6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Anak

Dibandingkan orang dewasa, anak-anak akan jauh lebih sulit untuk diajak fokus dan konsentrasi pada satu tugas tertentu. Otaknya yang aktif seringkali membuat anak mudah terdistraksi oleh banyak hal di sekelilingnya.

Hal ini tentu akan menyulitkan bunda, terutama ketika bunda ingin mengajarkan sesuatu pada anak.

Nah, agar anak bisa lebih fokus, ada lho tips yang bisa bunda lakukan untuk meningkatkan konsentrasi si kecil seperti beberapa hal berikut ini.

cara meningkatkan konsentrasi anak

1. Hilangkan Distraksi

Tidak hanya pada anak, distraksi juga menjadi penyebab utama kenapa orang dewasa sulit untuk fokus dan konsentrasi pada tugas yang mereka lakukan.

Untuk meningkatkan konsentrasi anak, sebisa mungkin hilangkan hal-hal yang bisa menjadi distraksi pada anak. Jika memungkinkan, bunda bisa memberinya ruang belajar khusus dengan warna dan musik yang bisa meningkatkan kognisi dan fokus anak.

Selain itu jangan lupa untuk menjauhkan anak dari gadget yang bisa mengganggu konsentrasi mereka.

2. Melatih Fokus Melalui Permainan

Pada dasarnya anak sangat senang sekali bermain. Nah, hal ini bisa bunda manfaatkan untuk mengajarkan anak bagaimana caranya fokus agar konsentrasinya meningkat.

Untuk melakukannya, bunda bisa memberikan beberapa permainan yang mengasah otak seperti teka-teki, puzzle, atau permainankartu. Jika anak sudah cukup besar, bunda juga bisa mengajarkan anak bermain catur. Tidak hanya melatihnya daya konsentrasinya, ada banyak manfaat catur untuk anak lainnya yang pastinya bermanfaat untuk perkembangan otaknya.

3. Ajak Anak Berolahraga

Manfaat olahraga untuk anak tidak hanya untuk membuatnya lebih sehat saja lho bun!

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Michigan State University's Institute, anak yang lebih sering berolahraga ternyata memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik dibanding mereka yang tidak. jadi tidak hanya menyehatkan tubuh olahraga juga baik untuk otak dan mampu membantu anak untuk berkonsentrasi dengan baik.

4. Penuhi Kebutuhan Tidur Anak

Istirahat yang cukup sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh dan otak si kecil agar mereka kembali bersemangat menjalani aktivitas harian mereka. Istirahat yang cukup juga memastikan anak untuk dapat menangkap lebih banyak pelajaran dibanding saat mereka lelah.

Tidak hanya kuantitasnya saja, pastikan si kecil memiliki waktu istirahat yang juga berkualitas. Dengan begitu mereka akan lebih fokus dan konsentrasi saat belajar.

5. Beri Makanan Bergizi

Sama seperti anggota tubuh lainnya, otak juga memerlukan nutrisi yang cukup agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Otak yang sehat tentunya akan membuat si kecil lebih mudah fokus dan konsentrasi.

Agar kebutuhan nutrisi otaknya terpenuhi, bunda bisa memberikan beberapa makanan yang baik untuk kecerdasan otaknya seperti telur, yogurt, sayuran hijau, ikan, apel, atau kacang-kacangan.

6. Biasakan Membaca

Membaca bisa jadi kebiasaan baik yang bisa bunda tanamkan pada anak sejak dini. Tidak hanya menambah pengetahuannya, membaca juga bisa melatih imajinasi anak dan membantunya untuk bisa lebih fokus dan konsentrasi saat belajar.

Agar si kecil tertarik, salah satu cara untuk meningkatkan minat baca anak adalah dengan memberinya contoh dan membacakan cerita untuknya. Bila perlu, bunda bisa membuat ruanga khusus membaca dan biarkan si kecil memilih buku-bukunya sendiri.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama