8 Tanaman Indoor untuk Menyaring Udara di Dalam Rumah

Selain alasan estetika, beberapa tanaman indoor juga bisa berfungsi sebagai penyaring udara di dalam rumah. Jadi selain tampak lebih indah, interior rumah Bunda juga bisa terasa lebih sejuk dan segar.

Tidak hanya lingkungan outdoor, area di dalam rumah pun bisa sama tercemarnya. Udara kotor dari dapur dan kamar mandi, hingga polusi yang masuk ke dalam rumah dapat membuat bagian dalam rumah penuh dengan udara yang kurang sehat.

Untuk mengakalinya, Bunda bisa memanfaatkan proses alami yang dilakukan oleh beberapa jenis pepohonan dan tumbuh-tumbuhan. Dengan begitu kualitas udara akan lebih terjaga tanpa perlu berinvestasi pada air purifier tambahan.

1. English Ivy

English Ivy adalah salah satu tanaman indoor penyaring udara

Tanaman indoor penyaring udara pertama adalah English Ivy alias hedera helix. Tanaman ini bahkan terdaftar oleh para ilmuwan NASA sebagai tanaman hias penyaring udara terbaik.

Selain sangat efektif dalam menyerap racun, tanaman ini juga sangat mudah untuk tumbuh karena tidak memerlukan banyak perawatan. Tanaman ini juga memungkinkan Bunda untuk memajangnya dengan berbagai cara, baik sebagai tanaman gantung atau tanaman lantai.

2. Peace Lily


Peace lily atau spathiphyllum jadi salah satu dari sedikit tanaman indoor pembersih udara yang berbunga. Hal ini pun membuatnya terlihat lebih apik sebagai hiasan dibanding tanaman lain yang tidak berbunga.

Tanaman Peace Lily dapat tidak memerlukan teknik perawatan yang rumit dan dapat tumbuh subur di tempat teduh dan suhu lebih dingin. Meski begitu tanaman ini juga dikenal beracun bagi hewan peliharaan, jadi berhati-hatilah jika Bunda memilikinya di rumah.

3. Lidah Mertua


Snake Plant alias sansevieria trifasciata adalah tanaman yang dikenal dengan nama Lidah Mertua di Indonesia. Sebagai penyaring udara, tanaman ini mampu menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen dengan tingkat efisiensi yang tinggi.

Tanaman ini pun dikenal sebagai penyaring udara terbaik dengan tingkat perawatan yang rendah. Dibanding tanaman hias lain, Lidah Mertua hanya butuh sedikit cahaya dan air dan merupakan tanaman yang bagus untuk diletakan di pojok ruangan.

4. Lili Paris

Lili Paris

Lili Paris alias tanaman laba-laba dikenal dengan nama latin chlorophytum comosum. Ini adalah salah satu tanaman hias yang paling umum dan juga salah satu pembersih udara terbaik, melawan polutan seperti benzena, karbon monoksida, dan xilena yang digunakan dalam kulit, karet, dan percetakan.

Tanaman ini sangat cocok bagi Bunda yang masih pemula dan belum terbiasa merawat tanaman dalam ruangan. Tidak hanya cantik, Lili Paris juga dikenal sangat tangguh, berkembang biak dengan cepat dan juga memiliki bunga yang indah.

5. Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman yang dikenal karena khasiatnya. Salah satu manfaat lidah buaya adalah untuk melembabkan kulit, mengobati iritasi, hingga mempercepat penyembuhan luka bakar.

Namun di balik itu semua, lidah buaya ternyata juga dapat membantu Bunda membersihkan udara dari polutan yang ditemukan dalam produk pembersih. Tanaman ini pun memiliki sistem sederhana sebagai indikator banyaknya jumlah bahan kimia berbahaya di udara di mana akan muncul bintik-bintik coklat muncul di daun saat hal itu terjadi.

6. Sirih Gading

Sirih Gading

Sirih Gading atau scindapsus aures adalah tanaman indoor lain yang juga baik untuk memfilter udara di dalam rumah. Tanaman ini memiliki kemampuan untuk membersihkan formaldehida serta karbon monoksida dan benzena dari udara.

Tanaman ini tumbuh dengan mudah di suhu dingin dan membutuhkan sedikit sinar matahari. Bunda pun dapat menanamnya dengan berbagai cara, baik sebagai tanaman gantung atau tanaman merambat.

7. Anthurium

Anthurium jadi salah satu tanaman berbunga untuk menyaring udara rumah


Anthurium andraeanum adalah tanaman berbunga asal Amerika Selatan yang dikenal karena bunganya yang indah. Menurut Studi Udara Bersih NASA, tanaman bernama lain Flamingo Lily ini sangat efektif menghilangkan formaldehida, amonia, toluena, dan xilena di udara di rumah atau kantor Bunda.

Sayangnya, Anthurium andraeanum bukanlah tanaman yang paling mudah ditanam di dalam ruangan, karena ia butuh banyak cahaya tidak langsung. Selain itu tanaman ini juga beracun bagi manusia dan hewan. Jadi pastikan Bunda memberi perhatian lebih saat ada anak kecil atau hewan peliharaan di rumah.

8. Pakis Boston

Pakis Boston untuk memfilter udara rumah

Pakis Boston atau Pakis Pedang adalah tanaman dalam ruangan lain yang juga baik untuk menjernihkan udara. Dari beberapa sumber, tanaman ini juga diklaim mampu menghilangkan kandungan merkuri dan arsenik dari dalam tanah lho!

Dengan daun kecil meruncing seperti pedang dan batang yang membengkok, tanaman ini bisa tumbuh hingga 1 meter. Meski tahan terhadap kekeringan dan bisa tumbuh kembali setelah tampak mati, tanaman ini akan lebih baik dirawat secara rutin dengan tingkat kelembaban tinggi agar daunnya tetap hijau sepanjang tahun.


Meski lebih banyak difungsikan sebagai aksesoris untuk mempercantik ruangan, beberapa tanaman juga memiliki fungsi lebih sebagai penyaring udara. Dengan begitu Bunda membuat rumah terasa lebih nyaman dan memfilter udara kotor yang masuk ke dalam rumah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama