10 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Gigi

Memiliki gigi putih dan sehat tentu menjadi impian banyak orang. Untuk mendapatkannya, bunda bisa rutin memperhatikan kebersihan gigi dan mulut.

Sayangnya hal ini saja tidak cukup. Terkadang gigi dan gusi bisa mengalami masalah karena kebiasaan buruk yang kita lakukan.

Nah, agar kesehatan gigi dan gusi tetap terjaga, hindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi berikut ini.

kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi

1. Menggigit Kuku

Menggigit kuku tangan menjadi salah satu kebiasaan yang mungkin jarang disadari. Kebiasaan ini bisa muncul saat seseorang mengalami rasa gelisah atau takut sehingga mereka butuh sesuatu untuk mengalihkan perhatian mereka.

Sayangnya terlalu sering menggigit kuku akan membawa masalah besar di kemudian hari, terutama pada bagian rahang dan gigi. Belum lagi hal ini menjadi salah satu cara kuman masuk ke dalam mulut dan menimbulkan masalah kesehatan lainnya.

2. Menggemeratakkan Gigi

Selain menggigit kuku, kebiasaan buruk lain saat orang sedang panik adalah menggemeretakkan gigi (bruksisme). Akibat dari kebiasaan ini bermacam-macam, mulai dari nyeri pada rahang, merusak gigi, hingga menyebabkan rasa sakit kepala.

3. Menyikat Gigi Terlalu Kuat

Menyikat gigi adalah cara terbaik untuk menjaga kebersihan gigi dan rongga mulut. Namun hati-hati, menyikat gigi terlalu keras justru akan merusak lapisan pelindung (enamel) pada gigi. Tidak hanya itu, menggosok gigi terlalu kuat juga berpotensi untuk melukai gusi atau malah membuatnya berdarah.

4. Menggunakan Tusuk Gigi

Tusuk gigi sering digunakan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi atau pada gigi yang berlubang. Namun penggunaan tusuk gigi atau benda lain yang tidak diperuntukan untuk perawatan gigi akan membuat gigi menjadi lebih renggang atau bahkan melukai gusi.

Sebagai alternatif, lebih baik menyikat gigi atau menggunakan dental floss untuk menghilangkan makanan yang tersangkut pada sela-sela gigi.

5. Mengunyah Es Batu

Saat mengkonsumsi minuman dingin, tidak jarang ada beberapa orang yang senang mengunyah sisa es batu di dalamnya. Meski es batu tidak berbahaya, teksturnya yang keras saat dikunyah malah dapat mengikis lapisan enamel gigi dan bahkan berpotensi untuk membuat gigi patah atau terpotong.

6. Menggunakan Gigi Sebagai Alat

Dengan teksturnya yang keras dan cukup tajam, gigi seringkali digunakan sebagai alat untuk membuka berbagai macam hal mulai dari membuka kemasan makanan, memotong tali plastik, sampai membuka tutup botol. Hindari gigi selain untuk mengunyah makanan agar gigi tidak mudah patah.

7. Sering Mengkonsumsi Makanan Manis

sering mengkonsumsi minuman bersoda bisa merusak gigi

Makanan manis seperti gula, permen, atau minuman bersoda dikenal lama sebagai makanan yang harus dihindari agar tidak mengalami kerusakan gigi. Tapi tidak cuma itu, makanan manis juga bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut, dan bila dibiarkan, gula dapat menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius seperti obesitas atau diabetes.

8. Merokok

Merokok tidak hanya buruk untuk kesehatan saluran pernapasan tapi juga gigi dan rongga mulut. Selain menyebabkan bau mulut, rorok juga bisa menimbulkan masalah gusi berdarah, tenggorokan kering, atau membuat gigi menjadi kuning.

9. Menghisap Jempol dan Jari Tangan

Menghisap jempol dan jari tangan adalah hal yang wajar untuk balita. Namun setelah usianya sudah lebih dari 5 tahun, kebiasaan menghisap jari malah bisa membawa dampak buruk bagi perkembangan gigi karena dapat membuat gigi tumbuh dalam posisi yang tidak beraturan / tidak seharusnya.

10. Tidak Menyikat Gigi

Kebiasaan buruk lain yang dapat mengganggu kesehatan gigi dan gusi adalah tidak menggosok gigi, terutama di malam hari sebelum tidur. Setelah digunakan untuk mengunyah berbagai macam makanan di siang hari, mulut bisa penuh dengan berbagai macam zat yang dapat merusak gigi. Selain itu menyikat gigi juga bisa dilakukan untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri jika tidak segera dibersihkan.


Nah itu dia beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak gigi dan gusi. Jadi hindari kebiasaan tersebut dan ganti dengan kebiasaan lain yang baik untuk kesehatan gigi.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama