8 Buah yang Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Buah adalah makanan sehat yang kaya akan vitamin dan kandungan gizi lainnya. Selain memberikan rasa segar, mengkonsumsi buah juga baik untuk kesehatan tubuh dan mencegah penyakit.

Namun, beberapa jenis buah menjadi salah satu pantangan makanan bagi penderita diabetes. Meski merupakan gula alami, buah dapat meningkatkan kadar gula darah dan membuatnya tidak terkontrol.

Agar penderita diabetes dapat menikmati segarnya buah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan,

  • Memiliki indeks glikemik rendah: Indeks glikemik adalah ukuran kecepatan suatu makanan untuk diproses tubuh menjadi gula darah. Agar aman, pilihlah buah dengan IG rendah di bawah 55.
  • Hindari buah kering: Proses pengeringan membuat kadar IG buah meningkat sehingga tidak aman dikonsumsi penderita diabetes.
  • Hindari jus buah: Hindari jus buah, terutama yang menggunakan pemanis. Selain itu menyajikan buah dengan cara ini akan merusak serat pada buah yang bisa menyebabkan naiknya gula darah.

Nah, jika bunda ingin mencicipi buah tanpa khawatir mengganggu kadar gula darah, berikut adalah beberapa buah yang boleh dikonsumsi penderita diabetes.

buah yang boleh dikonsumsi penderita diabetes

1. Alpukat

Alpukat adalah buah yang aman untuk dikonsumi penderita diabetes. Buah ini bisa dikonsumsi langsung atau dibuat dalam bentuk salad.

Pada alpukat terdapat kandungan lemak tak jenuh yang baik untuk mengontrol gula darah dalam tubuh. Selain itu buah tropis ini juga mengenyangkan dan dapat meningkatkan kinerja hormin insulin.

Tidak hanya itu, alpukat juga diklaim mampu menurunkan risiko metabolik yang seringkali menjadi pemicu diabetes.

2. Apel

Aple adalah buah yang mudah ditemui di mana saja dan kapan saja. Buah ini dikenal mengandung banyak vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Indeks glikemik apel sendiri sangat beragam tergantung jenis apelnya. Namun umumnya nilainya berkisar antara 39-55 sehingga aman untuk penderita diabetes.

Saat dikonsumsi, ada baiknya bunda juga memakan kulitnya karena pada bagian tersebut terdapat kandungan nutrisi serta antioksidan yang tidak kalah banyak dibanding isinya.

3. Stroberi

Buah berry seperti stroberi atau blackberri adalah buah yang boleh dikonsumsi penderita diabetes. Selain kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan, buah beri juga memiliki nilai indeks glikemik yang rendah, yaitu 41.

Satu hal lain yang cukup unik dari stroberi adalah adanya senyawa fisetin yang juga banyak ditemukan pada apel dan tomat.

Senyawa antioksidan ini memang tidak akan mengurangi kadar gula darah secara langsung, melainkan membantu menurunkan risiko pembengkakan ginjal dan mengurangi risiko komplikasi retinopati diabetik.

4. Jeruk

Jeruk juga termasuk buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes. Selain kaya kandungan vitamin C, jeruk juga memiliki indeks glikemik yang rendah, yaitu 40. Jeruk bali bahkan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, sekitar 25.

Tidak hanya itu, jeruk juga banyak mengandung asam folat dan kalium yang baik untuk menjaga tekanan darah.

5. Mangga

Buah tropis dengan daging berwarna kuning ini mengandung banyak vitamin A serta vitamin C yang baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh pasien diabetes. Kandungan seratnya yang tinggi juga baik untuk membantu menjaga sistem pencernaan.

Selain itu mangga juga mengandung mangiferin yang diklaim mampu membantu mengurangi kadar gula dalam tubuh.

6. Pir

Buah pir juga baik untuk penderita kencing manis karena memiliki nilai glikemiks rendah, yaitu 38. Selain itu kandungan seratnya juga cukup tinggi dan memakan satu buah pir sudah cukup untuk memenuhi 20% kebutuhan serat harian.

Satu komponen penting pada buah pir adalah flavonoid yang disebut dapat mencegah sekaligus mengobati diabetes. Klaim ini berasal dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Center for Disease Control and Prevention (CD) yang menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari mengalami penurunan risiko diabetes secara signifikan.

7. Kiwi

Kiwi bisa jadi buah lainnya yang bisa dikonsumsi secara aman oleh penderita diabetes. Tingginya kandungan serat dan air, serta nilai indeks glikemiknya yang rendah dapat memperlambat laju penyerapan glukosa dalam tubuh.

Selain itu kiwi juga bisa jadi salah satu makanan yang patut masuk dalam menu diet bunda. Selain cukup mengenyangkan, kiwi juga mengandung banyak nutrisi sehat seperti kalium, serat, dan vitamin C.

8. Jambu Biji

Jambu biji mengandung banyak serat dan antioksidan yang dipercaya mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, buah ini juga memiliki khasiat lain seperti menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.

9. Ceri

Baik ceri asam maupun ceri manis sama-sama mengandung polifenol dan vitamin C. Keduanya baik untuk mencegah peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang menjadi pemicu komplikasi diabetes. 

Tidak hanya itu, pada buah ceri terdapat antosianis yang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada pasien diabetes.


Itu dia beberapa buah yang boleh dikonsumsi penderita diabetes. Meski dibolehkan, bunda tetap harus berhati-hati dalam mengkonsumsinya agar tidak berlebihan dan malah mengganggu kadar gula dalam darah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama