6 Fungsi Dehumidifier di Rumah

Bunda mungkin sudah familiar dengan perangkat air humidifier yang dapat membuat uap air, tapi apakah Bunda tahu ada perangkat lain bernama dehumidifier? Meski namanya sekilas mirip, dehumidifier memiliki cara kerja, fungsi dan manfaat yang berbeda dari perangkat satunya.

Beragam fungsi dan manfaat dehumidifier untuk rumah

Sesuai namanya, dehumidifier adalah alat yang dapat menghilangkan kelembaban dari udara. Hal ini tentu berbeda dengan air humidifier yang justru membuat udara makin lembab bukan?

Mengingat tingginya tingkat kelembaban di banyak kota di Indonesia, dehumidifier mungkin akan jadi perangkat yang lebih bermanfaat dibanding air humidifier. Jika Bunda masih ragu untuk memilikinya, berikut adalah beberapa manfaat dan fungsi dehumidifier yang bisa Bunda pertimbangkan.

Manfaat Dehumidifier

1. Meningkatkan Kualitas Udara

Kualitas udara di rumah tidak hanya diukur dari jumlah senyawa beracun yang ada di udara saja, tetapi juga dari tingkat kelembapan udara itu sendiri. Meskipun perangkat seperti air purifier cukup efektif untuk membersihkan udara dari zat-zat yang berpotensi berbahaya, alat penurun kelembapan juga memiliki peran yang tidak kalah penting dalam meningkatkan kualitas udara dalam ruangan Bunda.

Faktanya, tidak peduli berapa banyak air purifier atau tanaman indoor penyaring udara yang Bunda miliki di rumah, tidak mungkin menjaga kualitas udara di rumah pada tingkat yang sehat jika kelembapannya terlalu tinggi.

2. Mencegah Jamur

Tingkat kelembaban yang tinggi dikombinasikan dengan kurangnya sinar matahari jadi lingkungan yang sempurna bagi tumbuh kembang jamur. Jamur ini bisa menjadi masalah dalam jumlah besar, sehingga membahayakan kesehatan penghuni rumah, mulai dari iritasi mata dan tenggorokan, ruam kulit, hingga asma. Perangkat dehumidifier dapat menghilangkan kelebihan kelembapan sekaligus mencegah tumbuhnya jamur baru.

3. Membantu Menghilangkan Tungau

Perangkat dehumidifier tidak hanya mampu mengurangi tingkat kelembapan yang berlebihan, tetapi juga dapat membantu menghilangkan tungau debu.

Tungau debu rumah tangga adalah penyebab umum berbagai gejala yang berhubungan dengan alergi dan asma, dan mereka tumbuh subur di iklim lembab dan hangat. Dehumidifier membantu menjaga kelembapan keseluruhan di rumah pada tingkat optimal, sehingga membantu menghilangkan lingkungan tempat tungau debu bertahan hidup.

4. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Tingkat kelembaban tinggi seringkali diiringi dengan bau tak sedap akibat ruangan yang terlalu basah. Apalagi jika sudah tumbuh jamur atau lumut di sekitar ruangan, bau pun akan semakin menyengat dan sulit dihilangkan dengan pewangi ruangan. Dengan adanya dehumidifier, kelembaban yang tinggi dan bau tak sedap yang mengiringinya pun dapat diminimalisir.

5. Membuat Rumah Lebih Nyaman

Tingkat kelembaban yang tinggi ternyata memiliki dampak yang tidak disangka-sangka lho! Banyaknya kandungan air di udara akan membuat temperatur terasa lebih hangat dari yang seharusnya. Nafaspun akan terasa lebih berat sehingga kita lebih mudah terengah-engah. Belum lagi kita akan lebih mudah berkeringat saat berada di ruang yang lebih lembab.

Dengan menghilangkan kelembapan di udara menggunakan dehumidifier, Bunda akan merasa lebih nyaman tanpa harus menyetel AC terlalu dingin.

6. Melindungi Rumah dari Kerusakan

Salah satu manfaat dehumidifier adalah unutk mencegah kerusakan pada rumah

Tingkat kelembapan tinggi yang terjadi terus menerus akan berpotensi untuk menyebabkan kerusakan yang lebih besar pada fisik rumah Bunda. Seiring waktu, kelembapan dapat mempengaruhi kayu, membuat dinding rusak, hingga membuat perlengkapan logam berkarat.

Setelah mengatasi sumber permasalahannya, Bunda bisa memakai dehumidifier untuk memberikan perlindungan tambahan dan mencegah kerusakan rumah secara perlahan. Bunda pun bisa sekaligus menciptakan lingkungan hidup yang lebih sehat untuk keluarga di rumah.

Siapa yang Memerlukan Dehumidifier?

Pemilihan antara humidifier dan dehumidifier tergantung pada kebutuhan spesifik Bunda. Berikut adalah beberapa poin untuk dipertimbangkan:

Humidifier:

  • Kelembapan: Cocok untuk meningkatkan kelembapan udara di ruangan yang terlalu kering, terutama saat musim dingin atau di daerah dengan udara kering.
  • Kesehatan: Dapat membantu mengurangi gejala yang terkait dengan udara kering, seperti kulit kering, tenggorokan kering, atau hidung tersumbat.
  • Kenyamanan: Membuat udara lebih nyaman, terutama bagi Bunda yang sensitif terhadap udara kering.

Dehumidifier:

  • Pencegahan Jamur dan Bakteri: Berguna untuk mengurangi kelembapan di ruangan yang terlalu lembab, yang dapat membantu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri.
  • Kenyamanan: Menurunkan kelembapan udara dapat membuat ruangan terasa lebih sejuk dan nyaman, terutama di musim panas atau di daerah dengan kelembapan tinggi.
  • Kesehatan: Dapat membantu mengurangi risiko alergi dan masalah pernapasan yang disebabkan oleh kelembapan berlebih.

Jadi, untuk menentukan mana yang harus dibeli, pertimbangkan kondisi udara di ruangan Bunda dan tujuan penggunaan perangkat. Jika udara terlalu lembab dan Bunda ingin mencegah pertumbuhan jamur atau masalah kesehatan terkait kelembaban berlebih, manfaat dehumidifier akan jauh lebih terasa dan bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama