6 Manfaat Jogging untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Jogging jadi salah satu bentuk olahraga yang mudah dilakukan siapa saja. Tapi tidak hanya itu, manfaat jogging ternyata juga tidak kalah dibanding jenis olahraga lainnya.

Untuk memulai jogging, peralatan yang dibutuhkan sangatlah sederhana. Cukup dengan sepatu lari, bunda sudah bisa jogging sendiri mengelilingi lingkungan sekitar rumah.

Meski gerakannya sangat simpel, manfat jogging sangatlah beragam. Tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh, jongging juga bisa jadi terapi untuk kesehatan mental bunda.

Lalu apa saja manfaat jogging lainnya? Simak terus artikel ini yah!

Manfaat Jogging

manfaat jogging untuk kesehatan tubuh dan mental

1. Memperkuat paru-paru

Manfaat jogging pertama yang bisa bunda rasakan adalah menguatnya paru-paru. Paru-paru sendiri berfungsi utnuk menyediakan oksigen ke seluruh tubuh. Saat bunda jogging, paru-paru akan bekerja lebih keras agar suplai oksigen ke otot dan organ lainnya terpenuhi.

Jika dilakukan dengan rutin, otot pada paru-paru juga akan berkembang dengan baik. Tidak hanya itu, kapasitas paru-paru juga bisa ikut meningkat dan membuat paru-paru bekerja lebih efisien.

Menguatnya paru-paru akan baik untuk kesehatan bunda. Bunda pun tidak perlu terengah-engah saat melakukan aktivitas berat di rumah.

2. Memperkuat otot

Saat jogging, bunda akan lebih banyak menggunakan otot bagian bawah seperti otot pada area betis, paha, dan pinggul. Namun yang banyak tidak disadari, jogging juga bisa digunakan untuk melatih otot perut dan otot inti yang berfungsi untuk menjaga kestabilan tubuh.

Jika dilakukan secara rutin, jogging dapat memperkuat dan mengencangkan otot-otot tersebut.

3. Membantu menurunkan berat badan

Jika bunda mencari cara yang mudah untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan, maka jogging bisa jadi salah satu opsi terbaik.

Dari tabel penelitian yang dikeluarkan Universitas Harvard, jogging dan berlari kecil selama 30 menit bisa membakar ratusan kalori tergantung kecepatan lari bunda. Tidak hanya itu, semakin tinggi berat badan, semakin banyak pula kalori yang terbakar.

Kecepatan62,5 Kg77,5 Kg92,5 Kg
3.5 mph120149178
4.5 mph150186222
5 mph240298355

4. Mencegah diabetes

Di dalam tubuh kita terdapat hormon insulin yang berfungsi untuk mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Orang yang mengalami diabetes atau pra-diabetes biasanya memiliki sedikit kelainan di mana sel tubuh tidak merespon insulin dengan baik.

Nah, orang yang rajin berolahraga seprti jogging terbukti dapat menurunkan tingkat resistansi insulin ini sehingga bisa tercegah dari penyakit diabetes.

5. Mengobati stres dan membantu mengatasi depresi

manfaat jogging untuk kesehatan mental seperti mengatasi stres

Ada banyak penelitian yang menunjukan bahwa olahraga aerobik seperti jogging atau berlari terbukti dapat menurunkan tingkat stres. Hal ini bisa terjadi karena aktivitas fisik bisa memperbanyak produksi hormon endorphins yang bisa meningkatkan mood kita.

Selain itu olahraga fisik seperti jogging juga bisa berfungsi seperti meditasi karena pikiran akan fokus pada pergerakan tubuh sehingga bunda bisa sejenak melupakan hal-hala yang membuat stres.

6. Membantu merawat tulang belakang

Tahu gak sih bun kalau di antara tulang belakang terdapat cakram kecil dan fleksibel yang berfungsi sebagai bantalan yang dapat melindungi tulang belakang. Bantalan ini sendiri terdiri dari cairan yang bisa menyusut dan aus seiring bertambahnya usia.

Dari beberapa penelitian terungkap bahwa tingkat pelumas serta hidrasi bantalan tulang belakang pada pelari lebih tinggi dibanding mereka yang jaran gbergerak. Jadi agar bantalan tulang belakang tetap fleksibel dan bekerja dengan baik, bunda bisa melakukan olahraga secara rutin.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Jogging?

Jogging sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, apalagi kini ada gym yang menyediakan treadmill.

Namun jika bunda memilih untuk jogging di ruangan terbuka, pagi dan sore hari jadi pilihan terbaik, terutama karena sinar matahari juga tidak terlalu terik.

Kelebihan jogging di pagi hari adalah udaranya yang lebih segar. Jogging singkat di pagi hari juga bisa menjadi cara yang baik untuk memulai hari dan membuat tubuh terasa segar saat beraktivitas di siang hari.

Sementara jogging di sore hari diklaim akan membakar lebih banyak kalori dan cocok untuk bunda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu jogging di sore hari juga akan cocok untuk bunda yang ingin melepaskan penat setelah beraktivitas seharian.

Kapanpun bunda melakukannya, pastikan olahraga tersebut dilakukan secara rutin. Lumayan kan bisa mendapat banyak manfaat jogging.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama