7 Tips dan Trik Agar Anak Mau Makan Buah dan Sayur

November 28, 2020

Buah dan sayuran adalah dua makanan kaya nutrisi yang baik untuk si kecil. Meski begitu, dua jenis makanan ini ternyata cukup sulit untuk diberikan pada si kecil terutama sayuran.

Padahal sayur seperti brokoli sangat baik untuk kesehatannya. Selain kaya serat dan protein, sayuran ini juga bisa jadi sumber kalsium.

Kadang kita sebagai orang tua geregatan juga yah bila sudah capek masak ternyata malah tidak disentuh sama sekali oleh si kecil.

Begitu pula dengan buah-buahan, kadang si anak lebih senang untuk membelinya dibanding harus memakannya.

Nah, buat Bunda yang bingung bagaimana caranya agar anak mau makan buah dan sayur, ada beberapa tips yang bisa bunda coba di rumah.

Tips Agar Anak Makan Buah dan Sayur

trik dan tips agar anak mau makan buah dan sayur

1. Orang tua memberi contoh

Saya kira ini adalah syarat penting bila kita ingin agar anak suka dengan buah dan sayur karena pola makan anak biasanya akan mengikuti orang tuanya.

Jika Ayah dan Bunda malas memakan buah dan sayur, akan sulit untuk membiasakannya pada si kecil.

"Kalau ingin anak makan sayur atau buah, orang tuanya juga harus dong! Children see children do. Banyak kejadian orang tua ngomel-ngomel anak tidak mau makan buah, setelah ditanya, ternyata ibu bapaknya pun tak suka buah," papar dr Meta Hanindita, SpA dari RSUD Dr Soetomo Surabaya.

Jadi jangan lupa beri contoh yang baik yah bun!

2. Kenalkan berulang-ulang

Bila anak menolak maka buah atau sayur, jangan putus asa Bun! Membiasakan anak untuk makan makanan bergizi tidak hanya bisa dilakukan sesekali saja.

Dalam hal ini, orang tua seringkali mudah menyerah dan beranggapan bahwa si anak tidak suka dengan makanan tertentu ketika ia menolaknya. Padahal seharusnya kita menawarkannya 15-20 kali terlebih dahulu pada anak.

"Cara pengenalan makanan ke anak-anak pada dasarnya harus berulang-ulang, tetapi tetap menyenangkan. Nah, waktu libur sekolah seperti sekarang ini adalah waktu yang sesuai untuk mulai belajar," ujar Rachel Olsen, ahli gizi dari YOUVIT.

Nah, kalau sesudahnya sudah menolak, baru bisa kita simpulkan bahwa anak tidak menyukai makanan tersebut.

3. Sajikan dalam porsi kecil

Bun, coba deh berikan buah dan sayur dalam porsi yang kecil dulu. Dengan begitu anak tidak akan takut duluan karena harus menghabiskan seporsi besar makanan yang tidak disukainya.

Bila ternyata anak mau, tambahkan porsinya sedikit demi sedikit.

4. Buat tampilannya menarik

buat tampilannya menarik agar anak mau makan buah dan sayur

Agar anak semangat makan sayur dan buah, mungkin Bunda juga perlu untuk membuat tampilannya menarik. Makan yang disajikan dalam bentuk yang lucu mampu memicu rasa penasaran anak untuk mencoba makanan.

Sebagai inspirasi, ada banyak tutorial cara membuat bento yang menarik untuk si kecil. Namun bila bunda tidak punya waktu yang cukup untuk membuat kreasi makanan unik, usahakan untuk memberi makanan yang beragam baik warna maupun bentuknya.

5. Jangan paksa si kecil

Bunda yang sudah gemes melihat anak yang tidak doyan makan biasanya sudah tidak sabaran dan justru malah memaksa si kecil untuk menghabiskan buah dan sayur yang sudah disediakan.

Bagi sebagian anak, hal ini justru akan berdampak negatif lho bun! Tidak jarang, hal ini malah membuat si anak akan mengaitkan sayur dan buah dengan perasaan yang negatif. Bila hal ini melekat, jangan heran bila sampai dewasa mereka akan sulit untuk mengkonsumsi sayur dan buah-buahan.

6. Disajikan dalam bentuk lain

Untuk beberapa buah, ada anak yang lebih senang bila ia memakan buah yang sudah dipotong. Pada sebuah penelitian yang melibatkan 14 sekolah dasar, buah yang sudah dipotong mengalami pengingkatan konsumsi sebesar 71% dibanding buah yang masih belum dipotong.

Berdasarkan pengalaman pribadi, ada anak yang mau makan buah hanya bila dibuat jus atau puree. Agar lebih menarik, jus atau puree ini bahkan bisa dijadikan yoghurt atau es krim terlebih dahulu.

7. Ajak si kecil membeli buah dan sayur sendiri

Anak-anak kadang lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan jika mereka ikut menyiapkan makanan itu.

Sekali-kali coba deh Bun untuk membawa si Kecil ke pasar tradisional. Setelah itu biarkan mereka memilih buah atau sayuran yang ingin mereka coba. Hal itu akan membuat si Kecil lebih tertarik untuk memakan sayuran yang dia pilih.

Bunda juga bisa mengajak si kecil belajar menanam sayur-sayuran atau buah-buahan sendiri. Selain itu, Bunda bisa mengajak si kecil membersihkan sayur dan buah, mencucinya, sampai menyiapkan buah dan sayuran tersebut di meja untuk makan malam. Hal ini akan membuat si kecil bangga dan lebih tertarik untuk makan sayuran dan buah-buahan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.