7 Manfaat madu untuk Kecantikan dan Cara Menggunakannya

Desember 28, 2020

Madu adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan nutrisi. Dengan kandungan di dalamnya, madu seringkali digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh serta sebagai obat untuk menyembuhkan beragam penyakit.

Khasiat madu sendiri sudah dikenal cukup lama. Baik di peradaban Yunani kuno, Romawi, hingga peradaban Islam di masa lampau menyebutkan madu sebagai salah satu cara untuk mengatasi beragam masalah kesehatan.

Namun tidak itu saja bun, madu juga sering digunakan untuk merawat kecantikan kulit. Tidak hanya dengan mengkonsumsinya langsung, bunda juga bisa memperoleh khasiat madu dengan cara mengoleskannya ke kulit.

Hmm, kira-kira apa saja sih manfaat madu untuk kecantikan? simak terus artikel ini yuk!

Manfaat Madu untuk Kecantikan

manfaat madu untuk kecantikan dan cara menggunakannya

1. Melembabkan kulit dan mengatasi keriput

Ada alasan kenapa banyak produk kecantikan yang menggunakan madu sebagai salah satu bahan dasarnya. Salah satunya adalah kemampuan madu untuk dapat melembabkan kulit secara alami.

Enzim yang terdapat di dalamnya membuat madu dapat meresap ke dalam kulit sehingga mampu melembabkan dan melembutkan kulit dari dalam. Selain itu beragam kandungan lain dalam madu dapat digunakan untuk mengatasi keriput dan mencegah penuaan dini.

Untuk menggunakan madu sebagai pelembab alami, kita bisa mengoleskan madu pada kulit dan mendiamkannya selama 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih lalu keringkan.

2. Mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit

Manfaat madu untuk kecantikan lainnya adalah untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit tampak bersih dan sehat.

Dengan kandungan antioksidan, antiseptic, dan antibacterial, madu dapat membantu mengangkat kotoran dari dalam pori-pori dan menangkal radikal bebas. Selain itu madu juga bisa melembabkan dan mengencangkan pori-pori untuk menghasilkan kulit yang bersih.

Untuk menggunakan madu sebagai pembersih kulit alami, bunda bisa mencampurkan madu, gula pasir, dan sedikit minyak kelapa. Setelah itu usap campuran bahan-bahan tersebut lalu bilas dengan air bersih.

3. Menghilangkan bekas luka

Madu adalah pelembab sekaligus antiseptik alami yang tidak hanya membuat kulit tampak lebih lembut dan sehat, tapi juga bisa membantu menyamarkan bekas luka.

Beragam kandungan dalam madu dapat meminimalkan peradangan dan membantu menyembuhkan kulit lebih cepat. Selain itu kandungan anti oksidannya juga bisa membantu memperbaiki kulit yang rusak.

Jika ingin menggunakan madu untuk menghilangkan bekas luka, bunda bisa mengoleskannya pada jaringan kulit yang terluka. Lakukan hal ini secara rutin sampai bekas luka berangsur-angsur hilang.

4. Mengatasi bibir pecah-pecah

Selain mengatasi masalah pada kulit wajah, madu juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada bibir.

Sebagai contoh, madu bisa menjadi pelembab alami untuk mengatasi bibir kering hingga bibir pecah-pecah.

Untuk menggunakannya, bunda hanya perlu mengoleskan madu pada bibir, biarkan meresap lalu bilas dengan air bersih.

5. Memerahkan bibir secara alami

Selain mengatasi masalah bibir kering, madu juga bisa digunakan merawat bibir dan membuatnya merah secara alami.

Cara pakainya pun mudah, cukup oleskan madu ke area bibir lalu diamkan selama beberapa saat. Jika dilakukan dengan rutin, madu tidak hanya bisa membuat bibir lebih merah saja, tapi juga membuatnya halus dan kenyal.

6. Mengatasi jerawat

mengatasi jerawat dengan madu

Punya masalah jerawat? coba oleskan madu saja. Dengan sifat antibakterialnya, madu dapat membersihkan kotoran dan bakteri yang menyebabkan jerawat di wajah serta mengurangi peradangan pada jerawat.

Untuk menggunakannya, bunda bisa meneteskan madu pada titik-titik jerawat atau membuat masker madu dan mengoleskannya di wajah. Agar hasilnya lebih terasa, gunakan madu yang tidak dipasteurisasi dan masih memiliki banyak bakteri sehat, seperti madu manuka.

7. Membuat rambut lebih sehat

Selain kulit dan bibir, anggota tubuh lain yang bisa merasakan manfaat madu adalah rambut.

Dengan kandungan di dalamnya, madu bisa berfungsi sebagai kondisioner alami bagi rambut. Selain melembabkannya, madu juga bisa memberi nutrisi agar rambut lebih sehat dan berkilau.

Untuk menggunakannya, bunda bisa mencampur madu dengan minyak zaitun lalu gunakan campuran keduanya untuk memijat rambut. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dan cuci dengan sampoo biasa.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.