7 Tips Hidup Sehat Sejak Dini untuk Mencegah Kanker

Januari 09, 2021

Kanker menjadi salah satu penyakit mematikan yang dapat menyerang siapa saja. Karena itulah kita harus bisa menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari kanker.

Pencegahan kanker sendiri baiknya dilakukan sejak dini karena ada beberapa jenis kanker yang bisa muncul tanpa menimbulkan gejala awal sama sekali.

Nah, salah satu cara untuk mencegah kanker adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. Sebagai tips, bunda bisa mencoba menerapkan beberapa hal berikut ini.

Cara Mencegah Kanker dengan Pola Hidup Sehat

cara mencegah kanker dengan hidup sehat

1. Menerapkan pola makan sehat

Cara pertama yang bisa bunda lakukan untuk mencegah kanker adalah dengan menerapkan pola makan sehat. Jadi jika bunda sebelumnya lebih banyak mengkonsumsi makanan instan dan makanan tidak sehat lainnya, bunda bisa menggantinya secara perlahan dengan makanan dan minuman lain yang lebih menyehatkan.

Dengan menerapkan pola makan sehat, tubuh akan memiliki sistem imun yang lebih kuat dan bisa membantu melawan beragam penyebab penyakit yang dapat menyerang tubuh.

Dan khusus untuk melawan kanker, bunda bisa coba memperbanyak makanan dan minuman yang berpotensi mencegah kanker seperti:

  • Sayur cruciferous seperti bayam, kale dan selada yang mengandung sulforaphane yang berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan tumor.
  • Buah-buahan kaya antioksidan seperti jeruk, stroberi, lemon, atau apel yang bisa menangkal radikal bebas yang dapat memicu penyakit kanker.
  • Ikan laut seperti ikan salmon yang kaya akan lemak baik, omega 3 dan vitamin D. Ketiga nutrisi ini berpotensi untuk menurunkan risiko kanker yang biasanya mengintai saluran pencernaan.
  • Teh hijau yang mengandung senyawa katekin dan epigallocatechin gallate yang dipercaya bisa menghambat pertumbuhan sel kanker perut dan paru-paru.

2. Hindari rokok dan asapnya

Rokok merupakan salah satu faktor penyebab kanker yang umum terjadi di Indonesia. Di dalam rokok terdapat zat-zat kimia yang bisa memicu penyakit kanker seperti amonia, arsenik, formaldehida dan tar. Selain itu bahan pewarna yang digunakan pada filter rokok juga berbahaya bagi tubuh.

Tidak hanya kanker paru-paru saja, rokok juga bisa menyebabkan kanker kerongkongan, mulut, tenggorokan, ginjal, perut, pankreas, hingga kanker rahim. Dan bahaya asap rokok tidak hanya mengintai perokok aktif saja, tetapi juga orang di sekitar yang menghisap asap rokok milik orang lain. Jadi hindari asap ini sebisa mungkin yah bun!

3. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak dan gula

Kegemukan serta obesitas juga menjadi salah satu faktor penyebab kanker yang bisa dihindari dengan mudah.

Kegemukan umumnya dipicu karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kalori, lemak tidak sehat, serta gula tambahan. Jadi untuk mengurangi risiko kanker di kemudian hari, bunda bisa mengurangi makanan dan minuman tersebut dari sekarang.

4. Konsumsi lebih banyak air putih

Meski sekilas terlihat biasa saja, air putih ternyata memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Salah satu manfaat air putih adalah untuk membantu mengeluarkan toxin penyebab kanker dari dalam tubuh. Hal ini tentu lebih menyehatkan dibanding minuman berwarna kan bun?

5. Rajin berolahraga

rajin olahraga untuk membuat tubuh bugar dan tidak mudah terkena penyakit

Tips lain yang bisa bunda lakukan adalah rajin berolahraga. Selain membuat fisik lebih bugar dan tidak mudah terkena penyakit, olahraga secara rutin juga bisa membantu mencegah kanker. Lagipula menyenangkan kan punya tubuh fit yang enak digunakan dalam aktivitas apapun?

Jika bunda belum pernah berolahraga, cobalah olahraga ringan terlebih dahulu seperti jalan kaki. Tidak perlu terlalu lama, yang penting bunda bisa konsisten dalam menjalankannya. Saat tubuh sudah mulai terbiasa, bunda bisa meningkatkan intensitasnya seperti lari atau olahraga dengan beban.

6. Batasi makan makanan yang dibakar

Makanan yang dibakar seperti sate, ayam bakar, atau ikan bakar tentu sangat menggugah selera kan bun?

Sayangnya makanan yang dibakar ternyata sangat tidak baik untuk tubuh dan malah bisa menyebabkan kanker.

Berdasarkan keterangan langsung dari Kemenkes RI, kandungan protein pada ikan dan daging dapat bereaksi dengan suhu tinggi dari pembakaran dan membentuk senyawa karsinogenik. Senyawa ini nantinya bisa merusak komposisi DNA dan memicu perkembangan sel kanker.

Jadi jika bunda masih suka makan makanan yang diolah dengna cara dibakar, ada baiknya mulai dibatasi sejak sekarang.

7. Lakukan Deteksi Dini

Hal terakhir yang bisa bunda lakukan untuk mencegah kanker adalah dengan melakukan deteksi dini.

Pada stadium awal, kanker umumnya tidak menampakan gejala apapun. Gejala berat biasanya baru terasa saat kanker sudah ada pada stadium lanjut. Jadi untuk mengetahui apakah ada bibit kanker yang mulai tumbuh, kita bisa melakukan deteksi sedini mungkin.


Kanker adalah penyakit mematikan yang bisa menimpa siapa saja. Tidak hanya orang tua, bahkan remaja dan anak kecil pun bisa terkena penyakit ini.

Untuk itulah, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan sejak dini. Selain rutin mengkonsumsi makanan dan minuman sehat, rajin berolahgara juga menjadi kunci agar tubuh tidak mudah terkena beragam penyakit seperti kanker.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.