga menyediakan elektrolit seperti kalium, membantu memperbaiki keseimbangan cairan dalam tubuh. 

2. Memenuhi gizi anak dan ibu hamil

Dengan rasa manis dan segar, melon bukan hanya menyediakan nutrisi yang diperlukan tetapi juga memberikan variasi dalam asupan makanan, memastikan bahwa anak dan ibu hamil mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Dalam buah melon terdapat nutrisi penting untuk anak, seperti vitamin C yang mendukung sistem kekebalan tubuh. Sementara vitamin A dalam bentuk beta-karoten di dalamnya baik untuk perkembangan mata dan kulit anak. 

Kandungan kalium dalam melon berperan dalam menjaga keseimbangan cairan dan tekanan darah, yang merupakan faktor kunci bagi kesehatan ibu hamil. Serat dalam melon membantu pencernaan, sementara folat yang terdapat dalam buah ini sangat penting untuk perkembangan sel janin. 

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Meskipun kandungan serat melon mungkin tidak sebanyak buah-buahan tertentu, melon masih dapat menjadi kontributor yang baik untuk memabntu memenuhi asupan serat harian Bunda dan keluarga.

Keberadaan serat pada melon dapat membantu mencegah atau meredakan konstipasi dengan menambah volume pada feses dan mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Serat pun dapat membantu mengontrol penyerapan gula serta mengurangi fluktuasi gula darah.

4. Antioksidan

Melon mengandung antioksidan seperti vitamin C, beta-karoten, dan senyawa lain seperti asam askorbat dan flavonoid.

Keberadaaan antioksidan pada melon ini membantu Bunda melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, yang dapat muncul akibat paparan polusi, radiasi, dan faktor lingkungan lainnya. Selain itu antioksidan juga dapat membantu melawan stres oksidatif yang jadi salah satu penyebab utama penuaan dini. 

5. Menjaga Berat Badan

Kandungan air yang tinggi dalam melon membantu memberikan rasa kenyang tanpa memberikan banyak kalori. Sebagai buah dengan kandungan kalori yang rendah, melon dapat menjadi pilihan yang sehat dan memuaskan bagi Bunda yang sedang menjaga berat badan.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin A dan antioksidan pada melon berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin A, terutama dalam bentuk beta-karoten, membantu memelihara kelembaban kulit dan merangsang regenerasi sel-sel kulit, memberikan tekstur kulit yang sehat. 

Antioksidan, seperti yang terdapat dalam melon, melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu mencegah penuaan dini dan menjaga kilau alami kulit. Konsumsi melon secara teratur dapat memberikan manfaat anti-aging secara alami dan menjaga kulit Bunda agar tetap segar dan bersinar.

7. Pemeliharaan Kesehatan Mata

Selain baik untuk kulit, kandungan Vitamin A dan antioksidan pada melon juga baik untuk memelihara kesehatan mata. Vitamin A, terutama dalam bentuk beta-karoten, menjadi salah satu kandungan penting untuk pembentukan pigmen mata yang mendukung adaptasi penglihatan dalam kondisi cahaya rendah.

Sedangkan antioksidan dalam melon dapat membantu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, membantu mencegah degenerasi makula dan menjaga kesehatan retina. Konsumsi melon secara teratur dapat memberikan perlindungan tambahan untuk mata dan menjaga agar mata tetap bekerja secara optimal.

8. Membantu mengurangi risiko peradangan

Melon dapat membantu mengurangi risiko peradangan karena mengandung antioksidan, terutama vitamin C dan beta-karoten. Antioksidan ini berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan peradangan dalam tubuh. Radikal bebas dapat timbul dari berbagai faktor seperti paparan polusi, radiasi, dan stres oksidatif.

Kandungan antioksidan dalam melon membantu meredakan peradangan dengan mengurangi kerusakan sel dan jaringan yang dapat memicu respons peradangan. Selain itu, melon juga mengandung air yang tinggi, sehingga dapat membantu menjaga hidrasi tubuh, yang penting untuk mencegah peradangan.

9. Pemeliharaan Kesehatan Jantung

Melon mengandung kalium yang merupakan mineral penting yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh. Salah satu manfaat kalium adalah membantu mengurangi efek natrium dalam meningkatkan tekanan darah. Diets yang kaya kalium seperti mengkonsumsi melon dapat membantu menjaga tekanan darah normal dan menjaga jantung agar tetap sehat.


Itulah beberapa khasiat yang bisa Bunda dan keluarga dapat dengan mengkonsumsi buah melon. Tidak hanya lezat dan segar, siapa sangka ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dari buah berbentuk bulat tersebut.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama