11 Makanan yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Tidak seperti orang sakit pada umumnya, orang yang mengalami diabetes memiliki cukup banyak pantangan dalam urusan makanan. Sembarangan makan bisa mengakibatkan naiknya gula darah yang bisa memperparah kondisi mereka.

Karena itulah, penderita diabetes umumnya akan mendapatkan anjuran untuk tidak mengkonsumsi beberapa jenis makanan. Selain itu mereka juga disarankan untuk lebih banyak makan makanan tertentu agar kebutuhan gizi mereka tetap terpenuhi dengan baik.

Nah, bagi bunda atau anggota keluarga yang mengalami hal tersebut, berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari penderita diabetes.

Pantangan Makanan Penderita Diabetes

1. Nasi, Roti Putih, dan Pasta

makanan yang harus dihindari penderita diabetes

Mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi telah terbukti dapat meningkatkan kadar gula darah secara signifikan pada penderita diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2.

Karena itulah, penderita diabetes dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi seperti roti putih, nasi, atau pasta.

2. Makanan dalam Kemasan

Makanan dalam kemasan seperti biskuit memang enak untuk dikonsumsi, namun tidak untuk penderita diabetes.

Makanan semacam ini biasanya dibuat menggunakan tepung olahan yang kaya akan kandungan karbohidrat tinggi sehingga dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. Selain itu nutrisinya juga tidak terlalu banyak sehingga tidak banyak memberikan dampak positif bagi tubuh.

3. Minuman dengan Pemanis

Minuman yang menggunakan pemanis, baik yang diberi gula atau minuman dalam kemasan, wajib dihindari penderita diabetes. Selain memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, minuman manis juga mengandung fruktosa yang dapat meningkatkan resistansi insulin dan memperbesar risiko diabetes.

Tidak hanya bagi penderita diabetes, minuman dengan pemanis juga sangat dianjurkan untuk dihindari siapa saja yang ingin memiliki pola hidup yang sehat dan menghindari diabets. Sebagai alternatif, mengkonsumsi air putih atau teh tanpa gula akan memberi khasiat yang jauh lebih baik.

4. Buah dan Jus Buah

Meski buah dan jus buah merupakan makanan dan minuman yang bernutrisi tinggi, keduanya disarankan untuk dihindari penderita diabetes.

Buah maupun jus buah dengan indeks glikemik yang tinggi memiliki pengaruh besar terhadap kadar gula dalam darah. Keduanya mengandung fruktosa yang dapat meningkatkan resistansi insulin yang dapat menyebabkan obesitas hingga penyakit jantung.

Meski begitu bukan berarti buah tidak boleh dikonsumsi sama sekali. Bila bunda ingin mengkonsumsi buah, pilihan buah dengan indeks glikemik rendah yang boleh dikonsumsi penderita diabetes. Selain itu ingat untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.

5. Kopi Instan

Kopi sebenarnya memiliki banyak manfaat kesehatan selama dikonsumsi dengan bijak, termasuk untuk menurunkan risiko diabetes. Namun agar bunda bisa mendapatkan khasiat tersebut, jangan menambahkan gula atau pemanis lainnya pada kopi tersebut.

6. Makanan yang Mengandung Lemak Trans

penderita diabetes harus menghindari makanan yang mengandung lemak trans seperti gorengan

Lemak trans adalah salah satu jenis lemak tak jenuh yang dapat ditemukan di alam namun biasanya disintesis secara buatan. Lemak semacam ini biasanya ditemukan pada margarin, krim, mentega, biskuit kalengan, dan makanan yang digoreng.

Sejauh ini memang belum ada data pasti mengenai hubungan langsung antara lemak trans dengan diabetes. Namun diketahui bahwa mengkonsumi makanan yang kaya lemak tak jenuh dapat meningkatkan resistansi insulin dan naiknya kadar gula darah.

Selain itu hal ini juga dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh sehingga risiko diabetes pun meningkat.

7. Sereal Manis

Sereal adalah menu sarapan sehat yang dapat mengenyangkan sekaligus memberi nutrisi untuk dapat beraktivitas sehari-hari

Namun tingginya kadar karbohidrat pada sereal membuat makanan renyah ini tidak cocok disantap oleh penderita diabetes.

Selain itu kandungan proteinnya juga sangat rendah. Padahal nutrisi ini dapat membantu bunda untuk merasa kenyang lebih lama sekaligus menjaga agar kadar gula darah tetap stabil seharian.

8. Yogurt dengan Perasa

Yogurt tanpa perasa sebenarnya boleh dikonsumsi penderita diabetes. Namun yogurt yang sudah dicampur dengan perasa sangat tidak dianjurkan karena dibuat menggunakan susu rendah lemak yang banyak mengandung gula dan karbohidrat.

9. Madu

madu jadi salah satu pantangan makanan bagi penderita diabetes

Madu adalah bahan alami yang memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Rasanya yang manis juga cocok untuk menggantikan gula sebagai pemanis.

Namun sayangnya masih ada banyak penelitian yang kontradiktif mengenai manfaat madu untuk penderita diabetes. Sekilas, gula dan madu hampir mirip karena mengandung karbohidrat dan fruktosa serta memiliki nilai indeks glikemik yang hampir mirip. Bedanya madu memiliki nilai nutrisi yang jauh lebih tinggi.

Menimbang banyaknya produk olahan madu yang kini dibuat dengan beragam bahan campuran lainnya, ada baiknya bila madu menjadi pantangan makanan untuk penderita diabetes.

10. Buah-Buahan Kering

Buah merupakan sumber beberapa vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sayangnya buah mengandung gula yang cukup tinggi dan akan berbahaya bila dikonsumsi secara berlebihan oleh penderita diabetes.

Apalagi bila buah-buahan tersebut dikeringkan terlebih dahulu. Proses penghilangan air pada pembuatan buah kering dapat membuat kandungan gulanya menjadi lebih pekat.

11. Kentang Goreng

Kentang goreng jadi makanan terakhir yang harus jadi pantangan makanan untuk penderita diabetes.

Kentang sendiri memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan tidak cocok untuk penderita diabetes. Namun saat digoreng, kentang menjadi lebih berbahaya karena juga mengandung asam lemak tak jenuh.

Hal ini tidak hanya meningkatkan risiko diabetes saja, tapi juga masalah kesehatan lainnya seperti penyakit jantung atau bahkan kanker.


Penderita penyakit diabetes sangat dianjurkan untuk menghindari makanan yang kaya akan gula, lemak trans, dan karbohidrat. Bila tidak dilakukan, maka kondisi tubuh bisa memburuk dan menimbulkan banyak komplikasi.

Meski ada banyak makanan yang harus dihindari penderita diabetes, masih ada banyak alternatif sehat lainnya seperti beras merah, brokoli, ikan laut, atau daging tanpa lemak.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama