6 Manfaat Bermain di Luar Rumah untuk Anak

Desember 07, 2020

Berbeda zaman beda juga cara bermain anak. Jika dulu anak kecil sering berbaur dan bermain bersama teman sebayanya di luar rumah, kini cukup banyak anak kecil yang memilih untuk menonton TV atau bermain di rumah bersama mainan dan gawai yang mereka punya.

Menyalahkan cara bermain anak pada gadget mungkin tidak sepenuhnya benar. Pola asuh orang tua, terbatasnya lahan, hingga faktor keamanan membuat waktu si anak untuk bermain di luar menjadi sangat terbatas.

Padahal bermain di luar memberi banyak nilai positif untuk Anak lho bun! Jadi jika bunda sempat, sering-seringlah mengajak anak bermain di luar agar si anak mendapatkan manfaat-manfaat berikut ini.

Manfaat Bermain di Luar Rumah Bagi Anak-Anak

manfaat bermain di luar rumah untuk anak

1. Mengasah kemampuan motorik dan sensorik anak

Manfaat utama bermain di luar ruangan bagi si kecil adalah untuk mengasah kemampuan motorik serta sensoriknya. 

Kemampuan motorik anak akan terlatih saat ia aktif bergerak mulai dari berlari, melompat, memanjat, dan sederet aktifitas fisik lainnya. Tidak hanya baik untuk perkembangan syarafnya, aktifitas fisik semacam ini juga baik untuk perkembangan ototnya. 

Sementara itu kemampuan sensorik akan terlatih saat si kecil mengamati benda-benda di luar rumah seperti menyentuh tembok, mendengar kicauan burung, melihat layang-layang, atau mencium harumnya bunga di taman.

Dengan sering bermain di luar rumah, kemampuan motorik dan sensorik si kecil akan lebih sering terlatih dan membuatnya tumbuh dan berkembang lebih cepat.

2. Membantu proses tumbuh kembang si kecil

Bermain di luar ruangan membuat anak lebih banyak terpapar sinar matahari yang dapat meningkatkan vitamin D. Selain baik untuk pertumbuhan tulang, Vitamin D juga dapat membantu membaaangun sistem imun yang akan melindungi anak selama masa tumbuh kembangnya.

Tidak hanya itu, aktif bergerak di luar ruangan juga baik untuk mengingkatkan kesehatan jantung dan mengurangi resiko kelebihan berat badan pada anak (obesitas). 

Obesitas sendiri merupakan penyakit kegemukan yang dapat memperbesar resiko munculnya penyakit lain seperti diabetes dan penyakit jantung ketika si anak beranjak dewasa. Jadi untuk menghindari resiko ini, ajaklah anak secara rutin untuk beraktifitas di luar rumah.

3. Memiliki penglihatan yang lebih baik

Berdasarkan penelitian dari Cambridge University, Inggris, anak-anak yang menderita miopi (rabun jauh) menghabiskan waktu 3,7 jam lebih sedikit di luar rumah.

Batas pandangan yang terbatas dan kadang minimnya rangsangan cahaya membuat mereka yang jarang bermain di luar ruangan menjadi rentan terkena rabun jauh, apalagi pada usia anak-anak.

Meski begitu, rabun jauh pada anak bisa diatasi dengn mudah hanya dengan menambahkan waktu untuk beraktivitas di luar rumah selama satu jam saja setiap minggunya.

4. Memperbaiki mood dan mengatasi stress

Saat bermain di luar, paparan sinar matahari dapat merangsang kelenjar pineal untuk mendorong otak menghasilkan hormon serotonin. Hormon ini sendiri adalah hormon yang dapat membuat suasana hati lebih bergembira, tidak stres, mudah tertawa lepas, dan bersemangat. 

Lebih lanjut, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa beraktivitas di luar ruangan dapat menurunkan jumlah hormon kortisol atau hormon stres.

Jadi jika bunda ingin memperbaiki mood si kecil, bermain di luar rumah bisa menjadi solusi jitu!

5. Meningkatkan kemampuan sosial anak

bermain di luar rumah dapat meningkatkan kemampuan sosial anak

Bermain di luar dengan orang lain selain anggota keluarga akan memberi si kecil pembelajaran sosial yang baik.

Selain menjadi kenal dengan berbagai karakter orang, si kecil juga bisa belajar bagaimana cara bersikap di tempat umum seperti mengantri menunggu giliran bermain.

Tidak hanya itu, bermain di luar dengan teman sebayanya juga bisa merangsang kemampuan si kecil dalam berbahasa dan membuatnya lebih cepat berbicara.

6. Meningkatkan kemampuan otak

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Sports Medicine, anak yang lebih sering bermain di luar ruangan memiliki kemampun otak dan nilai akademis yang lebih baik.

Saat anak bermain di luar, mereka akan belajar bermain dengan barang-barang yang tersedia di sekitar mereka. Hal ini merangsang otak untuk lebih kreatif saat mereka bermain. Tidak hanya itu, berbagai hal baru yang tidak mereka temukan di dalam rumah akan melatih otak mereka dalam mengamati sesuatu, bahkan untuk memecahkan masalah yang mereka jumpai.


Bagaimana bun, ada banyak kan manfaat bermain di luar rumah bagi anak? Yuk mulai lebih sering ajak anak untuk main di luar sekarang!

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.