Penyebab Rambut Kering dan Cara Mengatasinya

Januari 01, 2021

Cara mengatasi rambut kering dan kusam menjadi salah satu tips yang banyak dicari wanita yang mendambakan rambut yang lebih sehat. Pasalnya, rambut kering bisa mengurangi rasa percaya diri karena rambut jadi tampak kusam dan sulit ditata.

Untuk mengatasinya, bunda perlu mengetahui dulu apa saja yang menyebabkan rambut kering. Dengan begitu kita bisa mencegahnya dan mengatasinya dengan cara yang tepat.

penyebab dan cara mengatasi rambut kering, kusam, dan kasar

Penyebab Rambut Kering dan Kasar

Rambut kering umumnya disebabkan oleh berkurangnya tingkat kelembaban pada rambut dan kulit kepala. Namun selain hal tersebut masih ada banyak penyebab rambut kering lainnya seperti berikut,

  • Faktor Lingkungan - Lingkungan yang penuh dengan polusi, debu, kotoran, dan cuaca yang panas rentan merusak rambut dan membuatnya kering.
  • Menggunakan Produk yang Salah - Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak sesuai dengan jenis rambut bunda dapat menimbulkan efek samping seperti rambut kering. Jadi saat memilih sampo dan kondisioner, selalu periksa label produk perawatan rambut.
  • Cara Keramas yang Salah - Meski terlihat baik, terlalu sering keramas malah bisa membuat rambut rusak karena hilangnya minyak alami pada rambut, apalagi jika kita sering menggunakan sampo yang tidak sesuai dengan jenis rambut.
  • Kekurangan Nutrisi - Sama seperti anggota tubuh lainnya, rambut juga butuh nutrisi agar ia bisa tumbuh dengan baik. Makanya pada beberapa jenis diet tertentu, efek samping yang dihasilkan seringkali berupa rambut rontok yang disebabkan oleh berkurangnya asupan nutrisi tertentu.
  • Menggunakan Alat Styling Rambut - Alat yang sering digunakan untuk menata rambut dan menghasilkan panas seperti hair dryer, catokan, atau pengeriting rambut bisa menghilangkan minyak alami rambut dan membuatnya lebih cepat kering.
  • Sering Menggunakan Pewarna Rambut - Beberapa pewarna rambut memiliki bahan kimia keras yang dapat menghilangkan kelembaban dan merusak rambut jika digunakan terlalu sering.
  • Kurang Minum Air Putih - Manfaat air putih tidak hanya dirasakan oleh anggota tubuh bagian dalam saja, tapi juga kuku dan rambut. Jadi pastikan bunda tetap terhidrasi agar rambut tetap lembab dan tidak mudah kering.

Cara Mengatasi Rambut Kering, Kusam, dan Kasar

Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, bunda bisa mencari tahu cara mengatasi rambut kering sesuai dengan penyebabnya.

1. Jangan terlalu sering keramas

Mencuci rambut dan kulit kepala setelah beraktivitas seharian memang menyenangkan dan bisa membuat kita tenang. Tapi jika bunda memiliki masalah rambut kering, ada baiknya tidak terlalu sering keramas, apalagi jika menggunakan sampo.

Meski ampuh untuk membersihkan rambut dan area kepala, sampo juga bisa mengurangi sebum (minyak alami pada kulit kepala). Saat jumlah sebum berkurang, rambut akan terasa lebih kering, kurang berkilau, dan akan sulit untuk ditata.

Karena itulah, hindari keramas terlalu sering. Bila tidak terlalu kotor, keramas 1-2 kali dalam seminggu juga masih wajar kok bun!

2. Gunakan sampo khusus rambut kering

Agar masalah rambut kering lebih mudah diatasi, produk yang digunakan tentu harus sesuai dengan masalah yang sedang dialami. Jadi jika rambut terasa kering dan kusam, kita bisa menggunakan sampo khusus rambut kering.

Sampo khusus rambut kering biasanya memiliki formula khusus seperti kandungan pH yang lebih rendah untuk menjaga rambut agar tetap lembab. Selain itu sampo untuk rambut kering juga sudah memiliki kandungan yang bisa menggantikan minyak alami rambut seperti minyak zaitun, grape seed oil, jojoba oil atau minyak buatan, seperti amodimethicone, dimethicone, dimethiconol, dan cyclomethicone.

Tidak hanya itu, sampo untuk rambut kering juga umumnya tidak lagi menggunakan alkohol yang bisa membuar rambut lebih kering dari sebelumnya.

3. Gunakan conditioner setelah keramas

Menambahkan conditioner setelah keramas bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasi rambut kering. Sama seperti moisturizer, conditioner juga dapat menjaga kelembaban rambut dan mengganti minyak rambut yang hilang setelah selesai keramas. Pastikan saja kondisioner yang digunakan cocok dengan masalah rambut kering dan mengembang.

Selain itu Conditioner juga bisa memberi nutrisi tambahan pada rambut, merapikan kutikula rambut, dan mencegahnya dari kerusakan seperti rambut kering, mengembang, rapuh, atau bercabang.

4. Bilas rambut dengan air dingin

Keramas dan mandi dengan air dingin dapat membuat rambut menjadi lebih lembap dan tumbuh lebih subur. Jadi setelah menggunakan sampo untuk rambut kering, bilaslah rambut dengan air dingin untuk memperbaiki rambut sekaligus menyegarkan kulit kepala.

5. Konsumsi makanan sehat

Sama seperti anggota tubuh lainnya, rambut juga memerlukan nutrisi agar dapat tumbuh dengan sehat dan sempurna. Nah, salah satu cara untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh rambut adalah dengan memakan makanan sehat.

Agar rambut tumbuh sehat dan tidak kering, bunda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, protein, vitamin D, asam folat, vitamin B12, dan selenium seperti kacang-kacangan, bayam, alpukat, atau telur.

Selain itu bunda juga bisa memakan makanan yang kaya protein dan omega-3 agar rambut sehat dan tampak bersinar seperti ikan salmon, ikan tuna, atau tiram.

6. Gunakan vitamin untuk rambut

Selain memakan makanan sehat, bunda juga bisa memperoleh nutrisi yang dibutuhkan rambut melalui suplemen khusus.

Untuk rambut kering, pilih suplemen dengan komposisi vitamin lengkap seperti vitamin A untuk meningkatkan produksi minyak alami rambut agar rambut tetap lembab dan tidak mudah kering.

7. Gunakan minyak esensial

Cara lain untuk mengatasi rambut kering dan kusam adalah dengan memberinya nutrisi alami untuk rambut kering. Salah satu caranya adalah dengan mengoleskan minyak esensial. Minyak alami seperti ini dapat membantu mengganti minyak alami rambut yang hilang dan menjaga kelembaban rambut.

Tidak hanya itu, minyak esensial juga bisa memberi nutrisi pada rambut dan bisa digunakan untuk meluruskan rambut secara alami.

Beberapa minyak esensial yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada rambut antara lain minyak argan, minyak kelapa, minyak lavender, atau minyak daun peppermint.

8. Potong bagian ujung rambut

Rambut yang kering umumnya akan membuat bagian ujung rambut rusak dan bercabang. Jika dibiarkan, kerusakan pada rambut akan semakin parah dan membuat rambut tampak kusam dan sulit diatur.

Untuk mengatasinya, bunda bisa memotong bagian ujung rambut yang mengalami kerusakan. Meski bisa dilakukan sendiri, ada baiknya jika bunda melakukannya di salon agar hasilnya lebih rata.

9. Kurangi penggunaan hair dryer

cara mengatasi rambut kering dan kasar dengan membatasi penggunaan hair dryer

Alat styling rambut seperti hair dryer atau pengeriting rambut sering digunakan dalam menata rambut. Namun panas yang dihasilkan oleh alat tersebut bisa membuat rambut cepat kering, apalagi bila terlalu sering dipakai.

Untuk mengatasi kerusakan rambut akibat alat styling, tentu bunda hanya perlu membatasi saja penggunaannya. Jika tidak terlalu penting, ada baiknya dihindari saja.

10. Gunakan topi saat berada di luar ruangan

Sinar UV yang berasal dari paparan sinar matahari adalah salah satu penyebab utama rambut kering dan kusam.

Jika bunda sering berada di luar ruangan, pertimbangkan untuk menggunakan topi atau penutup kepala lainnya saat berada di lingkungan outdoor.

Tidak hanya melindungi kepala dari sinar UV, topi juga bisa mencegah debu dan kotoran lain menempel pada rambut

Dan jika bunda hobi berenang, jangan lupa juga untuk memakai penutup kepala agar rambut terlindungi dari zat klorin atau air garam yang bisa membuat rambut kering.

11. Jangan terlalu sering mewarnai rambut

Jika bunda memiliki jenis rambut yang kering, sebisa mungkin hindari terlalu sering mewarnai rambut. Bukannya tanpa alasan, bahan kimia dalam pewarna rambut bisa membuat rambut menjadi kering dan lebih rapuh.

Namun bila bunda hobi mengganti penampilan dengan mengubah warna rambut, pastikan bunda juga rajin melakukan perawatan rambut dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkannya.


Rambut yang indah alami tentu menjadi impian wanita. Namun hal ini menjadi sulit jika kita memiliki rambut yang kering, kasar, dan kusam. Untungnya ada banyak cara untuk mengatasi rambut kering seperti itu. Selain rajin melakukan perawatan di salon, bunda bisa menggunakan beberapa tips mudah di atas.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.